CARA MEMBUAT PROGAM LOGIN DENGAN MUDAH DI JAVA NETBEANS

in #indonesia6 years ago (edited)

Asalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh ..
Halo Steemian dimanapun berada, salam sejahtera untuk kita semua.

Kali ini saya ingin sedikit share bagaimana cara membuat program login dengan sangat mudah menggunakan Java Netbeans. Mungkin disini program login yang akan dibuat agak sedikit berbeda, kenapa? Karena form login yang akan kita buat tidak menggunakan Database apapun, jadi ini akan lebih sederhana dan pastinya coding yang digunakan pun tidak akan rumit. Program ini sangat cocok bagi para pemula (seperti saya hehe ..) yang ingin belajar tentang bahasa pemrograman khususnya Java menggunakan aplikasi Netbeans.

Mari kita langsung saja ke langkah- langkahnya, dan juga sudah saya sertakan gambar screenshot agar lebih mudah dipahami. Untuk langkah awal, saya asumsikan anda sudah menginstal aplikasi Netbeansnya, atau bagi yang belum menginstal bisa mendownload dahulu, banyak sumber yang menyediakan untuk mendownload aplikasi ini secara gratis. Netbeans yang saya gunakan versi 8.0.2 atau versi lain pun sama saja tidak masalah.

  1. Buka Netbeans dan buat project baru | New Project - Java - Java Application - Next
    login1.png

  2. Beri nama Project, "Login" tanpa tanda petik (Optional) lalu hilangkan centang pada "Create Main Class" klik Finish
    login2.png

  3. Selanjutnya buat Form baru, klik kanan pada nama project lalu pilih New - JFrame Form
    login3.png

  4. Lalu beri nama form, "login_frame" (Optional) lalu klik Finish
    login4.png

  5. Aturlah desain form seperti gambar dibawah
    login5.png

  6. Lalu buat 1 form lagi yang nantinya akan kita gunakan untuk form menu utama, yang bilamana jika kita berhasil login maka kita akan langsung menuju ke form menu utama tersebut. Caranya sama seperti pada step gambar no.3- 4 dan beri nama "menutama_frame"
    login6.png

  7. Sekarang kita mulai untuk memasukan codingnya, kembali ke desain form login, double klik pada button login hingga nanti akan muncul source code editor, lalu ketikan codingnya. Lakukan hal yang sama pada button Exit.
    login7.png

  8. Silahkan Run Program dengan menekan Shift + F6, lalu login menggunakan user dan password yang tadi diketikan pada source code editor
    login8.png

  9. Jika form menu utama terbuka, itu tandanya anda telah berhasil login. SELAMAAAATT !!!
    login9.png

Bagaimana ?? Cukup mudah kan? Jika anda mengikuti tahap demi tahap cara diatas seharusnya tidak ada masalah, dan menurut saya program ini sangat cocok bagi pemula (seperti saya hehe ..) yang ingin belajar bahasa pemrograman khususnya Java Netbeans ini, atau bahkan program ini bisa dikembangkan lagi sesuai keinginan anda.

Terima kasih sudah menyempatkan untuk mengikuti turtorial sederhana diatas, sekali lagi saya sangat berharap anda memberi masukan dan komentar tentang program yang saya sampaikan untuk pembelajaran saya agar lebih baik lagi, dan semoga apa yang saya sampaikan dapat dengan mudah dipahami dan dapat bermanfaat bagi teman- teman semuanya.

Indonesia bogor satujiwa

WhatsApp Image 2018-01-26 at 15.06.00.jpeg

Sort:  

postingan yang menarik, andai saya paham dengan bahasa java scrip dan code-codenya. Mungkin saya bisa jadi programer ..

terima kasih banyak, saya tidak ada apa-apanya, masih belajar masih pemula :)

Untuk coding logout dari form menu utama kembali ke form login gmna mas

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.11
JST 0.030
BTC 70439.87
ETH 3810.76
USDT 1.00
SBD 3.44