Mengapa harus menjadi PLAGIAT " Hal yang menjatuhkan harga diri"

in #indonesia6 years ago

Selamat malam steemit lovers??
Apa kabar? berharap sih semua baik-baik aja ya. Malam ini saya ingin menulis tentang mengapa harus menjadi plagiat?

Okey, sekilas saya teringat bahwa tadi pagi abg saya @jol09 bertanya kepada saya "dek kenal cut zuhra21?" dengan becanda saya menjawab, artis tu bg (artis aceh loh) dia pun menjawab. Artis apaan. Hahahahahahah!!!

Ada apa bg, tanya saya!! @jol09 berkata bahwa kenapa ada nama abg, @fremy dan @iamfo. Padahal abg tidak mengenal dia. Saya penasaran dan langsung berkunjung ke blog @cutzuhra21. Singkat cerita saya membaca postingan nya yang menurut saya tidak asing untuk di baca. Sejenak saya berpikir dan kemudian saya teringat bahwa yang @cutzuhra21 posting adalah postingan dari saya. Tetapi saya menulis dengan bahasa Indonesia dan dia mentranslate dalam bahasa Inggris.

Sekali lagi saya bertanya, mengapa harus menjadi plagiat??

Banyak sekali hal yang bisa kita tulis, banyak sekali gambar yang bisa kita foto, tetapi kenapa harus menjiplak tulisan orang lain tanpa membububi nama penulis sebagai referensi. Apakah harga diri kita akan jatuh jika kita meletakkan nama penulisnya??
"SAYA RASA TIDAK"

Yakinlah menulis sumber/referensi tidak akan membuat anda kehilangan harga diri. Seharusnya anda membubuhkan nama penulis aslinya di akhir tulisan.

Seperti yang dikatakan @fadhilaceh di dalam postingan @cutzuhra21 ketika terlihat sebagai plagiat :
" Yakinlah, menulis sumber tidak akan membuat anda kehilangan harga diri.
Malah yang seperti ini yang menurunkan harga diri, kalau dalam dunia ilmiah ini juga disebut pencurian karya dan ada konsekuensinya secara hukum. So pertimbangkan jika ingin plagiat. Dan ingat cantumkan nama penulis aslinya sebagai rasa terima kasih Anda.
Kalau seperti ini akan berbahaya bagi akun ini, saya yakin sebentar lagi rekan2 pemilik tulisan ini akan melakukan flag"

Tetapi kami semua tidak melakukan flag tersebut, hanya mengkomen sebagai peringatan. Terimakasih kepada abg saya @jol09 dan @iamfo yang telah memberikan peringatan, dan terimakasih juga kepada @nurulsafitri21, @fitsal, dan@fadhilaceh.

Semoga tidak akan ada lagi diantara kita yang menjadi plagiat. Sebelum menjadi plagiat, pikirkan terlebih dahulu bahwa si penulis telah menghabiskan banyak waktu untuk menulis dan berpikir. Jika ingin mengambil sedikit kata-kata dari orang lain, anda bisa meletakkan nama dari penulis tersebut.

Semoga postingan ini bisa menjadi pelajaran untuk kita semua.
Salam dari saya @fussyde

Sort:  

Luar biasa tulisannya.. Follow and upvote me

This post has received a 0.09 % upvote from @speedvoter thanks to: @fussyde.

Nyan cut zuhra nyan cewek lon dek.

Bodo amat. I dont care

numpang lewat aja lahh 😕

Monggo bg. Hahaahha

Sakit apa dek, Jak bak paknu laju..

Sikat hay bg. Bkan sakit hahaha

"singkat cerita", gak tau mau nulis apa

Hahaaha tumben komen. Krna ada nma abg ni d postingan. Singeh petameng lom beh hahaha

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.031
BTC 59612.39
ETH 2600.81
USDT 1.00
SBD 2.48