MEMBUAT NASKAH KOMIK STRIP

in indonesia •  last year

Halo sobat steemians,
Langsung aja ya, ga usah basa-basi lagi. Aku ingin berbagi tulisan nih tentang bagaimana cara membuat naskah untuk komik. Bair lebih mudahnya, mungkin saya akan memberikan contoh untuk naskah komik strip, yang cuman satu halaman selesai. Jadi biar lebih mudah dipahami.
Setelah menentukan ide yang ingin diangkat, berapa panel yang akan kita buat, selanjutnya kita harus membayangkan adegan per adegan yang akan kita gambar selanjutnya dan percakapan apa yang nantinya bisa mendukung komik itu agar bisa dipahami oleh pembaca.

Mungkin anda akan berpikir kalau tidak bisa menggambar? Tenang aja sobat, banyak kok temen-temen komikus diluaran sana yang membutuhkan naskah untuk dia gambar hingga kemudian bisa dijadikan dalam bentuk buku komik.
Ya itu tadi, kita bisa bekerjasama dengan komikus untuk bisa membuat buku komik tersebut. Bagaimana pembagianya? pintar-pintar kita juga sih gimana negosiasi yang harus dilakukan biar sama untung kedua belah pihak. Ada yang pake pembagian 50-50 dari setiap 10% royalti yang didapat. Atau mungkin kalo kita ada cukup uang, kita bisa membayar jasa menggambar komik itu dan kita tidak perlu repot-repot untuk membaginya saat kita mendapatkan royalti nanti.
Tapi yang jelas, komikus itu sangat idealis, dia tidak akan merasa tertantang untuk mengerjakan komik jika naskah yang kita sodorkan ke dia tidak menarik.

Baiklah, sebelum memulai untuk membuat naskah komik, ada baiknya saya beritahu istilah-istilah yang ada didalam komik.

1.jpg

Tuh, gampang kan. Selanjutnya kita yang menentukan. Jika misalkan kita ingin membuat komik strip satu halaman untuk sosial media yang harus kita pikirkan adalah, berapa panel yang harus kita buat? dua, tiga, empat atau lima bahkan sampai enam panel? Saran saya kalau untuk sosial media Sebaiknya jangan sampai melebihi 4 panel. Kenapa? bisa jadi teks yang ada dikomik jadi tidak terbaca, terlebih jika teks yang kita buat panjang. Terus apakah boleh jika harus lebih dari empat panel? boleh-boleh aja, seni komik itu fleksibel. Yang haus kita pelajari adalah fitur sosial media yang akan kita jadikan media untuk komik kita, facebook dan instagram atau mungkin twitter. Terlebih Instaram kini memiliki fitur untuk mengunggah beberapa foto (image) dalam sekali unggahan, maksimal 10 foto.
Contoh langsungnya begini, saya ambil dari komik strip aku yang udah pernah saya unggah.


Naskah komik Kudjo
Judul : Mudik

Panel 1
Setting di halaman rumah. Kudjo sedang menaiki motornya sambil memakai helm, di belakangnya terdapat beberapa barang (Tas, kadus dll).
Mbah yang penasaran melihat itu kemudian bertanya, "Lho mau ke mana?"

Panel 2
Kudjo dengan mantab menjawab, "Mudik dong mbah."

Panel 3
"Mudik ke mana? kampung halamanmu kan di sini!" tanya Mbah dengan ekspresi heran.

Panel 4
"Cuma simulasi aja kok mbah, pengen ngerasain serunya mudik kayak yang lain.."
Kudjo menunduk sambil sesenggukan. SFX (efek suara) hiks.. hiks...


Setelah proses penulisan naskah ini selesai, baru kemudian aku lanjut tahap pengerjaan selanjutnya. Dan seperti berikut ini hasil komik dari naskah yang saya buat di atas.
42-MUDIK.jpg

Mungkin sampai di sini dulu penjelasan saya, tunggu materi berikut yang akan aku sharing lagi ya. Semoga bermanfaat.


Terima kasih kepada Komunitas Steemit Indonesia, @indo-community dan Terima kasih kepada Curator Indonesia @aqiabrago, @levycoredan @mariska.lubis


Celoteh seorang komikus
@donikudjo

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!