BELAJAR MEMBUMI BERJALAN DI AWAN

in #indonesia7 years ago

BELAJAR MEMBUMI BERJALAN DI AWAN

(Sebuah renungan dari seorang petani)

Selamat menikmati malam untuk seluruh sahabat steemit di tanah air. Tulisan ini saya khususkan dalam bahasa Indonesia, sebagai maksud menghormati seluruh pengguna dari Indonesia dari Sabang Sampai Maroke.

Bisa saya katakana jika saya adalah petani, karena orang tua saya juga petani. Hidup di desa yang agak terpencil dan dulunya memang sulit dijangkau. Bisa dikatakan “udik”. Tapi apakah karena saya seorang petani maka saya harus berhenti untuk maju. Petanipun perlu maju dan berkembang. Dan saya yakin bukan hanya saya seorang saja petani yang ingin berkembang.

Saya mulai bergabung dengan komunitas steemit hanya beberapa hari lalu, saat inipun saya belum tau bagaimana cara yang ideal untuk beriteraksi dengan sesama pengguna steemit di seluruh dunia.


Sebagai seorang petani saya mengambil filosopi dari tanaman yang saya tanam (foto di atas). Yang sedang saya tanam dan kembangkan adalah jernang sejenis rotan dari kelas Deamonorop sp. Kali ini tidak hendak membahas masalah tanaman belukar tersebut. Tapi focus kepada filosofinya.
  1. Tanah yang baik akan menumbuhkan tanaman yang baik pula
    Anggap saja steemit platform adalah sebidang tanah garapan yang hendak kita tanami dengan bibit yang baik, berharap akan bisa memanen sesuatu yang baik kelak. Jika demikian halnya maka tanah yang akan ditanami harus digarap dulu bukan?. Yang saya maksud dengan membajak tanah di steemit adalah anda mengupayakan diri anda berbaur dengan baik membangun jaringan dengan cara yang positif. Mengutamakan kecerdasan social untuk mengenal satu sama lain. Bersikap sopan dalam berkomentar pada postingan orang lain. Jangan sungkan untuk membaca tulisan orang lain dan belajar hal baru dalam tulisan tersebut. Ini yang namanya membajak tanah sebagai lahan tempat kita akan menanam bibit kita.

  2. Persiapkan bibit anda dengan baik sebelum anda tanam
    Yang saya maksud bibit disini adalah tulisan/artikel anda yang hendak anda postingkan di steemit (lahan). Bebasakan bibit yang hendak anda tanam itu dari segala penyakit, jamur dan hal-hal lain yang bisa merusak kualitas bibit. Ini artinya anda mesti memurnikan tulisan yang hendak anda postingkan di steemit. Bebaskan dari plagiasi atau semacamnya. Karena dalam tulisan anda sedang menunjukkan jati diri anda yang secara verbal kadang kala anda sembunyikan. Karena orang yang cerdas akan menilai diri anda dari tulisan yang anda paparkan.

  3. Tanaman yang baik adalah tanaman yang dirawat dengan baik pula
    Menanam saja tidak cukup, anda juga harus merawat apa yang anda tanam dengan baik dan hati-hati. Merawat berarti memelihara, melihat perkembangannya. Minghindarkannya dari hama penyakit. Juga menyiramnya dengan baik. Ini berarti, tulisan yang telah anda masukkan ke ruang baca public harus anda kunjungi dan rawat. Jangan hanya posting lalu tinggalkan. Ini akan memperngaruhi perkembangan kemajuan anda di steemit. Anda mesti merespon komentar yang dialamatkan kepada tulisan anda. Meskipun itu adalah kritik yang tidak anda senangi. Jika anda tidak merespon maka jangan harap akan banyak yang akan melihat tulisan anda meskipun tulisan anda cukup baik. Hindarilah efek negative yang muncul dari tulisan anda. Selalu utamakan tujuan penulisan adalah untuk berbagi informasi yang membangun sesame, atau hal-hal yang bermanfaat lainnya bagi pengguna steemit yang lain.

  4. Pemupukan yang baik akan mempengaruhi perkembangan tanaman anda
    Kadang kala, setelah menanam bibit di lahan yang baik saja belum cukup untuk bisa membuat pertumbuhan tanaman anda semaksimal yang anda harapkan. Kemungkinan anda harus meberi pupuk. Yang saya maksud dengan pupuk disini adalah kebiasaan atau sikap anda (Attitude) dalam mengunjungi tulisan orang lain. Komentarlah dengan sikap sewajarnya, tidak berlebihan apalagi menggurui. Berbagi ilmu adalah hal yang baik. Hindari komentar yang tidak berhubungan dengan tulisan yang anda baca. Meninggalkan kesan positif agar orang lain juga mengingat anda. Tentu anda berharap orang lain akan mengunjungi tulisan anda bukan?, jika demikian maka kunjungilah tulisan orang lain. Seorang pemula seperti saya misalnya yang belum banyak memiliki teman di steemit ini tentu harus memulainya dengan berkenalan dengan pengguna lain. Berkenalan dengan prilaku yang baik besar kemungkinan akan menambah peluang anda memperoleh teman. Dalam attitude orang-orang sukses, mereka memulainya dengan member hal yang positif bagi lingkungannya.

  5. Sabar dalam menunggu hasil yang baik
    Setiap pekerjaan yang buru-buru hasil akhirnya juga tidak akan maksimal. Begitupun dalam menanam, kesabaran dan keuletan akan sangat dibutuhkan dalam menuju keberhasilan. Disini kita dituntut untuk berusaha maksimal dan bersabar terhadap hasil yang kita capai. Keberhasilan tidak pernah datang dengan cara instan, orang yang sudah sukses seumpana @levycore juga memulainya dari bawah. Tapi kesabaran dan keuletannya akhirnya beliau mendapatkan hasil yang sepadan. Jika anda tidak percaya silahkan tanya langsung pada yang bersangkutan. Jangan tanya saya sudah berada di tahap mana. Dengan yakin saya masih pada tahap menyemai bibit, mudah-mudahan bibit yang saya tanam ini akan memberi manfaat bagi saya dan orang lain disekitar saya.
    Tulisan sederhana ini mudah-mudahan menjadi pemicu saya dalam mengembangkan diri. Jika bermanfaat bagi kawan-kawan silahkan ambil manfaatnya. Jika ada hal-hal yang tidak anda sukai, silahkan anda kritik, dengan kritikan anda saya akan menjadi lebih baik dari sekarang. Karena saya yakin keberhasilan saya tidak terlepas dari kawan-kawan semuanya yang telah membantu dengan berbagai macam cara yang anda mampu.

Terimakasih telah membaca uraian singkat ini

Salam hormat saya kepada semua pembaca @el-nailul

Sort:  

Terimakasih sahabat @husnariefifa
Saleum persahabatn, selamat beraktifitas

Bereh that aduen...

meukuwah barang...

@andhika12, yang penting pubeut lage peugah, nyoe tinggai.teory han keumah sagai...kupi sikhan...

Sukses sabe beh

Hahaha betoi adun... Terimong genaseh adun.. Sukses keu tanyo mandum

waahh.. rupanya kee bertanam jernang, kukira tanam padi aja :D

Jelas kali tu kak @cicisaja

Sangat berkualitas, bila mungkin apa salahnya menjadi petani berdasi?

Hana ta tuoh pake dasi

Regrd

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.16
JST 0.029
BTC 60936.63
ETH 2387.63
USDT 1.00
SBD 2.61