Mengapa Harus Menulis di Steemit?

in indonesia •  4 months ago

27394455_814407425427029_1272734419_n.jpg

TULISAN adalah susunan kata yang merupakan bentuk penyampaiaan ide, gagasan, ataupun informasi yang ingin disampaikan oleh penulis. Melalui tulisan , kita bisa mengeksplorasikan seluruh pikiran, pemahaman, ataupun bercerita tentang pengalaman hidup yang menginspirasi. Menulis juga dapat menambah wawasan dengan terus menggali informasi dan melakukan riset sebelum menuangkan karya.

Jika ingin mengenal dunia, membacalah. Jika ingin dikenal dunia, menulislah.

Menulis bukanlah bakat! Karena semua orang bisa menulis, tinggal bagaimana kita mau belajar untuk menulis secara baik dan benar, sesuai dengan kaidah dan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI). Menulis juga tidak rumit, tuangkan saja apa yang ada di pemikiran kita.

Menulis memiliki manfaat yang besar, dan berpengaruh pada kepribadian diri, serta kehidupan kita sehari-hari. Berikut sekelumit tulisann sederhana saya, tentang manfaat menulis.Let’s begin! ..

27292729_814409228760182_746961998_n.jpg
Yukmenulis.com

Menulis Adalah Media belajar

Belajar bukan hanya dari membaca. Dengan menulis kita harus merangkum intisari bacaan yang telah kita konsumsi, agar menjadi sebuah karya. Dengan menulis, kita terdorong menyerap dan menggali informasi sebanyak-banyak mungkin, agar tulisan yang kita buat terasa hidup dan kaya informasi, dan menyuguhkan pengetahuan.

Menulis Membentuk Pribadi yang Santun

Sebuah tulisan terasa enak dibaca, jika menggunakan komposisi bahasa yang santun, renyah dan tidak garing. Dengan terlatih membuat susunan kata dan kalimat yang santun, bijak dan indah secara tidak langsung akan berpengaruh pada pribadi penulis. Hingga membentuk sebuah perilaku dan kebiasaan.

Menulis Sebagai Salah Satu Media Komunikasi

Menulislah! Jika suaramu tak didengar. Mungkin tulisanmu kan dibaca.

Disinilah letak sebuah tulisan menjadi pengganti suara yang terbungkam. Karena melalui tulisan kita bebas beropini, dan bebas mengeluarkan pendapat untuk menyuarakan isi hati.

Menulis Bisa Menjadi Diri Sendiri dan Mendapat Penghasilan

Point ini tentu sudah jelas keterkaitannya dengan Steemit. Di sini kita bebas mengekspresikan diri sendiri, mengungkapkan yang kita mau, dan mendapat Upvote (reward) yang masuk ke Wallet kita. Selain itu, melaui tulisan kita bisa mengenal satu sama lain di kolom komentar, bertegur sapa, serta menambah kenalan dan saudara.

27393174_814456598755445_1001194993_o.jpg
yukmenuliscom

Terhindar dari Gangguan Psikis

Saya ada sebuah cerita, ini tentang teman saya, yang juga menjadi pemenang Bilik Sastra Award Voice Of Indonesia (VOI) 2017 kemarin. Beliau bernama Raidah Athirah, mojang Bandung yang menikah denga pria berkebangsaan Polandia. Sebuah negara republik di Eropa Tengah yang berbatasan dengan Jerman. Beliau menetap di sana. Pada awal kedatangnya, Polandia tengah dilanda musim dingin, sehingga beliau tidak pernah melihat matahari. Ini membuatnya mengalami Shock Culture yang luar biasa, bahkan menurut keluarga suaminya bisa dikategorikan gila.

Berbagai pengobatan beliau jalani, hingga sampai metode terapi. Saat dokter yang menanganinya bertanya, “Apakah hobi Anda?” teman saya pun menjawab, “Menulis”. Dan sejak saat itu, dokter menganjurkannya menulis sebagai terapi pemulihan jiwa. Berangsur-angsur, beliau bisa beradaptasi dengan lingkungan sang suami. Allah memang Maha Besar. Berkat menulis, tak hanya sembuh dari tenakan psikis, berkat karyanya yang bertajuk "Kenangan dan Sejarah di Kota tua" beliau menjadi penulis terkenal, dan juga memenangkan Bilik Sastra Award 2017, yang diselenggarakan RRI. Beliau dari Polandia, saya dari Taiwan, dan satu lagi pemenang dari Hong Kong. Kami dipertemukan Allah di Jakarta, saat menerima penghargaan di gedung RRI di Jakarta Pusat.

27393157_814459312088507_1324446379_o.jpg
Saya (kanan), Raidah (tengah), Liana (kiri)

"Menulislah ... Itu Baik untuk Perasanmu"

Nah, Sahabat Steemian, rasanya tidak ada yang buruk dari pengaruh menulis. Semua membawa kebaikan, keberkahan, dan beramal informasi sekaligus dakwah. Untuk itu, tidak ada lagi alasan malas menulis di Steemit. Karena selain baik untuk kesehatan, tulisan kita dihargai dengan mendapatkan reward.

