Kontes Menulis : Jika Bisa Kembali Di Awal Ramadhan, Apa Yang Ingin Kamu PerbaikisteemCreated with Sketch.

in #indonesia6 years ago

iz577p4snj.jpg

Assalamu'alaikum steemian,

Dua hari lagi Ramadhan akan berlalu, saya tidak tahu apakah amalan-amalan yang selama Ramadhan ini saya kerjakan akan mendapatkan ridho Allah. Rasa-rasanya saya tak bisa memelihara keyakinan yang berlebihan, saya sudah berusaha dan merasa kalah, intinya saya belum menang saat ini dari segala pengekangan hawa nafsu di Ramadhan. Itu yang saya rasakan sekarang. Setidaknya, masih ada dua hari yang masih bisa saya maksimalkan, dan harus benar-benar berusaha. Karena nikmat waktu meski sedikit sangat berharga.

Andai waktu bisa diputar!!!

Menjalankan Ramadhan sendiri di negeri orang bukan perkara mudah, berat bahkan lebih berat dari rindu si Dilan. Kebiasaan hidup yang berbeda dimana disini tidak mengenal namanya puasa, jika ada orang puasa takut akan mati jadi harus dilakukan secara backstreet, negeri minoritas jauh dari lingkungan muslim, status yang tidak sebebas di rumah sendiri, beratnya pekerjaan, waktu puasa yang lebih lama di musim panas dan masih banyak lagi faktor yang membuat Ramadhan jadi tak bernilai selain daripada sesuatu yang berat dikerjakan jika bukan berangkat dari niat dan ketaatan.

IMG_20180612_191819.JPG

Tiga Puluh hari dari Ramadhan, tidak pernah tahu hari mana yang terbaik, hari mana yang membuat Allah berkenan menjadikan ampunan bagi diri.

Ramadhan memang hanya datang satu tahun sekali tapi semua hanya seperti kebiasaan yang berulang karena intensitas keseringannya dan tak memberikan efek pada kehidupan selanjutnya, itu fakta. Saya tak bisa berharap atau menghiba pada Allah untuk mengembalikan pada awal Ramadhan dengan berjanji mulai berbuat amalan yang lebih baik lagi. Lemahnya sebagai manusia, yang sudah tabiatnya bodoh dan bebal, tempatnya salah dan dosa, sulit berkonsisten dengan janjinya. Saya yakin Allah bisa mengembalikan ke awal Ramadhan bagi siapapun jika Dia sudah berkata "Kun". Tapi saya juga yakin bahwa Allah tak akan melakukannya. Bagi saya pribadi Ramadhan bukan hanya saat ini saja, bukan yang datang pada tanggal 17 mei sebulan lalu dan akan berakhir 15 Juni dua hari lagi. Tidak, Ramadhan memang akan berakhir tapi saya berniat sungguh-sungguh akan memelihara spiritnya untuk mengarungi bulan-bulan selanjutnya. Memelihara puasa sunnah, konsisten pada amalan malamnya juga, berusaha sholat tepat waktu, menjaga emosi diri, kedermawanan untuk selalu berbagi.

IMG_20180612_191729.JPG

Ramadhan adalah tempaan, bulan untuk mendidik diri. Keberhasilan Ramadhan bukan diukur dari keberhasilan berpuasa dan terawih sebulan penuh dan rutin membaca Alqur'an, meskipun itu juga bagian dari usaha yang diwajibkan untuk mengisi bulan baik ini. Tapi tolak ukurnya adalah perbuatan kita di bulan-bulan berikutnya. Tidak kalah penting menjaga ahlak diri agar tetap selalu dalam aturanNya, karena agama bagi seorang muslim bukan sekedar kontekstual tapi sebagai jalan hidup yang harus menyatu hingga akhir hayatnya.

IMG_20180612_191757.JPG

Akhir kata semoga kita semua tetap bisa istiqomah menjadikan spirit Ramadhan untuk kehidupan kita selanjutnya hingga nanti saatnya menghadap Sang Pemilik Kehidupan.

Terimakasih @rayfa atas kontesnya yang sangat menarik dan luar biasa ini. Kontes berbagi dibulan berkah. Semoga pahala kebaikan selalu melimpah untuk anda.

Best regards,
@dwiitavita

DQmNYVk6VCjZXBdGVTHyJsrNf2KG9yJvB88P5ogTQcJhm9x.gif

image 1,2,3

Sort:  

Sebagai manusia hanya bisa berusaha melakukan yang terbaik, selebihnya kita pasrahkan semuanya kepada tuhan yang maha Esa.

Iya mas budi, ikthtiar, tawakal dan berdo'a selebihnya Allah yang tentukan

Satu lagi,
sabaaaaar

Ooooo?aku rindu
katakan pada nya aku rindu
Ooo burung nyanyikan lah
katakan pada nya aku rindu.. sudah mbak, minta goceng dong

hmm, kopine salah merk iki

Nunggu kiriman kopi dari mbak ita, sementara kopi jagung dulu vrohh

heleeeh jo gelem mbak

Yo bento yo bento yo bento.. sapa ngerti di kirim kopi taichung 😚

Haaah... Taiwan aja kopinya dari gayo sumatra. Taichung g ada kopi lah bang. Ada sianida haha

Sianida mulu. Ga aci ahh. Lebaran sebentar lagi...

