Water Trials In Brancan Mosque Aceh Village

in #indonesia7 years ago

Water Trials In Brancan Mosque, Aceh Village
Suatu ketika saya pulang dari perjalanan wisata bersama keluarga, saya singgah di Masjid Teungku Di Pucok Krueng Beuracan, Kecamatan Meureudu, Pidie Jaya atau biasa dikenal dengan masjid Beuracan yang penuh sejarah.
Masjid dengan bentuk empat persegi, berada persis di pinggir jalan negara, lintas Banda Aceh-Medan (dari arah barat) atau memasuki Kecamatan Meureudu, Di bantaran sungai Krueng Beuracan, Meureudu . inilah Masjid Tgk Di Pucok Krueng yang masih berdiri kokoh dengan arsitek klasik yang masih terpelihara sampai saat ini.
Ketika itu saya hendak menunaikan sholat magrib tiba tiba saya melihat sebuah tempat dimana didalamnya terdapat Guci besar di sebelah kanan pintu masuk masjid.


IMG-20170715-WA0003.jpg


       Guci itu dipercayai sebagai guci bertuah. Begitu kata masyarakat setempat.  Tertulis sebuah pengumuman di tempat tersebut bagi yang ingin keberkahan maka disarankan untuk meminum air tersebut. Namun khusus bagi perempuan tidak boleh sembarangan mengambil langsung air tersebut karena ada pantangan bagi mereka. Selain tidak dibenarkan untuk mengambil air sendiri, ada larangan perempuan untuk menjenguk ke dalam tempat dudukan guci. Agar mereka dapat meminumnya,maka ada jasa orang lain (lak-laki) yang diminta bantu. Apabila pantangan di langgar oleh , maka diyakini akan terjadi sesuatu pada mereka baik langsung maupun tidak langsung. Perempuan itu misalnya akan melihat ular, bukan lagi guci. Atau pada malam hari akan bermimpi buruk atau hal-hal yang aneh lain akan terjadi padanya. 
      Begitulah kepercayaan masyarakat setempat terhadap guci tersebut, dengan tidak bermaksud menguji atau meremehkan hal tersebut saya mencoba meminum air yang ada dalam guci tersebut bersama dengan anggota kelurga yang lain yang pas kebetulan ada bersama. Tidak lupa mengucapkan bismillah dan hanya menyakini “Bahwa segala sesuatu akan terjadi bila dengan izin Allah SWT”. Setelah meminum air tersebut, sesaat saya merasakan  tubuh saya nyaman dan merasa segar walau hanya seteguk air. Begitulah yang saya  rasakan setelah meminum air tersebut. Saya kurang tahu apakah ini merupakan reaksi dari air tersebut atau merupakan reaksi alamiah biasa. ada sebuah ungkapan dalam hidup ini   yaitu “ ada banyak hal yang mungkin tak dapat diukur oleh logika manusia “ kata itu mungkin merupakan representatif terhadap kejadian yang saya alami…. Sampai disini dulu… thank for u all steemian see u next time…..

Follow me. @filhamd

Sort:  

Congratulations @filhamd! You have received a personal award!

1 Year on Steemit
Click on the badge to view your own Board of Honor on SteemitBoard.

Upvote this notificationto to help all Steemit users. Learn why here!

Congratulations @filhamd! You received a personal award!

Happy Birthday! - You are on the Steem blockchain for 2 years!

You can view your badges on your Steem Board and compare to others on the Steem Ranking

Vote for @Steemitboard as a witness to get one more award and increased upvotes!

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 64506.46
ETH 3417.81
USDT 1.00
SBD 2.50