Hari Meneruskan kebaikan - Pay It Forward Day - Bilingual

in #indonesia6 years ago (edited)

Hello Steemit Fellows!

fire dance (56).jpg
Indonesia

Minggu lalu saya mengikuti kontes mingguan yang menurut saya paling keren bagi saya di Steemit saat ini. Kontesnya berjudul Pay It Forward (selanjutnya ditulis PIF) atau Meneruskan Kebaikan terjemahan saya yang diselenggarakan oleh @thedarkhorse. Saya jadi ingat bahwa belum lama ini pernah nonton film drama berjudul PIF, sebuah film yang bagus namun akhirnya terlalu dramatis-tragis gitu. Mulailah saya berselancar mencari informasi mengenai film dan gerakan PIF ini dan akhirnya saya sampai pada laman PIF Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang didirikan oleh penulis novel yang difilmkan itu, nama beliau Catherine Ryan Hyde, pada bulan September tahun 2000. Saya teruskan pencarian dan saya menemukan sebuah laman lain yang sama menariknya tentang Hari PIF dan laman satunya lagi tentang Hari PIF dunia yang ternyata sejak diluncurkan pada tahun 2007 telah dirayakan di 85 negara setiap tanggal 28 April (minggu ke-4 bulan April setiap tahun).

Tanggal 28 April dirayakan sebagai Hari PIF, walaupun tidak seperti hari Jazz sedunia, Hari Air Sedunia atau Hari Bumi yang merupakan Hari Internasional yang diakui PBB, Hari PIF itu seperti peringatan Hari Kasih Sayang (14 februari), Hari Penguin Sedunia (25 April) dan Hari Hak Untuk Tahu setiap 28 September. ini petikan yang saya ambil dari laman globalpayitforwardday

Mengambil inspirasi dari gerakan Pay It Forward dari penulis Catherine Ryan Hyde, Blake Beattie memulai Pay It Forward Day pada tahun 2007 sebagai perayaan bagaimana satu tindakan kecil kebaikan dapat membuat dampak besar di dunia. Setelah memulai di Australia, hari tersebut sekarang telah menyebarkan cinta dan kebahagiaan di lebih dari 85 negara. Ini mungkin hanya berlangsung 24 jam, tetapi kami berharap Pay It Forward Day mengilhami komunitas Anda untuk #berdiriuntukkebaikan sepanjang tahun!

Apa sih Pay It Forward atau Meneruskan kebaikan itu

kalau sempat baca artikel tentang PIF di wikipedia, disebutkan bahwa PIF adalah sebuah ekspresi untuk menggambarkan penerima manfaat dari suatu perbuatan baik yang membayarnya kepada orang lain, bukan kepada pemberi manfaat aslinya. ini sebenarnya sebuah konsep yang bisa dibilang sudah sangat tua, tapi frasa tersebut dirajut kembali oleh Lily Hardy Hammond dalam sebuah bukunya yang terbit pada tahun 1916 berjudul The Garden of Delight atau Taman Kegembiraan. Benjamin Franklin lah yang menemukan serta mengutarakan kembali konsep itu dalam sebuah surat kepada seorang koleganya tertanggal 25 April 1784.

8 tahun setelah bukunya Catherine Ryan Hyde terbit dan difilmkan setahun kemudian, sebuah ide kemudian muncul dari pesan yang disampaikan sang penulis dalam bukunya yaitu Bersama kita bisa mengubah dunia- satu kebaikan pada suatu waktu sehingga pada tahun 2007, Blake Beattie memulai Hari PIF di Australia. Tentu saja kita bisa terus berbuat kebaikan selain pada tanggal 28 April, saya menemukan kebenarannya disini, di Steemit melalui Kontes PIF itu. bagi anda yang mau bergabung, silakan baca aturan mainnya di payitforwardweek5

