Menggendong Bayi dengan Baik dan Benar

in #indonesia6 years ago

IMG-20170709-WA0012.jpg

Menggendong itu mengasyikkan. Karena anak yang di dalam gendongan itu sungguh mampu menguatkan. Bundanya ini pas masih single, ke mana-mana ditemenin. Ngisi bensin aja, takut. Mau pesen makan aja, minta tlg temen. Rela putar jalan yang lebih jauh demi menghindari lampu merah karena takut diperhatiin. -Padahal ga ada yang perhatiin, kePEDEan banget-. Duh sungguh tidak patut dicontoh.

Tapi alhamdulillah, sejak punya anak keberanian bertambah 95%. Dari yang awalnya ga berani, sekarang jadi makin PEDE demi anak yang udah nangis kejer pengen ice cream. Berani nanya di kasir perihal 'berhadiah pembersih lantai' dan atau piring kalo diskip gt aja ma doi. Berani nanyain kenapa uang kembalian gw 500 perak diganti permen? Kan mayan masuk celengan di rumah.

Yah begitulah, Ayi yang dulu berbeda dg yang sekarang. Meskipun receh, tapi ini sungguh patut diacungi jempol. Karena anak & penghematan, Ayi sungguh sudah berubah.

Balik lagi ke judul, dunia menggendong itu betul mengasyikkan. Terlebih sekarang banyak banget brand gendongan mengklaim dirinyalah gendongan terbaik dengan harga bersaing. Tapi tahukah temans semua bahwa gendongan terbaik itu tidak semata dinilai dari hepengnya?

Saya sendiri meski punya dua balita, hanya memiliki dua gendongan saja: geos dan cuddle me neo carrier. Saat melahirkan, sebenarnya banyak yang kadoin gendongan yang pada awalnya saya pake, ternyata setelah saya pelajari, gendongan yang dikadoin itu banyak mudharatnya baik untuk saya dan anak saya.

Jadi, bagaimana cara memilih gendongan yang tepat? Sebelum menyesuaikan dengan isi kantong, catat hal berikut ya.

Gendongan yang baik dan benar adalah yang memenuhi kaidah M - Shape. Alias anak duduk seperti huruf M di gendongan, kakinya tidak bergantung.
IMG-20170709-WA0007.jpg

Selain itu, harus dipastikan anak tidak terlalu berjarak ketika di dalam dekapan. Hal ini dapat dilihat lebih jelas ketika mau order gendongan kaos, kita akan disuruh memilih size. Sizenya biasanya berdasarkan berat badan. Tapi kalo ndak mau beli, kain jarik di rumah juga bisa jadi gendongan M-Shape, kok. Cuma ya itu harus telaten dan rajin latihan, sebab membuat simpul di gendongan harus benar-benar terjamin kalo ndak anak bisa jatuh, kita ga nyaman juga gendongnya.

Posisi menggendong M - Shape ini sungguh banyak sekali manfaatnya. Kalo saya pribadi yang terasa banget itu adalah bonding dan kekuatan. Saya mendapatkan kekuatan dari anak yang sedang saya gendong. Tulang punggung saya juga tegap, tidak bungkuk, dan gendongan model begini juga menyupport tulang punggung bayi.

Kalo untuk di Banda Aceh, saya sering banget dinyinyirin ibu-ibu karena anak saya masih di bawah 6 bulan sudah digendong demikian. Saya sih cuma senyum aja. Toh kalo saya jelasin, beliau belum tentu paham ya kan? Atau kalo yang udah ngerti kaya bunda dan tetangga, saya edukasi sedikit tentang M-shape, dan kasih lihat langsung website-website terpercaya perihal menggendong. Dan alhamdulillah, it works!

Jadi, bagi teman-teman yang hendak menikah maupun sedang hamil, sudah bisa browsing gendongan terbaik, yaa. Belajar simpul kain jarik di rumah juga bisa, tutorialnya banyak baik di IG maupun youtube.

Selamat mencoba :*

Sort:  

Wah, thanks Ayi untuk tips gendongannya.
Mudah-mudahan suatu hari nanti kepakek ilmu ini untuk saya pribadi.

Aamiin. Semangat, kak!

Sebagai anak perempuan tertua, aku sudah terbiasa menggendong adik-adik dengan kain batik panjang di usia yang masih sangat belia heheheh....bayangin dulu menggendong adek sembari bermain, terpaksa menggendong tepatnya, yang penting bisa maen,,

hahaha iyaa kak, seru ya punya adik banyak. Bunda ayi juga gitu, dulu sering gendong adik. Maka urusan perjarikan, bunda nomor satu. Justru bunda gagap pake gendongan jaman now, hihi..

Wah kita ketemu disini hehehehe.. Semangat menggendong M shape. Anakku, Regan juga udah mulai digendong M shape sejak dia kuat lehernya.. Tapi sekarang aku udah gak bisa lama2 gendongnga.. Udah berat bener 😂

Halo kak ^^ iya, aku jg ke Kizain ga sanggup M Shape lagi, itu tugas Ayahnya. Hahaha. Aku cukup gendong Medina aja yang lebih slim daripada Kizain :D

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.14
JST 0.029
BTC 67403.09
ETH 3246.95
USDT 1.00
SBD 2.65