Indonesia Photo Challenge #1 Reptile: Dendrelaphis pictus

in #indonesia7 years ago (edited)

hananan.com.jpg

Dendrelaphis pictus termasuk ular berbisa yang racunnya tak berbahaya pada manusia. Namun akan sangat mematikan bagi sesama ular.

Ular ini dikenal dengan nama Ular Lidi, Ular Tampar, atau Ular Tali karena ukurannya yang kecil. Ular Lidi yang hidupnya tersebar dari Sumatra hingga ke Sulawesi ini termasuk reptil diurnal atau beraktivitas pada siang hari. Mangsanya berupa katak, kodok, belalang, cicak, dan jangkrik.

Pada foto di atas, teman Steemian bisa memperhatikan aksi seekor ular lidi yang sedang berusaha menelan seekor katak kecil yang berhasil ditangkapnya. Perhatikan pada bintik-bintik hijau terang di bagian samping tubuhnya. Bintik hijau itu hanya akan muncul saat ular ini sedang marah atau merasa terancam. Kemungkinan bintik itu muncul karena tadi bergulat dengan mangsanya yang kini telah berada di antara rahang atau mungkin karena saya berdiri terlalu dekat dengan objek.

Ular Lidi yang justru terlihat anggun saat dia marah ini saya temukan saat saya sedang berlibur ke Pantai Penyabong di Pulau Belitung. Tanpa sengaja saya melihat gerakan pelan di atas sebuah pagar yang kemudian saya kenali adalah seekor ular. Saya membiarkannya menelan mangsanya sedangkan saya terus membenarkan fokus kamera saya ke arahnya. Setelah mangsanya berhasil ditelan, si ular bergerak perlahan karena kekenyangan.

Menurut teman-teman Steemian, kira-kira seekor katak kecil itu mencukupi kebutuhan Ular Lidi ini untuk berapa hari ya? Adakah yang tahu?

Sort:  

nice post :)

i upvoted and following :)
you do same as i done :)

Wow , ini merupakan foto yang luar biasa indah.
Keren...
Mohon bagi ilmunya bang. :)

Terima kasih, Bang. Saya ini yang harus belajar dari seorang biologist... Hehe...

sangat menakjubkan fotonya, seperti sebuah pemandangan langka.. mantap @citrarahman

Terima kasih, Bang @iamrifk. :)

Ular tampar biasa kami blgnya, mainan kami d kampung waktu kecil. Nice info

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.13
JST 0.027
BTC 58270.16
ETH 2600.36
USDT 1.00
SBD 2.39