Gereja Pohsarang & Gua Maria Lourdes Kediri Jawa Timur

in #indonesia6 years ago

Halo apa kabar kawan Steemian? :)

Setelah kemarin saya sharing tentang salah satu tujuan wisata di kota Kediri yaitu, Monumen Simpang Lima Gumul Kediri. Kali ini saya akan share tentang salah satu tujuan wisata di kota Kediri yang pesonanya mampu mendatangkan wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri, yaitu Gereja Katolik & Gua Maria Pohsarang Kediri.


sumber foto

Gereja Katolik Roma ini sebenarnya bukan gereja baru bahkan bisa dibilang sangat tua karena dibangun waktu itu 1936. Gereja ini menjadi gereja katolik tertua di kawasan Asia Tenggara. Pembangunan Gereja ini diprakarsai oleh Romo Jan Wolters CM dan dibantu arsitek Henri Maclaine Pont.


sumber foto


sumber foto

Saya baru sekali berkunjung ke lokasi Gereja dan Gua Maria Pohsarang ini dan itu sudah sangat lama sekali. Nanti kalau pas mudik ke Kediri saya coba berkunjung ke sana lagi pasti sudah banyak perbedaan yang terjadi disana. Lokasi Gereja ini memang tidak terlalu jauh dari area kota Kediri. Mungkin sekitar 20 menit dari tengah kota dengan menggunakan mobil atau motor. Karena terletak di lereng Gunung Wilis sudah pasti suasananya di area gereja ini agak dingin.


sumber foto

pohsarang1.jpg

sumber foto

Untuk menuju ke lokasi ini banyak jalan-jalan yang menanjak jadi memang harus berhati-hati. Semenjak Gereja ini mulai banyak dikunjungi orang-orang, perubahan terjadi di sepanjang jalan menuju lokasi Gereja ini. Banyak yang berjualan oleh-oleh, banyak yang membuka warung makan dan penginapan-penginapan baru juga bermunculan. Suasananya menjadi lebih hidup dan ramai.

Yang sangat membekas diingatan saya ketika pertama kali datang kesana dan melihat bentuk gereja ini untuk pertama kalinya. Bentuknya unik. Berbeda sekali dengan bentuk-bentuk gereja katolik yang pernah saya temui pada umumnya. Bangunan Gereja ini khas sekali dengan budaya Jawa. Gereja yang bernuansa Jawa. Waktu itu saya memang tidak masuk ke area utama Gereja karena sedang ada ibadah. Jadi waktu itu saya hanya mengelilingi taman kemudian menelusuri lorong yang dikanan-kirinya banyak penjual souvenir dan alat-alat kebutuhan untuk ibadah dan sampai di lokasi Gua Maria Pohsarang. Oiya, disini kita akan banyak berjalan kaki ya.


sumber foto


sumber foto

pohsarang2.jpg

sumber foto

Ketika sudah masuk area Gua Maria Pohsarang setelah melewati lorong-lorong pedagang. Sejauh mata memandang warnanya hijau semua. Banyak pohon dan tanaman di area ini. Lokasinya juga adem, teduh dan juga hening. Berasa berada di dunia yang lain saat berada disini. Suasananya tenang dan udara segar sangat terasa disini. Di depan Patung Bunda Maria ini biasanya banyak pengunjung yang berdoa.

Map tentang Gereja Pohsarang
bisa dilihat bagaimana luasnya area dari tempat wisata religi ini.

..

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca tulisan ini, apabila tidak keberatan silakan Follow saya di @fesbukan, boleh sekali apabila ingin Upvote dan tentu saja saya akan senang sekali apabila ada yang me-resteem.

Terima kasih kepada Komunitas Steemit Indonesia
Terima Kasih kepada para Curator Indonesia @aiqabrago dan @levycore

dan juga..

Terima kasih untuk Mentor @doyanphotography dan Tim Steemit Semarang @ririn, @rkb, @prenjana, @donikudjo, @aidasania, @patriciadian, @musikindonesia, @agungpriambodo, @mayorita

Mari Mengeksplorasi!

..

Sort:  

wah pengin rasanya ke Poh Sarang, mudah-mudahan dikabulkan sama Yang di Atas :)

Mampir kalo pas lewat Kediri :)

Udah pernah ke sana tapi waktu kecil, hahhaa.

aku yang rumahku Kediri aja baru sekali kesana hahaha

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 62860.75
ETH 3112.64
USDT 1.00
SBD 3.86