TENTANG KUDJO KOMIK

in indonesia •  2 years ago  (edited)

Halo sobat steemians, baru menyadari sejak awal nulis di steemit ini selalu ngomongin komik terus. Jadi ketagihan ingin selalu nulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan komik.
OK sobat, kali ini aku ingin menulis tentang Kudjo komik. Salah satu komik yang saat ini telah berproses untuk diselesaikan dalam bentuk komik cetak.

Cerita sedikit mengenai karakter si Kudjo ini. Dulu waktu awalnya memang tidak pernah direncanakan untuk membuat komik rutin yang bisa diupload setiap minggu di sosial media. Karena saat itu, karakter kudjo sendiri aku bikin saat terjadi kejenuhan luar biasa yang aku alami. Padahal kerjaan ilustrasi adalah hobi yang dibayar lho, jadi bukan jaminan tidak merasakan kejenuhan.
Terkadang ingin lari ke hutan kemudian teriakku.... Ahhh....

Ada yang bilang gaya gambar komik yang aku buat ini terpengaruh dengan gaya komik Eropa semacam Asterix, Bill dan Bull, atau mungkin Spirou. Ya mau bagaimana lagi, emang bener kok. Padahal aku termasuk generasi yang tumbuh dengan 'dicekoki' oleh komik-komik Jepang. Tapi entah kenapa aku jadi sering termotivasi untuk membuat sesuatu yang tidak banyak orang ambil.

Untuk tema sendiri, karena terpengaruh dengan banyaknya komik komedi yang sering muncul di sosial media membuatnya seakan harus mengikuti arus. Dan memang genre ini juga lebih disukai pembaca dibanding dengan genre lain, lagian pembaca sosmed juga sudah jenuh dengan berita-berita miring, ujaran kebencian dan lainnya yang sering muncul di linimasa mereka. Maka tak heran jika gambar atau foto lucu akan banyak yang menyukainya.

Kalo lihat komik yang dulu jadi ingin ketawa. Bukan karena lucu, tapi gambarnya emang masih nganu....

Namun lambat laun, seiring berjalannya waktu. Kudjo sendiri telah menemukan berbagai perubahan gambar, bentuk atau cerita yang menurut aku harus ada 'pesan' yang ingin aku sampaikan kepada pembaca.

Dan sekarang komik Kudjo ingin berfokus pada komik Islami. Kenapa harus komik bertema Agama? Karena semakin ke sini, kok ga ke sana?? aku melihat komik-komik, khususnya di sosial media tanpa filter menyajikan hal-hal yang tidak sepantasnya disajikan kepada pembaca. Terlebih lagi untuk anak-anak yang sudah semakin melek tekhnologi. Lhaaa komik Kudjo harapannya ingin memberikan alternatif bacaan sebagai pengingat pribadi maupun orang lain, yang menyejukkan dan juga bisa memberikan manfaat.

Alhamdulillah, bersama dengan sesama komikus muslim kita membentuk semacam grup atau komunitas yang mempunyai visi dan misi yang sama bernama IQOMIC. Doakan kami untuk bisa selalu istiqomah di jalan ini.

IQOMIC sendiri akan saya bahas nanti diartikel selanjutnya ya...

Sekian dulu penjelasan saya untuk tema komik kali ini. Semoga bisa menjadi manfaat dan inspirasi.


Terima kasih kepada Komunitas Steemit Indonesia, @indo-community dan Terima kasih kepada Curator Indonesia @aqiabrago, @levycoredan @mariska.lubis


Celoteh seorang komikus yang pernah jenuh
@donikudjo.

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!
Sort Order:  

Mantap broo. .

Makasih mas @nazarwills

ayoo semangat brooo,,, steemit @donikudjo

Iihhh mau dong buku komikmu!

Siap mbak @mariska.lubis, ada baru nih yang mo terbit ... :)