Kopi Espresso dan Bakong Asoe

in #indonesia6 years ago (edited)

Sahabat steemian..

IMG_20180507_001253.jpg

Malam ini bersama tiga teman, Pak Doi, Pak Iswadi dan Pak Mentri. Kami menikmati kopi espresso arabika di salah satu warung di Kuta Blang, Bireuen. Sambil ngobrol banyak hal, salah seorang teman, Pak Doi mengeluarkan tembakau (Aceh: bakong asoe) dari kantong celananya. Sambil membuka kantong kresek yang berisi bakong asoe, beliau menawarkan ke kami untuk mencobanya.

Memang setiap bertemu beliau, jikapun tidak ditawarkan saya selalu meminta bakong asoe darinya. Entak kenapa bakong asoe tersebut sudah mulai terasa nyaman ketika saya memakan atau menghisapnya. Namun saya tidak pernah tau dan belum ingin tau manfaat dari bakong asoe tersebut. Yang jelas jika kondisi saya lagi pilek atau gusi gatal/ bengkah, saya sering meminta bakong asoe padanya. Dan setelah saya menempel sedikit di gusi yang terasa gatal itu sambil menghisapnya pelan, keadaan terasa membaik.
IMG20180506223311.jpg
Pak Doi

Kopi espresso tinggal setengan cangkir. Obrolan kami terus berlanjut. Fokusnya pun beralih ke masalah tembakau. Pak Doi sebagai pengguna setia bakong asoe menjadi nara sumber utama pembicaraan kami. Beliau tidak hanya pemakai biasa. Tetapi sepertinya sangat tau manfaat dari benda satu ini.

Setelah Pak Doi menjelaskan beberapa manfaat dari bakong asoe. Kemuadian saya melakukan googling ke beberapa situs, ternyata tidak jauh berbeda dengan apa yang dijelaskan Pak Doi sebelumnya. Pengetahuan saya pun bertambah.
IMG20180506223402.jpg
@farizalm, Pak Iswadi dan Pak Doi

Dari obrolan sederhana di meja kupi malam ini, saya menemukan beberapa manfaat dari bakong asoe tersebut. Tidak hanya bagi kesehatan tubuh kita, tepapi juga bagi lingkungan sekitar. Berikut beberpa manfaat tembakau yang saya temukan malam ini, baik bersunber dari obrolan maupun hasil pencarian di internet.

Manfaat tersebut antara lain bisa menjadi obat nyamuk, obat kutu yang ada pada tanaman, mengusir ulat pada tanaman, mengatasi hama lipan. Tembakau juga berfungsi mengusir laba-laba, mengurangi bisa gigitan serangga, untuk sakit pilek dan gusi seperti yang biasa saya rasakan. Tembakau untuk mencegah penyakit pada daerah wabah, mengatasi gigitan lintah, obat kanker, juga sebagai obat antiinflamasi dan autoimun.
Sumber tambahan: https://www.google.com/amp/s/manfaat.co.id/manfaat-tembakau/amp

Selain itu kata Pak Doi, tembakau juga sangat bermanfaat bagi penderita darah manis (DM) atau diabetes miletus (penyakit yang pernah dideritanya), menguatkan statima pria, dan menetralkan racun dalam tubuh.
IMG20180506233904.jpg

Demikian sahabat steemian, semoga bermanfaat.

Salam,
@farizalm

Sort:  

Sangat luar biasa bakong asoe tersebut.,

ada peradaban di balik bakong aso

Beutoi, paleng tidak "pusaka" keuneubah endatu. He..

Neu yu kubah ke lon bacut, pak doy gure herbal

Bereh bakong ijoe

Bakong asoe @masnoer, kon bakong ijoe.
Nyoe bakong ijoe, gayo punya barang. He...

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 62227.11
ETH 2400.78
USDT 1.00
SBD 2.50