Kontes ini terbuka untuk semua orang dan siapa saja, yang harus kita lakukan hanyalah menulis sebuah potingan mengenai 3 orang blogger lain yang reputasinya dibawah angka 50 disertai dengan link ke tulisan terbaru mereka, jangan pilih yang sudah lewat hari bayarnya, sebab nanti para juri dan orang lain yang membaca atau ikut kontes itu akan mengunjungi postingan tersebut untuk kasih vote dan komentar juga. kemudian link tulisan kamu diposting juga ke bagian komentar si penyelenggara kontes yang linknya saya sertakan diatas. berkomentar dengan serius sangat dihargai oleh penyelenggaranya bahkan kamu akan diberitahu bila ada yang kurang dan terdaftar sebagai peserta dinomor urut berapa. ada lagi bonus dari @freedomshift untuk blogger yang pernah diulas oleh penulis lain dan ikut kontes untuk pertama kalinya, biasanya siy dia yang akan milih yang berhak. suami saya yang saya ulas dalam postingan minggu lalu, kemudian dia ikut membuat sebuah postingan tentang 3 penulis lain, kemarin dapat pemberitahuan transferan 0.600 SBD, lumayanlah buat plankton yang biasa cuma bisa ngumpulin 0.001-0.003

saya percaya bahwa satu kebaikan yang kita berikan kepada orang lain itu menular, seperti kita menanam pohon yang akan tumbuh dan bermanfaat bagi banyak orang. Jadi bagaimana dengan 2 blogger yang saya banggakan @el-nailul dan @sangdiyus, cobalah ikut menanam pohon kebaikan kalau kalian ada waktu yaa?

saya pun awalnya ragu mengikuti kontes ini, bagaimana bisa seorang (saya ngga punya ekor, cuma tulangnya aja) plankton seperti saya bisa-bisanya hendak menolong orang lain? tetapi sang penyelenggara dan kedua jurinya menyuntikkan banyak sekali energi dalam postingan mereka dan balasan komentarnya, saya baca aturannya berulang kali untuk memahami cara kerjanya. saya melewatkan kontes minggu ketiga hanya untuk mengumpulkan semangat dan keberanian, hahahaha. Begitu pengumuman dimulainya kontes minggu ke-4 muncul, saya memerlukan waktu selama 3 jam cuma buat bikin satu postingan! Saya mencoba mengingat masa lalu dimana saya sangat bersyukur sebagai seseorang yang selalu menerima kebaikan dari banyak orang dan kini waktunya untuk meneruskan kebaikan tersebut kepada orang lain lagi. Ayo kita tumbuhkan pohon kebaikan kita di Steemit!

Kalau ada yang mau ditanyakan, jangan ragu, tanyakan saja pada penyelenggaranya atau ntar saya bantuin tanyain dah. Meskipun bikin postingan dalam bahasa Indonesia, tapi usahakan dalam bahasa Indonesia yang baik dan tidak ada salah ketik, supaya saat diterjemahkan pake alat penerjemah, jadi bisa dipahami maksudnya. postingan kita tetap akan mendapat vote berisi dari mereka, tetapi sebenarnya yang lebih utama adalah vote mereka bagi blogger yang kita ulas itu.

English

I joined a wonderful weekly contest for the first time, last week. it is called Pay It Forward Curation Contest held by @thedarkhorse. I remember that I have watch a drama film entittled Pay it Forward, a good film with tragic ending (IMHO) sometimes ago. I searched thorugh internet about the Pay It Forward Movement and it lead me to this page payitforwardfoundation. PIFF is a non-profit foundation established in September, 2000 by the Author of the Pay It Forward a novel, Chaterine Ryan Hide. I keep on searching and I found another interesting page payitforwardday and this one globalpayitforwardday.

April 28th is celebrated as Pay it Forward Day, even though this is not an International day like Jazz day, water day or earth day, it's more like valentine's day (February, 14), World's Penguin day (April 25th) and Right to Know Day (September 28th). Here is a snippet I took from globalpayitforwardday.
pifd_date_logo.png

Taking inspiration from author Catherine Ryan Hyde’s Pay It Forward movement, Blake Beattie started Pay It Forward Day in 2007 as a celebration of how one small act of kindness can make a big impact in the world. After beginning in Australia, the holiday now spreads love and happiness in over 85 countries. It may only lasts 24 hours, but we hope Pay It Forward Day inspires your community to #standforkindness all year long!
Source