I lope u bang

Manusia hanya bisa berusaha dan berdoa sebab waktu tak pernah datang dua kali kendatipun ada tentulah takkan sama suasana dan cuaca hati kala itu

Betul banget mas @mghufroncholid31
Terimakasih sudah berkunjung

Suka banget tulisan mbak yu yang satu ini @dwiitavita

Terimakasih sudah berkenan membaca

Terima kasih ya, udah berpartisipasi :)

Terimakasih kembali

Jangan segan untuk menuliskan sumber gmbar (atau materi lain jika ada). Saya meninggalkan komentar terkait hal ini di entry milik @sfa, silahkan dicek jika berkenan. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar sudah sy cantumkan di bawah

Ya. Terimakasih. Tadi tidak terlihat. Saya pikir lebih bagus langsung diletakkan di bawah gambar. 😀

Semoga aukses dengan kompetisi kali ini. 👍

Hahahha pak juri sedang rindu sepertinya

Halooo. 😃😃 Apa kabur?

Rindu kali emaaang. 😓😓

Baiklah pak juri favorit... Biasanya juga diletak di bawah gbr. Berhubung satu sumber maka untuk lebih menghemat alias malas juga dijadiin satu. Btw, terimakasih banyak
You're my fav steemian

😃😃 hamba benar-benar penasaran kenapa hamba jadi kaporit, dosa apa yang telah hamba lakukan, kiranya 😓😓

Pak juri sedikit kritis yag😉

😃 hai 😃 apakabar ..

Terimakasih sudah singgah dan mengomentari. 😓😓

Hello, Alhamdulilah baek...
Sama2 yah,,,,terima kasih juga telah membimbing anggota #ksi-tw😊

Mayoritas tulisan yang masuk memiliki materi yang bagus. Sayang sekali harus bermasalah dengan hal-hal seperti jumlah kata dan penyebutan sumber gambar.

Sepwrti mba @ettydiallova (dia lupa tapi saya ngga 😱😰😨) pahami bahwa orijinalitas materi dan antiplagiarisme adalah di antara kebijakan utama yang membentuk fondasi Steemit, lewat kontes ini kita juga berharap mampu meningkatkan atau membangkitkan lagi kesadaran kita terkait hal itu.

Ini mungkin akan menjadi kali terakhir saya menolong @rayfa dan anggota timnya yang lain dalam hal menilai tulisan para kontestan. Saya hanya memberi masukan dari aspek-aspek tertentu, keputusan akhir adalah terletak pada mekanisme penjurian yang telah diatur oleh @rayfa yang setahu saya sistem penilaiannya mencakup beberapa aspek lainnya.

Keseriusan @rayfa dalam melakukan penilaian menurut saya sebagai salah satu sinyal penghargaannya terhadap para kontestan. Beliau, tentu saja dengan mekanisme penilaian yang telah dibangunnya, akan memilih yang terbaik di antara yang baik-baik.

terima kasih juga telah membimbing anggota #ksi-tw 😊

-->> Saya hanya menjalankan fungsi berbagi pengetahuan, dan saya terbuka untuk segala kritik, bantahan, masukan, karena mungkin sekali bahwa saya juga salah. Menurut saya, di sini, setiap kita bertemu dan mmberi sedikit kontribusi semampu kita, di atas platform yang -menurut saya lagi- super canggih ini. Kita belajar dan tumbuh bersama.

Minta maaf ataa segala kekurangan.

Cc. @ayuni83, @s2k.

@aneukpineung78 ini menurut saya bukan kritis Mbak @ettydiallova, tapi lebih tepatnya kejam, kalo dosen, dia itu tipe dosen killer, tapi dia objektif, makanya saya minta tolong beliau bantuin penilaian di samping saya sendiri juga menilai, hasilnya adalah akumulasi dari penilain kami berdua. Terkait dengan materi tulisan, di sini yang dinilai bukan cuma isi atau keterkaitan dengan tema tetapi juga teknik penulisan seperti kerapian dan keindahan tampilan, penggunaan gambar. Intinya kontes ini bukan pada tulisan siapa yang lebih bagus atau siapa yang menang, tapi lebih kepada memberi ide pada steemian untuk menulis, dan satu lagi... mempererat silaturahim, salam hangat dari Aceh :)

Ah payah. Saya sedang mempersiapkan tulisan terkait ini, malah sebagiannya udah disebutin di sini. 😰😰😨😨😰😰 Sekarang saya benar-benar butuh mesin waktu. 😵😵😵

Hallo Mba @rayfa dan Bang @aneukpineung78.

Justru karena sang dosen killer, mahasiswa jadi cerdas, karena rajin belajar dari kesalahan.

Salam hangat kembali dari Taiwan😊

Sukses untuk kontesnya Mba @dwiita.

Terimakasih mbak @etty

Kalian tinggalnya dekatan, ya?
Dengan pos ronda ke mananya? 😓😓

Sebelah pos ronda ada tiang listrik, awas jangan ditabrak entar kayak papa setnov

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 67706.36
ETH 2616.68
USDT 1.00
SBD 2.72