WASPADA PENIPUAN PEMBAYARAN MELALUI E-CASH

in #indonesia7 years ago

20170820_020221.jpg
(Gambar bukti transfer yang dikirimkan )

Baru - baru ini saya mendapat orderan barang yang saya iklankan di OLX. Pembeli tersebut memesan barang kepada saya seharga Rp.400.000. Ketika semuanya sudah sepakat lalu pembeli tersebut mengirum ke saya bukti transfer seperti gambar diatas, dan menyuruh saya untyk mencairkan dana tersebut di ATM Mandiri.Saya yang masih kurang mengerti tentang E-cash saya meminta cara mencairkan dana tersebut,dan pembeli mengirimkam panduan penarikan dana E-cash.

![IMG-20170815-WA0006.jpg]
()

(Gambar panduan penarikan dana ecash)

Tanpa rasa curiga apapun saya akhirnya pergi ke ATM mandiri sesuai dari panduan yang mereka kirim. Saya tekan sesuai intruksi panduan tersebut dan akhir proses saya terkejut ketika ada peringatan bahwa akan mengurang saldo saya, langsung saya tekan cancel.
Nampak dengan jelas jika kita perhatikan panduan tersebut merupakan panduan yang mereka buat sendiri. Lihat saja pada poin nomer 2 sengaja menyuryh kita memilih bahasa inggris padahal di Atm ada bahasa indonesia, mereka menyuruh memilih bahasa inggris karena banyak dari kita tidak mengerti bahasa inggris, jadi asal tekan sesuai intruksi mereka.

20170815_212020-612x816.jpg

(Gambar ini adalah tampilan pada mesin ATM)

Dari situ terlihat jelas bahwa saya akan top up saldo untuk rekening penipu tersebut. Akhirnya saya keluar dari mesin ATM tersebut dan saya memberitahukan kpd penipu tersebut bahwa uangnya tidak, dan kemudian penipu tersebut menelpon saya dengan nada mengancam dengan mengatakan saya telah menipu dia, memaki dan ingin melaporkan saya ke polisi, saya hanya tertawa saja 😂😂 dan akhirnya mereka block WA saya.

Selepas dari kejadian itu saya cara tahu tentang ecash di google. Alangkah terkejutnya saya. Ternya banyak orang yg telah tertipu dari ecash.
Dari google yang saya cari. Ecash itu adalah uang eletronik yang ada didalam hp kita yang bisa kita isi dari ATM yang disediakan oleh bank.salah satunya bank Mandiri.

Tips agar tidak tertipu dengan pembayaran Ecash.

  1. Jangan mengecek ke Atm. Karena jika saldo masuk akan ada pemberitahuan melalui sms.

  2. Abaikan jika ada orang yang melakukan pembayaran dengan ecash jika anda tidak pernah mendaftarkan ecash.

  3. Jangan panik jika mereka mengancam anda, itu adalah modus mereka.

Sekian yang dapat saya bagi kepada teman" semua tentang penipuan ecash, semoga kita tidak ada yang tertipu terutama untuk para penjual online 😊 terimakasih

@bangrabok

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 66394.28
ETH 3309.98
USDT 1.00
SBD 2.70