You are viewing a single comment's thread from:

RE: Hati-hati! Bahasa Adalah Alat Untuk Membentuk Pola Pikir

in #indonesia6 years ago

Padat sekali tulisannya, kk, dan menjawab banyak sekali pertanyaan dalam diri saya, yang selama ini cuma bisa disimpan di hati saja 😁.

Tak bisa dipungkiri, Bahasa adalah salah satu elemen pembentuk budaya dan karakter Bangsa. Ketika kita mengenal China dengan nasionalisme-nya yang tinggi, ternyata “bahasa” jawabannya. Ketika Perancis dengan sombongnya berkata bahwa bahasa mereka lebih pantas jadi bahasa internasional dibandingkan Bahasa Inggris, ternyata kk punya penjelasannya. Ditambah lagi alasan dibalik loyalitas orang Jepang yang tiada duanya, ternyata bersinggungan juga dengan upaya mereka menjaga bahasanya.

Sebenarnya saya ngerasa ada yang aneh dgn kata “tetikus” dan “jejaring”, tapi tak tau dimana anehnya. Penjelasan dari kk menjawab pertanyaan saya yang selama ini nggak tau harus dibahas sama siapa 😁👌

Seandainya saja setiap kali pergantian tampuk kepemimpinan di negara kita ini tidak didominasi oleh keinginan mereka untuk “berbeda” dari pemimpin sebelumnya, pastilah hal serupa ini tak terjadi. Semoga saja akan ada perubahan lebih baik ke depannya. Melalui para penggiat Bahasa Indonesia yang mumpuni ilmunya di bidang ini, mungkin bisa diberikan saran dan masukan kepada instansi terkait agar mempertimbangkan ulang perubahan-perubahan pada kaidah berbahasa kita.

Mohon maaf agak panjang 🙏🏻
Ini murni suara hati saya sebagai “pengguna” Bahasa Indonesia, yang masih berusaha untuk bisa menggunakannya dengan baik dan benar.

Sort:  

Alhamdulillah bila paling tidak memberikan sesuatu yang berguna dan bermanfaat bagimu. Saya juga tidak habis pikir, untuk apa mengubah yang baik dengan sesuatu yang menurut saya tidak lebih baik, bahkan buruk? Saya tidak paham dengan maksud dan tujuan yang ada, tetapi jika dibuat untuk membuat bahasa Indonesia menjadi lebih baik, saya pikir tidak sama sekali.

Silahkan saja tulis apapun yang ada di dalam benak dan hatimu, kita di sini memang belajar untuk membiasakan diri jujur dan terbuka, kok.

Siap kk 🤗

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 59527.28
ETH 2462.24
USDT 1.00
SBD 2.49