Gimana Mengatur Jam Tidur Anak-anak?

in #indonesia6 years ago (edited)

IMG_20171121_082846.jpg

Photo by @cutdekayi
Drawing by Aslan
Coret-coret by Kizain Medina

Dari Kizain lahir, saya paling baper kalo masalah tidur anak itu terganggu. Apalagi kalo gangguan yang datang itu justru dari rumah. Alhasil, saya kayak cacing kepanasan yang kesetrum sama orang yang bikin anak saya bangun. Pokoknya, dalam 1 tahun hidupnya tidur siang dan malam Kizain jangan diganggu sedikitpun.

Namun, setelah Medina lahir, saya jadi agak renggang sedikit. Jam tidur Kizain tidak saya atur lagi, sesukanya saja. Kalo dulu ke Kizain saya hitung total jam tidur perhari, ke Medina tidak begitu ketat. Walhasil, beberapa kali Medina tidak tidur siang, dan tidur terlampau malam. Saya jadi sediiiii karena artinya tidur sayapun terganggu, huaaaa. Tidur Kizain apalagi, doi yang selalu tidur paling telat ba'da isya, kini tak begitu teratur lagi. Artinya apa? Saya jadi harus cari cara agar tidur mereka seimbang.

Beberapa kali saya coba menyamakan jam tidur siang mereka agar saya juga bisa tidur siang. Cuma yang sering terjadi adalah justru Kizain tidur sesaat sebelum adiknya bangun. Kan Emak jadi ga bisa boci juga jadinya? :'(

Jadi, sudikah ada yang mau bantu saya mengatur jam tidur anak-anak? Sampai saat ini saya belum menemukan cara yang cucok dan tepat :'(

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.14
JST 0.029
BTC 67551.75
ETH 3252.54
USDT 1.00
SBD 2.65