Make Criticism A Positive Reflection | Jadikan Kritikan Sebagai Cerminan yang Positif (Bilingual)

in #indonesia6 years ago (edited)

image

Hello Steemian

Ketika sedang dikritik oleh seseorang mungkin saja kita terlihat seperti terdiam dan tidak karuan, hanya menerima dengan tulus dan rasa rendah diri saja. Hal tersebut bukan berarti kita terlalu tidak peduli terhadap keadaan, hanya mengikuti alur saja dan sedikit mengabaikannya. Kita hanya menepis rumor-rumor yang tidak begitu penting supaya tidak menuai terjadinya kontroversi. Kita tidak ingin tersudut dan tidak ingin membuat orang lain terpojokkan, hanya sekedar ingin menikmati dan sekedar mencari ketenangan saja. Terkadang terlihat seperti sendiri didalam kerumunan, ya begitulah saat tidak banyak berbicara berarti saya punya keinginan untuk mendengarkan orang lain bicara. Uraian tersebut memiliki makna bahwa saya sedang memberikan kesempatan kepada orang lain untuk memberikan pendapatnya, anggap saja sebagai hal yang positif karena berbagi peluang dan ruang merupakan satu unsur membangun semangat teman-teman yang lain. Hari ini saya mencoba mendengarkan keluhan dan komentar yang dipaparkan oleh teman-teman yang punya keinginan untuk meluangkan waktu membaca serta memberikan saya masukan, sehingga mereka sempat meninggalkan jejak berupa komentar di dalam postingan saya. Setiap harinya saya sibuk membuat beberapa postingan sehingga saya melupakan sesuatu yang istimewa, ya terkadang banyak postingan saya yang tidak sesuai dengan perkembangan informasi saat ini. Bahkan jarang sekali saya membalas beberapa komentar yang mereka tulis pada postingan saya sebelumnya. Seakan saya mengabaikannya begitu saja, padahal saya hanya mengantisipasi adanya kata-kata yang kurang berkenan untuk disampaikan.

image

Saya begitu menyadarinya karena sangat terlihat jelas seperti mengabaikan semua itu, saya sendiri menyadarinya saat mengevaluasi ulang beberapa tulisan yang pernah saya bagikan. Saya paham, ternyata banyak sekali masukan positif, saran-saran dan dukungan yang terus menerus mendorong semangat saya dari berbagai kalangan. Memang terkadang beberapa wakti lalu saya tidak menyadari ini, padahal banyak sekali yang melirik walaupun tdak menaruh titik perhatian yang begitu antusias. Saya pikir, kita semua membutuhkan dukungan yang besar dan sedikit saja rasa peduli tersebut terealisasi maka akan menunjang motivasi lainnya. Kebanyakan dari kita jika menemukan yang bening maka sudah jelas tidak akan terlihat lagi yang buram, ini memang sudah realita yang sudah sangat sering terjadi sehingga tidak perlu kita perdebatkan lagi. Sebenarnya saya tidak berniat untuk mengabaikan semua ini, mungkin saja belum sempat saya layani dan mengevaluasi nya dengan baik. Saya akan terus berupaya untuk membenahi semua ini, kemudian mencoba untuk menyaring dan mempertimbangkan segala masukan dan saran-saran dari teman-teman sekalian. Dan saya berharap tidak terjadi dusta diantara kita, ini yang perlu kita pertimbangkan sesama pengguna akun Steemit.


DISCORD KOMUNITAS STEEMIT INDONESIA

image

The Youth Steemit :
@pojan
@ponpase
@bangmimi
@adilvakhri

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.032
BTC 64172.03
ETH 3144.93
USDT 1.00
SBD 3.85