Fenomena Yang Sedang Kita Hadapi #Steemians Indonesia

in #indonesia6 years ago

image
Image source

Latarbelakang

Saya memperhatikan dalam beberapa bulan terakhir sangat banyak terjadi konflik antara sesama steemians, khususnya di daerah Aceh. Satu kelompok menyerang kelompok yang lain, apa sebab dan musababnya. Saya memperkirakan ini ada sangkut pautnya dengan nilai postingan per pengguna, ada yang yang mendapatkan upvote besar dan ada yang tidak, oleh sebab itulah sebagian kelompok merasa diperlakukan tidak adil, padahal dari awal kita main steemit sudah bertekad bukan untuk mencari lawan tapi untuk mencari kawan.

Semua kita sama, kita kehilangan arah dan mulai menuduh dan mencaci maka sesama bangsa, ras, suku dan agama kita. Kenapa kita menyalahkan Qurator Indonesia, kenapa kita tidak mengintrospeksi diri saja. Kita tidak dapat menghakimi orang lain begitu saja, berapa banyak pengguna steemit dari Indonesia saat ini? Apakah qurator sanggup untuk memilih semua dari kita?

Mungkin itulah penyebab utama kita berpecah belah, saya tidak membela satu kelompok, ini hanya opini saya. Sebenarnya dengan berkembangnya pengguna steemit dari Indonesia justru menjadi semakin baik buat kita bukannya malah bertambah buruk seperti saat ini, dan juga dengan banyaknya berkembang komunitas di Indonesia juga semakin baik, karena kita mempunyai teman dari sabang sampai Merauke. Makanya saya bilang ini aneh, disebabkan nafsu, iri hati dan dengki kita sanggup membenci, mencaci, dan menghina orang lain yang beragama sama dengan kita.

Konflik antara sesama steemians di aceh ini sudah berlangsung cukup lama, mohon maaf sebesar-besarnya, saya tidak bermaksud untuk menyinggung kelompok tertentu, namun dalam pembahasan kali ini saya ingin menyampaikan beberapa opini menurut saya dan juga uneg-uneg yang sudah lama saya pendam. Saya tidak bermaksud sok tahu, sok pintar, namun saya hanya menginginkan kita semua rukun meskipun tidak mau bekerjasama namun kita tidak saling menyalahkan dan menjelekkan. Saya juga masih merupakan anak ingusan di dunia blockchain ini terkhususnya di steemit, saya baru bermain steemit sekitar 10 bulan, mungkin itu masih tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan para senior kita di steemit.

Permasalahan

image
Image source

Yang pertama sekali komunitas steemit Indonesia atau KSI sudah lama tidak akur dengan komunitas aceh steemit, namun saya tidak mau membahas masalah ini dalam postingan saya karena saya tidak ingin ada unsur SARA. Namun dari situ kita sudah dapat menilai bahwa kita sangat sulit untuk disatukan.

Selanjutnya, banyak dari pengguna steemit yang menyerang qurator Indonesia dengan kata-kata atau lewat postingan, mengapa ini terjadi? Mungkin karena mereka tidak mendapatkan upvote dari sang qurator. Saya tidak membela qurator, namun perlu kalian semua ketahui, selama 10 bulan saya berada di steemit saya hanya mendapatkan 15 upvote dari qurator Indonesia, itupun kami menulis dengan panjang lebar. Setelah itu saya tidak pernah mendapatkan upvote dari qurator Indonesia lagi, apakah saya menyalahkan dia? Jelas tidak, saya sama sekali tidak menyalahkan Qurator, mungkin karena saya tidak menulis dengan baik, atau bisa jadi ada pengguna lain yang lebih membutuhkan dari saya, jadi saya tetap berpikir positif, saya tidak mahu hanya dengan upvote bernilai $0.60 saya menjelekin orang lain.

Namun itu pribadi pengguna, apakah ingin menuduh dan mencaci maka hanya dengan nilai upvote, terus merengek tanpa ada kemauan untuk berkembang, saya rasa itu merupakan kebodohan yang kita lakukan. Dari pada kita merengek dan mencaci orang lain, lebih baik waktu itu kita pergunakan untuk mempelajari dunia steemit lebih dalam.

Selanjutnya masalah yang baru-baru ini kita hadapi, yaitu postingan dari paulag yang memandang qurator Indonesia tanpa mengetahui kebenaran dan faktanya, anehnya ada sebagian kita yang tambah-tambah menjelekkan qurator. Sebenarnya gagasan yang ingin dilaksanakan oleh paulag itu sangat bagus bagi kita semua steemians Indonesia, namun salahnya paulag membahas masalah qurator Indonesia di dalam postingan, seharusnya dia langsung melaksanakan gagasan dan idenya tanpa harus menjatuhkan orang lain.

Cobalah untuk menilai lebih baik lagi, itu hak qurator postingan mana yang ingin dia pilih, namun bagi kita yang belum mendapatkannya terus berusaha dan mengasaha kemampuan kita dalam menulis dan mempelajari dunia steemit lebih dalam lagi.

Kesimpulan

Saya rasa perdebatan ini tidak ada gunanya mari kita akhiri semuanya dan memulai lembaran baru, kalaupun Anda tidak menyukai qurator maka jangan membenci dan mencaci dan menghina orang lain, tetap dengan pendirian pertama kita saat ingin memulai memainkan steemit, yaitu "Saya main steemit untuk mencari kawan bukan mencari lawan.

Sekian dari saya, disini saya tidak mendukung siapa-siapa. Saya memohon maaf sebesar-besarnya kepada seluruh pengguna yang merasa tersinggung dengan tulisan saya kali ini.

SALAM KOMPAK

PEACE

Sort:  

You got a 1.52% upvote from @upmewhale courtesy of @daiky69!

Earn 100% earning payout by delegating SP to @upmewhale. Visit http://www.upmewhale.com for details!

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 63061.76
ETH 2602.70
USDT 1.00
SBD 2.75