Yuk Menulis, dan Keep Steem on!

Taiwan, 26 Januari 2018

Salam Hangat

@ettydiallova

26856120_807027296165042_1384876210_n.jpg
26941599_808429562691482_1680283559_o.jpg

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!
Sort Order:  Trending

Steemian Bandung mbak?

·

Siapa Bang@vandihandika?
Yang dimaksud Steemian Bandung, Mba Raidahkah?

·
·
·
·
·

Ia Bang @vandihandika.
Saya dari KSI-Chapter Bandung. hehehe

Salam kenal yah.... (mbari salaman),,,

Bener mbak @ettydiallova, "Jika ingin mengenal dunia, membacalah. Jika ingin dikenal dunia, menulislah." Saya juga baru belajar menulis di umur 32 tahun, ini berkat platform steemit ini. Dulu bisa dibilang saya gak suka menulis, mudah2an saya bisa menulis sehebat mbak @ettydiallova ya.. Biar bisa dikenal juga sama dunia hheheheh..

·

Amiinnnn...
Semoga kita bisa sama2 berkembang ya, Bang @iebalgamge.
Terus menulis, dan menebarkan kebaikan. Insya Allah akan indah hasilnya.

Keep WRITING!

·
·

Amiin... Semoga saja mbak.. 😊😊😊

·
·
·

Amiinnnn

Beliefe it! Nothing imposible Bang....

Semoga kita bisa terus menghasilkan tulisan-tulisan yang bermanfaat.
Mohon bimbing saya menulis agar lebih baik lagi, mbak @ettydiallova

·

Terima kasih Sist @naziratulaulia.
Saya juga masih proses belajar. Mari saling menyemangati dan mendukung satu sama lain untuk maju dan Sukses.

Salam Steemian!

Sungguh tulisan yang sangat terinspirasi kak @ettydiallova terutama bagi saya, terus berbagi kak dan terus bekarya dan sukses terus kak aminn 😂

·

Terus semangat bang @edopramuja>
Nanti, Abang juga bisa akan pandai menulis. Terus berlatih dan berlatih. Sukses juga untuk Bang edo di sana yah...

Menulislah karena dengan menulis. Hati jadi tak gundah gulana.

·

Asyeeeekkkkk...
Bener tuh Teteh @gethachan.
Jadi kalo Galau menulis aja. Sudah berkarya, dapat reward lagi di Steemit.
Selamat pagi ya Teh,, Happy weekend

·
·

Iya teh @ettydiallova dari disimpan dalam kardus tak terbuka, malah bikin sumpek aja hehe

·
·

Pagi juga teh @ettydiallova have a nice day

Semangat menulis :)

·

Go ....go ...go...
Terus berkarya Bang @kakilasak😉

Menulislah dengan hati, maka orang yang membacanya akan merasakan maksud dari tulisan itu.

·

Betul sekali Bang @tusroni.
Tulisan yang berasal dari hati dan tulus, akan lebih memiliki kekuatan dan aura saat dubaca.
Happy weekend yah😉

·
·

Sip. Weekend di pabrik...hehe

·
·
·

It's OK Bang
dapat penghasilan,.
hihii

Saya menulis juga baru-baru ini di Steemit, sebelumnya sama sekali tidak pernah. Dan ternyata benar mba, semakin sering menulis maka semakin terasah juga kemampuan menyusun kata-kata.

·

Benar Mba @ririn.
Awalnya saya hanya menulis puisi dan pantun, Itu beda sekali pemilihan kosakatanya dari artikel, atau pun cerpen. Namun, setelah mendalami dan mencoba, semua perjalan dgn seiring waktu...
Selamat berakhir pekan ya mba,,

·
·

ya mba, saya juga banyak belajar dari yang muda-muda ini. idenya masih banyak tentang konten tulisan. Selamat menikmati weekend juga ya mba.

·
·
·

Saya juga banyak belajar dari rekan-rekan di Steemit, Mba @ririn. Plathform ini memang sungguh bermanfaat sekali untuk perkembangan & kemajuan.

·

Samaa banget nih sama mba ririn
Mulai belajar nulis juga dari steemit dan secara nggak sadar juga jd belajar banyak kosakata2 baru
Sekarang kuga jd punya aplikasi KBBI di hp haha

adakalanya tulisan juga bisa menjadi teman curhat yang paling setia disaat kita galau. heheheeheee.
terimakasih mbak @ettydiallova, tulisannya sangat menggugah semangat untuk juga ikut aktif untuk menulis.

·

Benar sekali Bang @syakara.
Menulis, bisa mengeluarkan segala unek-unek, dan rasa yang terpendam di jiwa.
Keep writing pokoknya!
Terima kasih sudah singgah ke Blogku.
Salam kenal ya😊

·
·

Salam kenal kembali mbak @ettydiallova

Wah baru baca artikel ini. Terima kasih Mbak

·

Sama2 Mas @sukamoto
semoga bermanfaat. Terima ksh sdh singgah yah😊