#KisahNyonyaBelanda_Part1-2 | Steemian Horor, Gaib, Mistik Silahkan Baca!

in #indonesia6 years ago (edited)

Hai steemian, apakah kalian suka cerita horor, misteri, hantu atau apalah namanya itu semua. Kalau memang diantara steemian ada yang menyukai atau penasaran dengan isi postingan saya, silahkan terus membaca sampai selesai. Namun kalau memang isi postingan saya membuat steemian takut atau merinding, alangkah lebih baiknya silahkan ditutup saja postingan ini, ketimbang terjadi hal-hal yang tidak steemian inginkan.

"Resiko ditanggung penumpang (steemian)" ~ @fahrijoely

Awalnya timbul keinginan buat mulai menulis tentang cerita horor berasal dari pengalaman pribadi, teman, saudara dan keluarga, karena menurut saya bakal menarik buat dishare ke teman-teman steemian yang juga sesama penyuka cerita horor atau hal-hal gaib lainnya. Sehingga bagi steemian yang memiliki cerita horor atau gaib silahkan kita sharing bersama melalui tag #indonesia #ksi #story

Selanjutnya karena kesibukan saya diluar steemit, jadi mohon maaf sebelumnya jika setiap postingan akan saya bagi part - part atau untuk memudahkan pencarian melalui hastag (#Judul_Part) untuk setiap cerita horor yang akan saya posting di steemit sampai tamat.

  • PERINGATAN

Dimohon kerjasamanya bagi siapapun yang sudah tahu menahu tentang siapa tokoh aslinya dan lokasi di setiap cerita horor yang akan saya posting untuk tetap merahasiakannya. Dan bagi yang masih penasaran, saya mohon dengan sangat untuk penasaranlah dari segi ceritanya saja (tidak perlu mencari & menerka).

~ Ketahuilah apa yang akan anda ucapkan, dan jangan ucapkan semua yang anda ketahui. Ada baiknya sesuatu yang masih misteri dibiarkan untuk tetap menjadi misteri ~


PART 1

RUMAH TUA DI SUDUT KOTA BANDA ACEH


Ilustrasi : Rumah Belanda

Cerita ini berawal dari pengalaman salah satu keluarga dekat saya yang sudah lama menetap dan tinggal di kawasan sudut kota Banda Aceh (skip aja, ingat rules) sejak tahun 1960. Ketika saya pertama kali kesana, rumah itu masih bergaya zaman kolonial Belanda. Besar memang tapi rumahnya sudah sangat tua. Memiliki luas bangunan sekitar 400 M/segi dengan total luar tanah sekitar 900 M/segi.

Dihalaman depan rumah tersebut terdapat tanaman berbagai macam bunga dan dihalaman belakang ada kebun kecil untuk jenis perpohonan buah-buahan seperti mangga dan jambu. Kalau kita berada dibelakang rumah maka pemandangan gunung seulawah dan bukit barisan terlihat indah dan jelas. Intinya steemian pasti tau bagaimana model rumah zaman belanda dulu ala-ala kompeni.

Saya memang mengakui bahwa rumah tersebut memiliki nilai plus jika dilihat dari sisi seni dan sisi historisnya. Namun jika kita melihat dari sisi minusnya maka keangkeran akan sangat terlihat dari rumah yang ditinggali 5 orang manusia tersebut. Mungkin hanya orang "saket jiwa" (sakit jiwa) yang mengatakan bahwa rumah "belanda" itu tidak angker.

"Bek ta peugah rumoh tuha, rumah droe mantoeng yang baroe pih na ata nyan (Jangankan rumah tua, rumah kita sendiri saja yang baru pasti ada penghuninya)," ucap saya dalam batin.

Selain rumah tersebut, ada beberapa rumah "belanda" lain yang berada disekitaran rumah keluarga dekat saya. Dan menurut cerita yang berkembang pemilik salah satu rumah "belanda" disana, ada yang mati menggenaskan bersama seluruh keluarganya.

