Aceh Negri Ulama dan Sejarah dunia

in #indonesia6 years ago (edited)

imagehttps://www.instagram.com/p/BVm2L46A_EF/
Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh.
Apa kabar sahabat steemian, semoga sehat selalu ya dan penuh dengan sejuta berkah dari ilahi.
Pada kesempatan ini saya ingin menulis sebuah posting yang menurut saya menarik untuk di kaji dan di resapi.
Aceh sebuah provinsi istimewa di ujung barat indonesia berbatasan dengan samudra hindia.
Dan saya juga seorang anak aceh jadi tak mengapa bila sedikit bercerita tentang aceh.
Aceh juga di kenal dengan sebutan tanah rencong,bisa kita lihat setiap hari pesta di pinggang mempelai laki2 pasti di selip kan rencong.
Asal mula ada nya rencong yang saya tahu,saat memerangi Belanda dahulu,para pejuang aceh membuat senjata tajam berbentuk rencong untuk mengusir para penjajah Belanda dan lain nya.
Aceh sekarang sudah menjadi sebuah provinsi pertama yang menjadi provinsi syariat islam.
Dan itu pun bisa menjadi contoh bagi provinsi selanjut nya.
Aceh juga di kenal dengan julukan serambi makkah.
Kenapa aceh bisa mendapat gelar ini, karna aceh negri nya para ulama.
Jika kita keliling aceh, kita akan menemu kan pesantren ada di mana2,makanya aceh wajar bila di sebut negri nya para ulama.
Dengan demikian para wanita pun sangat anggun di aceh, bila hendak keluar rumah mereka selalu menutup aurat mereka.
Kita sebagai putra aceh harus bangga dengan seperti ini.
Aceh yang begitu kokoh dan beriman.
Dengan demikian aceh pun sangat menyukai bidang seni tradisional.
Tarian aceh pun sangat banyak, bahkan pernah di kompetisi kan di Negara eropa dan asia.
Dan kesenian aceh yang tak kalah menarik seperti rapai geleng, rapai uroh, ada juga rapai debus.
Seperti kemaren yang pernah saya saksikan di kota Lhokseumawe di lapangan hirak untuk mengambil rekor muri rapai uroeh, dan alhamdulillah semua berjalan lancar.
Aceh juga masih meninggal kan banyak situs kerajaan jaman dulu, maka itu lah sebagai saksi nya bahwa aceh di masa dulu masih ada kerajan.
Sampai hari ini masih terawat dengan baik, maka ada beberapa situs yang pernah saya kunjungi.
Contoh yang pernah saya kunjungi. Seperti Raja malikussaleh yang berada di daerah geudong samudra pasai.
Untuk mengunjungi daerah situs sejarah Raja malikussaleh maka sangat lah gampang, pertama kita harus kedaerah geudong dahulu, setelah itu baru lah kita memasuki jalan penghubung antar desa.
Untuk situs lain kita bisa pergi ke banda aceh dan bisa menikmati sejarah yang ada di sana.
Di banda aceh juga banyak peninggalan sejarah, seperti kuburan orang Belanda.
Ada juga gunongan yang berbentuk seperti bunga, ini ada lah peninggalan sultan Iskandar muda, dan juga pinto khop(pintu tertutup) yang berada di tengah2 krueng daroei(sungai).
Dan yang tak kalah hebat adalah masjid baiturrahman. Ini lah sebuah bangunan masjid yang paling bersejarah..
Masjid baiturrahman pernah di bakar oleh Belanda pada masa kerajaan dahulu.
Ini lah sedikit sejarah yang bisa saya sampaikan buat teman2 semua dan bagi saya pribadi.
Salam sejahtera buat kita semua.
@faisagam4

Sort:  

Saya dari Sarawak, harap suatu hari nanti dapat travel ke Aceh. Kalau ada posting tentang tempat menarik yang wajib dikunjungi, saya pasti berminat. Kalau ada rezeki, saya ingin backpacking ke Aceh. Keep up the work, bro.

Terimakasih souadara ku dari sarawak. Nanti akan saya post tempat wisata di aceh.

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 62900.39
ETH 3357.78
USDT 1.00
SBD 2.47