Mengenal Gitar dan Trik Memainkannya

in #indonesia6 years ago

image

Hallo Steemian music lovers sejati, ini postingan pertama saya tentang musik. Maklum saya masih amatir di dunia Steemit, jadi kalau ada postingan yang masih kurang kena, mohon dimaklumi untuk sementara waktu. Hehee...

Di awal karir, ketika ingin serius menekuni dunia musik, langkah awal yang saya jalani ialah memilih salah satu dari alat yang akan saya kuasai. Ketika itu banyak pilihan yang disodorkan teman-teman ke saya, seperti piano, biola, harmonika, drum, gitar, bass, dan alat musik lainnya. Saat itu saya salah satu anggota dari organisasi mahasiswa, yang fokus pada bidang musik dan teater, tapi saya lebih menekuni bidang musik daripada teater. Betul begitu mas @mahlizarsafdi, hehe... Walhasil, gitarlah yang menjadi pendamping hidup saya di dunia musik. Dari dulu, sampai saat ini.
image

Berbicara tentang gitar, pada umumnya ia mempunyai 6 senar yang dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jemari, sehingga menghasilkan bunyi yang indah dan harmonis.
Berikut coba saya paparkan berbagai macam jenis gitar dan fungsinya:

Gitar Akustik (Acoustic Guitar)

image
Gitar ini biasanya digunakan untuk kopongan , Kalaupun digunakan untuk perform di panggung, perlu menodong microphone ke arah body gitar, agar menghasilkan bunyi yang nyaring lewat soundsystem.

Gitar elektrik (Electric Guitar)

image
Jenis gitar listrik biasanya digunakan untuk nge-jam di studio musik dan di panggung besar. Gitar ini disambungkan ke sound gitar yang beraliran listrik, sehingga menghasilkan suara yang nyaring.

Gitar Akustik Elektrik (Acoustic-electric Guitar)

Gitar ini perpaduan akustik dan elektrik, bisa digunakann untuk kebutuhan kopongan dan panggung besar.

Gitar Ukulele

Gitar ini berukuran mini, jumlah senarnya pun hanya 4 senar. Biasanya untuk melengkapi suara gitar-gitar lainnya.

Gitar Bass (Bass Guitar)

image
Gitar ini menghasilkan suara yang rendah (Low) ia mempunyai peran penting menyatukan suara gitar dan drum. Umumnya mempunyai 4 senar dengan ukuran besar, namun ada juga gitar bass yang mempunyai 6 senar seperti senar gitar pada biasanya.

Bermain gitar memang gampang-gampang susah, banyak yang mengeluh ketika di awal bermain (balajar), jari-jari terasa sakit seperti ditusuk jarum, dan juga kewalahan membopong body gitar yang berat. Tapi itu adalah proses pembiasaan jemari kita menyesuaikan dengan neck gitar, lama-lama sakitnya juga bakal hilang, seiring dengan jernihnya suara gitar yang dihasilkan seiring proses belajar terus berjalan.
Ketika memainkan gitar, otak kita akan terfokus ke tangan kanan dan kiri. Saran dari saya, untuk tahap awal kalian cukup fokus ke tangan kiri saja dulu, sebab jemari tangan kiri kita yang memegang peran penting dalam permainan gitar yaitu membentuk chord gitar yang akan kita mainkan.

image
(foto jemari kiri dengan chord gitar)

Kemudian ada tips tambahan dari saya, belajar gitar tidak terlalu perlu menyesuaikan dengan teori yang dipaparkan di- paper atau sumber teori lainnya. Cukup memainkanya saja, makin sering kamu mainkan, semakin hebat juga kamu dalam menguasai teknik main gitar.
So, selamat mencoba bermain gitar ya teman-teman pencinta musik. Salam sukses

@donirosayandi

Sort:  

Akun qe kekmana yed ?? Kok Gk da perkembangan

Belum pernah berhasil sampe sekarang. Pernah belajar trus ditinggalin... Wkwkw

Hehe. Yang penting sering pegang gitar asti, dan jangan cepat menyerah

Seb bereh b don

Hahahaha pane bereh ,Nyoe mantong pemula, perle belajar Lom dari awak dron😊

Mantap bang @donirosayandi postingan yang bermanfaat bang. 👍

Hehe.. thanks @rial17 , ab masih harus banyak berguru sama master vokal steemit ne hehe😂

mantap pak don...saya harus berguru main gitar ne sama pak @donirosayandi ... hehe

Hahaha... Yok nge-jam distudio pak @andriastudio

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 66394.28
ETH 3309.98
USDT 1.00
SBD 2.70