"Takue jieh putoh dikoeh lee ureung hana meusoe. Rumoh jieh dirampok. Inoeng ngoen aneuk inoeng almarhum diperkosa. aleuhnya diboeh lam bak ngoem (Lehernya putus ditebas oleh orang tak dikenal. Rumahnya dirampok. Istri dan anak perempuan Almarhum diperkosa, lalu dibuang ke semak-semak)," Kata Rahmad - bukan @rahmadalmishary ini ya (nama samaran salah satu keluarga saya) yang menemani saya berkeliling kawasan tersebut.

Menurut saya mungkin dia adalah korban saat terjadi konflik antara GAM-RI atau bisa saja memang menjadi korban perampokan yang membuat satu keluarga tersebut dibunuh secara sadis oleh orang-orang yang tidak punya hati nurani.(Mungkin dilain waktu saya akan coba menelusuri terkait kisah kematian tentang keluarga tersebut dan semoga diberi kesehatan buat saya selalu agar dapat menceritakannya)

~Kita terlahir dengan satu cara, namun kematian menjemput dengan berbagai cara~


PART 2

CERITA TENTANG MAKHLUK HALUS

Rumah tua itu ialah awal mula perkelanan Rahmad dengan dunia ghaib yang bisa dikatakan serba misterius dan tak kasat mata. Ada banyak sekali penampakan-penampakan yang terjadi selama dirinya tinggal puluhan tahun di rumah "Belanda" tersebut.

"That bangai lon, lon kira awak nyan ureung, padahai koen (bodoh kali saya ini, saya kita mereka itu orang, padahal bukan), " kata Rahmad, ketika mulai bercerita awal kisahnya dengan makhluk halus.

Bagaimana tidak, bagi Rahmad yang dapat melihat "mereka" terkadang hanya bisa pasrah dan lari atau sekedar melapor pada dua orang tuanya yang tidak dapat melihat mahkluk halus disana.

"macam-macam, na yang bliee, yang jeut poe, jeut gadoeh sampek yang ube raya badan jieh (macam-macam, ada yang melototin, yang bisa terbang, bisa menghilang sampai yang badannya tinggi besar", katanya.

Sepintas bagi anda yang memiliki kelebihan mata batin, maka tak perlu berlama-lama untuk dapat berkenalan dengan para penghuni rumah "Belanda" itu. Ada berbagai jenis dan bentuk makhluk halus dirumah itu. Mulai dari satu regu pasukan tentara jepang yang asik keluar masuk rumah tersebut, jin yang badannya tinggi besar, (ini jin memang agak seram, ga tau jenisnya apa. Yang pasti ini jin kalau dia mulai mendekat, maka hawanya jadi panas, gerah, dan bau seperti bangkai. Intinya kalau sudah melihat ini, sudahlah siap-siap puasa makan karena hilang selera). Lalu ada jin yang selalu membawa cambuk dengan ujungnya kepala manusia. (Belum jelas ini jin apa, karena secara fisik, kedua jin tersebut hampir sama). Memang kedua jin itu, memiliki energi yang sangat kuat. Jadi kalau anda yang lemah, kadang bisa sakit.

"Meunyoe dua jen nyan, cit na saja jieh. Kadang meuseu tanyoe leumoh, paleng that sereng saket, kadang na cit yang sampek muntah darah menyoe ka di mat lee awak nyan (Kalau dua jin itu, memang ada saja mereka. Kadang kalau kita lagi lemah, paling sering itu sakit, kadang ada juga yang sampai muntah darah kalau sudah dipegang sama mereka itu)," kata Rahmad.

Intinya banyak sekali penghuni rumah "Belanda" itu. Ada kuntilanak, penampakan Nenek Tua berpakaian jaman dulu sedang berjalan dengan cucunya dan yang paling menarik itu adalah Sosok Nyonya Belanda itu.

