Permainan favorit anak kecilsteemCreated with Sketch.

in #indonesia7 years ago (edited)

Kebanyakan orang sudah melupakan permainan yang satu ini, bahkan ada yang tidak mengetahui atau mengenal nama permainan tersebut. Pada zaman sekarang sudah sangat jarang ditemukan permainan seperti ini pada anak-anak kecil, sekarang mereka sudah mengandalkan permainan dari handphone yang sudah dikemas praktis, jadi anak-anak kecil tidak akan lagi keluar dari rumah dan bermain langsung di atas tanah.

Permainan khas anak-anak dari Aceh-Indonesia

Nama permainan ini disebut dengan kelereng, permainan ini salah satu permainan khas untuk anak kecil di daerah saya. Tetapi sekarang sudah hilang, hanya didaerah terpencil saja yang masih memainkan permainan ini.

The name of the game is called marbles, this game is one of the typical games for small children in my area. But now it is gone, only the remote areas are still playing this game.

Permainan ini saya temukan pada saat saya melakukan tugas saya, yang ditugaskan pada kampung-kampung terpencil yang berada di Aceh-Indonesia tepatnya di kota Lhokseumawe. Kesempatan manis bagi saya, karena saya sudah sangat jarang melihat anak-anak bermain seperti ini.

image

image

Melihat permainan ini, saya teringat pada saat saya masih kecil dulu, saya sangat menikmati permainan tersebut, bahkan saya lupa pada perut kosong. Kami juga pernah berkelahi karena permainan ini, ibu kami menyuruh untuk pulang ke rumah, bahkan saya mendapat pukulan yang keras darinya karena melanggar perintah ibu. Sungguh menjadi hal atau kenangan yang sulit dilupakan, bahkan sangat indah jika diingat.

image

image

Sangat disayangkan jika anak-anak kecil sekarang sudah melupakan permainan ini, karena permainan khas suatu suku atau negara patut dipertahankan. Tidak hanya negara Indonesia saja, saya pikir untuk negara lain juga mengalami hal yang serupa dengan negara Indonesia.

It is unfortunate if small children now have forgotten this game, because the typical game of a tribe or country should be maintained. Not only the state of Indonesia alone, I think for other countries also experience something similar to the state of Indonesia.

Semoga bermanfaat untuk SteeMians.

THANK YOU...

By: ®Barvon

Sort:  

Banyak kali trik n skil di permainan ini,salah satunya coktik,pelo,ovet ,itu yang saya ingat .dan masih banyak skil yang lain mungkin😀

Hahaha, sepertinya anda fans fanatik kelereng.. 😂

Teringat masa kecil..😄😄

Hahaha nyo keuh bang 😂😥

pu napakat lawan sige,,, ho ka @nayya24, @amri, @amriksr, @novale, @klen.civil dan ngen-ngen lain, sige keuneng sineuk SBD...

Hahahaha, jeut menyo na pakat. Ngat ta peugeot uruek Ju :D

Postingan yang menarik...
Jangan lupa follow dan vote

wah ada yang udah tua anak kecil nya rambut putih @barvon

Hahaha, bule dia keknya :D

Main kelereng, permainan ini membutuhkan ketrampilan dan kejelian pemainnya,dan ada unsur edukatif nya bahwa keberhasilan tidak instan tapi butuh latihan dan ketekunan, permainann ini juga harus sportif, jujur dan yang penting ada bola kelerengnya ya hehehe

Hahaha mantap!
Kapan kita tanding nih? Hahaha :D 😂

I love your post, thanks for sharing! I gave you a vote. I hope you enjoy it.

Thank you for your support @completelyanon , I am glad for the visit here.

Waaah... Terima Kasih sudah mengingatkan memori masa kecil yang indah. Permainan kelereng ini tempat kita setiap hari berkumpul bersama teman-teman. Bukan hanya di rumah tetapi pada saat sekolah pun kita tetap bermain kelereng ini. Kasihan sekali anak-anak masa sekarang yang tidak pernah bermain permainan ini. Tidak ada cerita buat anak cucu kita nanti. Alhamdulillah di desa saya masih ada yang bermain permainan ini, bahkan anak-anak perempuan pun ikut bermain.

Wow itu sangat bagus menurut saya, masih ada yang tertarik dengan permainan ini, pertahanan!
Dikampung saya sudah vakum dengan permainan ini.

Bukan hanya dipertahankan, tetapi diturunkan kepada anak cucu kita. Ini sudah menjadi tradisi yang

Mantap jiwa
Sering kalah dulu ya @barvon?

Hahaha Sangat sering!
Tpi kalo sekarang siap tempur :D hahah

Res teem bg

Terima kasih atas dukungannya @atta09

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 67685.37
ETH 3498.92
USDT 1.00
SBD 2.71