What is Pay it Forward

If you have read an article about the Philosophy of PIF, it said that Pay it forward is an expression for describing the beneficiary of a good deed repaying it to others instead of to the original benefactor Lily Hardy Hammond have been coined that phrase in her 1916 book entittled The Garden of Delight. The concept is old, Benjamin Franklin was the one who rediscovered and described it in a letter to a historian dated April 25, 1784.
8 Years after Chaterine Ryan Hyde published her book, and a simple idea comes up from A message she wrote was together we can change the world - one good deed at a time in 2007, Blake Beattie was founded The PIFD in Australia. Absolutely, we can helps others not just in April 28, and I find it true, here in Steemit through the contest. Hey, if you want to join the contest, just read the rules payitforwardweek5.

The contest is open for everyone and anyone, all we have to do is write a single post about 3 other bloggers with a reputation score is 50 or below, then post in your blog and post your entry link on the comments section of the contest link that i mentioned above. there will be a bonus for the first time entry and for the fatured bloggers who also submit an entry. my @dipoabasch was featured in my entry last week, then he submited an entry too and 0.600 SBD is transfered to his account as the bonus!

I believe that one good deed to other people can be contagious like virus, as we plant a tree, it will grows and benefited others. so, my two other featured bloggers @el-nailul and @sangdiyus, why don't you try to grow your pay it forward tree too, try it if you have time, will you?
I doubted myself when I read the announcement of the contest, how can a plankton like me can help others? but @energyaddict22, @thedarkhorse and @lynncoyle1 injected me with abundance of energy in their posts and comments, I read over and over again to understand the rules. I missed out the week 3 contest just to encourage myself. once the week 4 contest has started, I spent 3 hours to make a single post..LOL. I recalling all my memories from the past, how grateful I am as a receiver of so many good deeds from others and my time have come now. Let's grow our Pay It Forward Trees in Steemit!

image

Sort:  

very nice post @cicisaja
salam sukses dari @bigbos99

Terima kasih

thank you,hopefully we can share with each other

You can try to join the contest... I can add you as one of my featured blogger if I found that your blog is interesting. Post something originally yours in bilingual mode, OK?

oke,maksudnya saya harus buat konten dengan dua bahasa berbeda gitu? baru kamu bisa resteem konten saya? maaf saya kurang paham,tolong jelaskan dari b.indonesia ,hehe

Iyap, bikin 2 bahasa dlm satu postingan yang asli dgn topik yg menarik. Bukan di resteem, tapi diulas disertakan dlm kontes melalui tulisan saya. Tapi kalau mau ikut kontes langsung juga bisa, dan postingan itu sebaiknya dlm bhs inggris, sebab kita belum dapat lisensi utk bikin kontes versi indonesia atau saya aja yg belum tahu krn cuma plankton juga

oalah siap, nntik kalau saya punya ide yang menarik,saya akan buat postingan dalam dua bahasa, terimakasij atas penjelasannya ;)

Emang tulisanku layak kak @cicisaja?, kalo diyus memang ku akui mantap dari segi panyajian dan isinya...kalo aku cuma bisa gitu2 aja...wakaka...tapi makasih banyak udah bantu publish

Buktinya.. Kita menang niyh... Hahahaha. Ayooo kee bisa lah, cuma review plankton bertulisan bagus tapi gak ada yg jadi vest atawa sbd. Pokoknya tolong aja.. Kee bisa sebab punya delegate sp, aku.. Sekali tekan nggak pun keluar sesen.. Makanya harus pake power orang. Aku dapat niyh pendapatan basis steemit, biar sikit tapi seumur steemit. Hahahaha... Tekejot awak.. Pasti menang gegara tulisan kee itu. Si @sangdiyus tu.. Malas kali tuleh bahasa inggreh dia. Padahal capable. Yg betol, ku dudok dekat dia, kutungguin.. Bentar dah siap.

Bingung aku, nggak ketahuan kalau dimention, Kak... Baru terbaca mention Kakak

Gpp, santai aja... Gak wajib kali cepat tanggap

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 58077.92
ETH 2457.08
USDT 1.00
SBD 2.37