Saya dan Steemit

in #indonesia6 years ago

New Picture (3).png

Source Photo: Print Screen Google on my laptop


Pertama sekali mendengar Steemit adalah sekitar awal tahun 2017 di sebuah warkop di Banda Aceh dari kalangan pegiat Google Adsence dan kalangan rekan-rekan IT. Awal Agustus 2017 lalu, salah satu sepupu saya diLhokseumawe @abelpasai juga mengajak saya untuk gabung ke komunitas Steemit. Dia sudah memulai steemit sejak July 2017. Ketika dia menjelaskan steemit adalah sebuah media sosial yang bisa memberi keuntungan secara financial saya hanya mendengar dengan seksama, kala itu belum tergerak untuk melihat lebih jauh ke link yang diberikan lewat WA. Semakin hari, semakin banyak yang membicarakan STEEMIT di kalangan rekan-rekan sesama pecinta kopi. Mulailah saya melihat-lihat dan menelesuri tentang steemit dari rekan-rekan yang sudah lebih dulu. Akhirnya pada February lalu saya bergabung dengan Komunitas steemit ini, dengan membuat satu akun di platform steemit, belum begitu banyak yang saya tau tentang steemit akan tetapi dengan lebih banyak belajar dari rekan-rekan diseluruh dunia mudah-mudahan saya akan lebih paham tentang apa itu steemit platform.

  1. Sekilas Sejarah steemit
    Menurut sumber yang saya baca (Wikipedia) pada bulan Juli 2016 tepatnya tanggal 4, steemit secara resmi diluncurkan. Konsepnya sendiri sudah jauh-jauh hari sebelumnya sudah tersusun, yang terpublikasi gagasan tentang steemit mulai tertuang kedalam sebuah buku adalah pada bulan Maret 2016 yang dekenal dengan sebutan buku putih. Buku ini juga telah direvisi di bulan Agustus 2017. Adapun penggagas platform steemit ini adalah 2 orang yang paling dikenal di dunia steemian hingga saat ini yaitu @ned scott dan @dan lerimer yang juga pencipta BitShare. Dua orang ini sebenarnya adalah pendiri perusahaan swasta yang bernama Steemit. Inc. Kantor pusat perusahaan ini ada di sebuah Negara bagian Amerika Serika yaitu Virnia, meski kantor pusatnya ada di Virginia tetapi markas utamanya ada di New York. Delapan bulan kemudian salah satu founding father steemit mengundurkan diri dari kepala teknologi dan pemasaran steemit, yaitu @dan Larimer tepatnya tanggal 15 Maret 2017.

  2. Orang-orang penting yang membentuk steemit
    Sekilas sudah teruraikan diatas bahwa yang menggagas ide steemit awalnya adalah Ned Scott dan Dan Larimer. Sementara steemit juga memiliki dewan penasehat yaitu; Frank Rimalovsky, Andrew Haines dan William Mougayar atau dengan nama akun @wmougayar. Team pemasarannya terdiri dari Mitchel Loureiro atau @zuvarnic dan @andrachy. Dan beberapa staf lainya yaitu; @cass, Jeffref Paul @sneak, James Calfee @jamesc dan juga ada Valentine Zavgorodnev atau dikenal dengan @val-a. Steemit ini terus berkembang karena semakin hari semakin banyak orang yang bergabung kedalam platform ini dengan ekspektasi yang bervarisi jua. Ada yang menjadikan steemit sebagai ajang cari uang semata dan ada juga yang sekedar melampiaskan hobinya menulis dan bersosialisasi. Terlepas apupun kepentingan orang-orang yang bergabung kedalam steemit tetapi ini tetap menyebabkan steemit seperti booming terutama di Aceh khusunya dan Indonesia pada umumnya.

  3. Apa saja reward/imbalan dalam platform steemit
    Pada dasarnya Steemit ini juga hampir sama dengan media sosial yang lain seumpama facebook dan Instagram, Akan tetapi perbedaan yang paling kentara antara steemit dengan media sosial yang lain adalah di steemit setiap tulisan punya nilai ekonomis yang dibayar dengan bonus berupa token. Token ini juga terbagi menjadi tiga jenis yaitu Steem, steem dollar dan steem power. Yang pada akhirnya token virtual ini yang disebut STEEM bisa di uangkan kedalam mata uang apa saja yang berlaku di dunia nyata. Hal ini memungkinkan untuk dilakukan karena steemit beroperasi dalam basis data blockcain steem. Setiap postingan pengguna-pengguna steemit bisa mendapakan imbalan berupa uang kriptocurency sebagai reward atas jasa postingan atau memberi apresiasi kepada pengguna lain berupa upvote. Jasa postingan biasa disebut sebagai Author reward sedangkan jasa apresiasi disebut dengan curator reward. Reward ini akan diterima baik oleh author ataupun curator dalam waktu enam (6) hari setelah transaksi ataupun aktivitas terjadi. Reward ini akan berupa steem dolar ataupun steem power. Semakin tinggi nilai steem power yang dimiliki oleh pemilik akun maka akan semakin tinggi pula nilai upvote yang bisa dihasilkan ketika mengapresiasikan postingan akun pengguna steemit yang lain. Untuk sementara ini di steemit memungkinkan pengguna untuk memposting tulisan dan foto sedangkan untuk memposting video ataupun file suara harus berkolaborasi dengan platform yang lain yang telah berafiliasi dengan steemit, seumpama Dtube dan Dsound, Saat ini telah banyak sekali platform media sosial yang telah berafiliasi dengan steemit.

  4. Arti steemit bagi saya pribadi
    Steemit bagi saya adalah dunia “nyata” tempat saya berinteraksi dengan orang lain. Disini saya menuangkan hobi dan kreatifitas saya. Saya tidak terlalu ambil pusing dengan “apa kata orang” yang saya pentingkan adalah saya tidak mengganggu kepentingan orang lain dalam arti yang sesungguhnya dengan cara apapun jua. Prinsip saya sederhana, lakukan yang anda mau tetapi anda juga mesti melihat orang lain sebebas diri anda. Ini mengandung arti bahwa anda bebas berekspresi tetapi jangan sampai cara anda berekspresi mengganggu kenyamanan orang lain. Kenapa saya mengatakan steemit sebagai dunia nyata?, bagi saya pribadi yang masih tergolong baru dalam bersteemit tentu juga memiliki sudut pandang dan tujuan tersendiri diantaranya;

a. Saya senang berbagai hal-hal kecil yang bisa memberi manfaat bagi orang lain secara langsung ataupun tidak langsung.
b. Belajar hal-hal baru yang kadang memberi inspirasi dan semangat bagi saya dalam menjalani kehidupan sehari-hari saya
c. Mendapatkan penghasilan yang setidaknya bisa menutupi waktu saya nongkrong di warung kopi, dan waktu santai saya tidak menjadi sia-sia belaka
d. Sebagai tempat saya melepas kreativitas saya dan menyalurkan hobi “PAMER” saya kepada sahabat-sahabat dalam kemunitas steemit ini.

Demikian sekelumit pengetahuan saya hasil mencari tau dan menarik kesimpulan dari beberaapa bacaan juga penjelasan sahabat-sahabat sesama pengguna steemit

Sumber bacaan
Credit to:
https://www.quora.com/What-is-STEEM-and-how-does-it-work
https://en.wikipedia.org/wiki/Steemit
https://id.wikipedia.org/wiki/Steemit

Wassalam

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.12
JST 0.029
BTC 61314.55
ETH 3436.06
USDT 1.00
SBD 2.54