#Part1 Belajar HTML - Saya ingin belajar Web

in #indonesia6 years ago (edited)


Sumber : Unsplash

Setelah postingan saya sebelumnya mengenai Aku ini Pencundang di komunitas utopian. Saya ingin belajar sesuatu untuk bisa berkontribusi di utopian. Pilihan saya hanya dua menguasai antara Graphicatau tutorial. Untuk kategori graphic, selain skill seperti Adobe Illustrator, Photoshop dan Corel Draw, kita harus mempunyai art(seni). Nah, di sini letak masalahnya. Saya tidak mempunyai art dalam mengambar. Saya tidak pinter mengambar. Saat SD, ketika disuruh mengambarkan pemandangan, pasti saya mengambarkan pemandangan biasa dengan dua gunung, di antara gunung ada matahari, di bawah gunung ada sawah dan tidak lupa sebuah rumah kayu dengan sebuah pohon kelapa disampingnya sehingga guru SD saya memberikan nilai yang rendah daripada hasil karya kawan saya hehee... .

So, saya cancel saja belajar graphic. Percuma saya menguasai skill dalam membuat gambar atau logo, jika tidak bisa saya tuangkan dalam bentuk gambar/logo yang indah, ya kan? LOL

Tutorial??? saya ingin belajar kategori ini karena kategori ini mungkin bisa saya pelari. Dulu saya pernah membuat tutorial namun hanya sebatas how to use/ cara menggunakan. Sekarang kategori tutorial lebih ke technical. Saya harus belajar bahasa pemograman seperti HTML, CSS, Phyton, Java, Javascript dan lain-lain. Ya, yang penting ada niat dulu walau harus bertahun-tahun butuh waktu untuk mempelajari bahasa pemograman itu. Saya tidak tahu butuh berapa lama untuk belajar coding, namun saya akan mempelajari sedikit demi sedikit mengingat saya punya pekerjaan utama di sekolah. Saya berharap dengan mempelajari codingdapat membantu saya di kemudian hari baik itu dalam mengedit 4 blog saya yaitu Warung Bahasa Inggris, Guru SMK, Harian Android dan HP DRIVER. Atau mungkin saya bisa mencoba membuat aplikasi di playstore :D dan tentu saja saya ingin dapat berkontribusi lagi di utopian.

Saya mulai belajar yang paling dasar yaitu HTML. Hyper Text Markup Language (HTML) adalah bahasa komputer yang paling dasar. Jika kita ingin belajar bahasa pemograman komputer, kita dapat memulainya dengan belajar HMTL. Kita dapat melihat hasil HTML kita di Web Browser. File HTML berextention dengan .htm atau .html. Sebuah dokumen HTML disusun dari elemen-elemen/ komponen dasar pembentuk HTML seperti head, body, table, paragraf, list.

Saya mempelajari HTML dari modul Belajar HTML yang saya unduh dari playstore. Hari ini, saya mempelajari Tag HTMLseperti head, tittle, body, heading, paragraph, Line Break dan Align

Berikut hasilnya:

<head>
<tittle>Belajar HTML</tittle>
</head>
<br>
<body>aku mau belajar html
<br>
<h1>Hari Pertama</h1>
<h2>Hari Kedua</h2>
<h3>Hari Ketiga</h3>
<h4>Hari Keempat</h4>
<h5>Hari Kelima</h5>
<h6>Hari Keenam</h6>
<br>
<p>
Aku ingin belajar HTML 1<br>
Aku ingin belajar HTML 2<br>
Aku ingin belajar HTML 3<br>
</p>
<p>
Aku ingin belajar HTML 4<br>
Aku ingin belajar HTML 5<br>
Aku ingin belajar HTML 6<br>
</p>
<p align="left">
Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1
</p>
<p align="center">
Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1
</p>
<p align="right">
Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1 Aku ingin belajar HTML 1
</p>
</body>

Ketika di buka dengan browser chrome:

Ini lah awal saya belajar HTML. Saya akan terus belajar dari sumber-sumber lain seperti youtube dan FreeCodeCamp. Saya juga akan bertanya kepada sahabat saya @iqbaladan, semoga saja dia mau mengajari saya ini :D

Yang penting semangat bek kendo

Sort:  

pembelajaran yang sangat bermanfaat

Sangat bermanfaat sekali @azwarrangkuti

Mari kita belajar bersama, mana tahu kedepannya bisa garap proyek barengan, salut untuk semangat untuk terus maju dan belajar, jangan kasih kendor dan kalau orang lain bisa, kita juga bisa, learn to code and rule the world.

Congratulations! This post has been upvoted from the communal account, @minnowsupport, by azwarrangkuti from the Minnow Support Project. It's a witness project run by aggroed, ausbitbank, teamsteem, theprophet0, someguy123, neoxian, followbtcnews, and netuoso. The goal is to help Steemit grow by supporting Minnows. Please find us at the Peace, Abundance, and Liberty Network (PALnet) Discord Channel. It's a completely public and open space to all members of the Steemit community who voluntarily choose to be there.

If you would like to delegate to the Minnow Support Project you can do so by clicking on the following links: 50SP, 100SP, 250SP, 500SP, 1000SP, 5000SP.
Be sure to leave at least 50SP undelegated on your account.

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.12
JST 0.027
BTC 64807.94
ETH 3507.27
USDT 1.00
SBD 2.37