Hello Steemian... Jangan Minta Bantuan Jika Anda Tidak Mau Belajar

in #indonesia6 years ago

Hello Steemian yang ganteng dan cantik.... Selamat sore.

Saya suka menolong orang. Ada kepuasan tertentu untuk membantu orang yang benar-benar mencoba memahami dan menyelesaikan masalah mereka sendiri. *Mereka adalah orang-orang yang benar-benar ingin belajar daripada menganggap orang lain sebagai hal yang biasa.

Ibu saya tidak tahu cara menyimpan cek secara online sehingga dia meminta saya untuk membantu. Saya mengarahkannya ke arah yang benar, dan setelah satu jam atau lebih, ibu saya mengetahuinya sendiri dan tidak diperlukan bantuan lebih lanjut.

Seorang teman yang bercita-cita meminta saya untuk membantunya menuliskan blog atau Post di Steemit. Saya mengatakan kepadanya bahwa saya tidak bisa, tetapi dapat membimbingnya melalui tulisannya sampai dia memenuhi syarat.

Dia mengirimi saya pesan lewat WA:

Mengapa kamu tidak bisa melakukannya untukku sekali ini saja? Saya tidak memiliki kemampuan untuk memperbaiki tulisan saya.

Itu membuat saya merespons dengan jawaban lewat WA:

"Persis. Jika itu adalah sesuatu yang telah saya kerjakan selama ini, apa yang dikatakannya tentang bantuan yang Anda minta?”
Ketika Anda mengatakannya seperti itu, itu bukan bantuan kecil lagi, kan?

Bantuan hanya berlaku sejauh upaya yang Anda lakukan. Jika Anda tidak mau belajar, mengajukan pertanyaan atau bereksperimen sendiri, Anda akan gagal; tidak ada yang dapat membawa Anda lebih jauh daripada Anda bersedia pergi.

Bukan guru, itu Anda.

Terima Kasih. Semoga menghibur.

Sort:  

kdg problem trgndung pd stiap individu bkn krn org lain mka stiap yg nmanya mminta biasanya krn kurg mmpu/ tdk mmpu brbuat sstu ..
lain hal mmberi,kdg org sk mberi krn mlbihi drpd kmmpuannya untk mnolg org yg lg mbutuhknnya itulh org yg trbaik dlm hdpnya org yg bs mbgi kmudhn kpd org lain .
klo mmg kt org yg mrasa mmpu untk mnolg ats dsar kebaikn,mk lakuknlh dmi kmaslahatn hdp brsma, fastabiqul khairaat...slm persahabtn dr@fauzan11

Terkadang menolong itu memang sangat baik dan terpuji. Tapi ada kalanya pertolongan yang kita berikan harus bisa membuat orang lain mandiri dan mampu melakukannya sendiri suatu hari nanti.

Itulah sebabnya, kalau kita meminta pertolongan harus benar-benar ingin belajar menjadi bisa, agar nanti kita bisa melakukannya sendiri.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.12
JST 0.029
BTC 60320.14
ETH 3373.37
USDT 1.00
SBD 2.51