Makan siang di mall lubuk aceh besar.steemCreated with Sketch.

in #indonesia7 years ago

Makan siang di mall itu emang sesuatu yaaa... Apalagi kalau makan siang dengan menu-menu khas Aceh dan gratis. Kemarin @dapoerheba dapat undangan makan siang di mall lubuk aceh besar loh.

Pasti banyak yg bertanya-tanya, emang ada mall d daerah aceh besar? Dimananya???Ya adalah pastinya krn setiap daerah di aceh ada mallnya.. .mall apa siiih ituuu... Enak banget ada undangan makan siangnya dan gratis pula...😅😅😅

jadiii mall ituuu... Molid alias moulod dalam bahasa acehnya atau sering dikenal dengan maulid nabi S. A. W😂😂😂. Tempat yang kami datangi ini agak sedikit berbeda dengan tempat-tempat maulid lainnya...mulai dari rumahnya yang di desain menjadi rumah aceh yang sangat nyaman dan sejuk sampai beberapa hidangan masakannya saja tidak saya temukan ditempat lainnya.
IMG_20180128_141148.jpg

Daerah Aceh, khususnya aceh besar masih memegang kuat adat peumulia jame apalagi ketika bulan maulid tiba. Disana mereka membuat undangan maulid untuk sanak keluarga dan handai taulan dengan menyuguhkan sajian-sajian lezat khas maulid. Seperti kuah beulangong, gado-gado, bihun, keumamah dan masih banyak lagi hidangan-hidangan lain yg membuat tamu undangan langsung merasakan keroncongan.

Namun agak sedikit berbeda dengan menu yang saya dapat di maulid kemarin. Saya tidak menemukan kuah belangong disana tapi saya menemukan gulai yg sangat saya gemari yaitu gulai ayam kampung bak kala...tetiba berkumpul semua liur dimulut saya dan membuat saya buru - buru ambil piring😂😂😂😂.
IMG_20180128_134157-01.jpeg
Sambil menelan liur saya menyusuri isi kuah tersebut sampai saya menemukan ayam kampung yg sepertinya tersenyum kepada saya sambil bilang, "makan yang banyak ya" 😂😂😂😂😂 karna udh disuruh gitu gak tanggung-tanggung saya ambil 3 potong plus bak kala a. k. a bunga kecombrang 😍😍😍. Setelah selesai di kuah ayam bak kala.. Beralih lagi saya ke menu selanjutnya, menu ini saya anggap aneh karena biasanya menu ini saya makan dengan sayur-sayuran tapi ini tidak pakai potongan sayuran hanya memakai suiran ayam, namanya "anyang".
IMG_20180128_133755-01.jpeg

Aneh memang tapi rasanya enak sekali... Bumbunya sangat tipis tapi semuanya terasa. Anyang yg di olah dengan memakai kelapa gongseng ini menjadi menu favorit karna rasanya pedas, manis, asin dan asamnya pas untuk lidah orang Aceh. Ada aroma daun jeruk dan batang sereh yg membuat si "anyang ayam" ini tambah nikmat dan tambahan rajangan bwg merah dan cabe merah. Setiap lima menit sekali harus ditambahkan lagi menu tersebut. Tau kan kenapa??? 😉😉😉ah sudahlah.. Cuma saya yang tau.😂😂😂. Selanjutnya saya juga melewati sepiring lalapan yang segar sekali. Dari warnanya saja kita tau kalau sayur ini di kukus tdk dalam waktu yg lama dan hal itu sangat baik untuk menjaga vitamin di dalam sayuran. Tidak ketinggalan juga sambal terasi yg menjadi pelengkap cocolan sayur di piring saya😍😍😍. Selain ada rasa pedas, asam, asin manis yg pas, sambal terasi ini sangat Cocok sekali di cocol dengan sayuran warna warninya. Aaaahh... Love it😘😘😘.
PicsArt_01-29-02.54.05-01.jpeg

Engga ketinggalan ikan bakar yg d racik dengan bumbu-bumbu seperti kemiri, bawang merah, bwg putih, jahe, cabe rawit, kunyit, kemiri dan garam ditambah juga dengan sambal kecap yang pedes dan maknyuuus 😘😘😘.
IMG_20180128_134318.jpg
Dan masih ada beberapa menu lainnya yg wajib di colek sama @dapoerheba tapi itu menu yg sudah biasa seperti bihun, soto dan udang sambalado.

Setelah habis membantai semua menu-menu itu, kini tiba saatnya makan cemilannya😂😂😂. Cemilan yang disajikan memang sudah biasa seperti pengat a. k. a kuah santan dengan ketan dan srikaya.
IMG_20180128_134036.jpg

Cenil dan lupis juga ada
IMG_20180128_134056.jpg

Tidak ketinggalan minuman penyejuk lambung 😂😂😂
IMG_20180128_134517-01.jpeg

Ulala sekali @dapoerheba di undang ke acara maulid seperti ini....😘😘😘
Mudah-mudahan maulid tahun depan @dapoerheba bisa makan di mall-mall Aceh besar lagi. 😁😁😁

Sort:  

Mauu laa ke mall itu 😃

Hahahhahaha... Klo @bangom n istri available nnti ya kami ajak😂😂😂

Hahahahaha... Enak liii... bg @kakilasak😊😊😊

Apa apaan ini, enak sekali hahha

Ahahahahhaha... Ini hanya segelintir makanan yg sudah melewati lambung saya😂😂😂😂

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.12
JST 0.026
BTC 57320.16
ETH 2472.81
USDT 1.00
SBD 2.31