Jujur, bagi saya kisah tentang Nyonya Belanda ini sangat membuat saya penasaran diantara sekian banyak penghuni di rumah itu. Menurut Rahmad, hanya Nyonya Belanda yang tidak pernah menggangu dirinya. "Yang paleh nyan, kuntilanak. Watee lon ubiet cit sabee di ganggu lee kuntilanak. Padahai cuma gara-gara lon poet boh mamplam di hana seberapa. (Yang kesel atau usil itu, kuntilanak. Waktu saya kecil selalu diganggu sama kuntilanak. Padahal cuma gara-gara saya memetik buah mangga yang tidak seberapa)," kata Rahmad dengan raut wajah kesel, mengingat kejadian masa kecilnya.

Masih dalam ingatannya, dimana kuntilanak tanpa merasa bersalah telah membuat dirinya jatuh dari pohon mangga yang ada di halaman belakang rumahnya. "Cit dendam that lon keu jieh nah (Memang dendam sekali saya sama dia, kuntilanak)," lanjutnya.

Waktu Rahmad menceritakan kejadian yang menimpa dirinya, ibunya hanya bisa mengucap istigfar sambil menangis. "Mak, watee lon pot boh mamplam, na nyakwa baje puteh, oek panyang, muka broek, tulak lon sampek reut (Bu, waktu saya petik buah mangga, ada tante tua baju putih, rambut panjang, muka rusak (kusut), dorong saya sampai jatuh)," ungkapnya dengan mengingat bahwa sekilas wajah ayahnya merah seperti menahan kesel kepada kuntilanak yang selalu menganggu anaknya.

Memang awalnya, Rahmad selalu takut dengan kuntilanak, sangat seram wajahnya. Jadi setiap melihatnya, dirinya selalu ingin cepat-cepat masuk kedalam rumah dan tidak berani memandang wajah kuntilanak yang sebelah hitam dan sebelah lagi putih pucat atau berubah menjadi hitam semua dan terkadang berubah menjadi putih pucat semua.

"Trep-trep palak cit teuh keu nyakwa nyan. Asai ta kalon, cit ka dibalah kalon. Leuhoe-leuhoe pih jadeh. Sampek haek u pike lee, akhe jieh lon jak bak mamplam sidroe lom. Meunyoe di blie lon, u balah blie. Pokok jieh, kiban cara hana yoe lee keu nyakwa nyan,"

"(Lama-lama kesel juga kita lihat kuntilanak itu. Asalkan kita sudah lihat dia, memang selalu dibalas lihat. Bahkan siang bolong pun jadi. Sampai akhirnya tak sanggup lagi lihat, akhirnya saya putuskan untuk pergi ke pohon mangga itu sendiri. Kalau memang dia melototin saya, maka akan saya balas pelototin)," ceritanya.

Seperti diketahui, insting kuntilanak memang sangat kuat. Baru saja niat kita akan memanjat ke pohon mangga itu, maka kuntilanak akan mencoba datang duluan dibanding kita.

"Watee ka sering jeut meukalon, lon akhe jieh geujoek do'a lee chik. (Ketika sudah sering dapat melihat, saya akhirnya diberikan do'a sama kakek," kata Rahmad.

Menurut Rahmad, do'a yang berikan kakeknya memang membantu dirinya sampai sekarang ini untuk melindunginya dari berbagai makhluk halus yang selalu menganggunya. Meskipun dirinya sudah mendapatkan ilmu ghaib yang dapat melihat berbagai jenis makhluk halus, namun dirinya tetaplah tidak boleh sombong. "Nyan ata geujok lee poe teuh, jadi bek sombong. (Ilmu itu merupakan pemberian dari yang Diatas, jadi tidak boleh sombong),"

Ketika saya melihat bahwa kuntilanak itu terbuat dari api, jadi kalau kita ingin mengusirnya dari tempat tinggalnya seperti pohon atau bangunan, maka bakarlah dan dibarengi dengan do'a-do'a yang baik yang sesuai.

~ Ternyata yang perlu kita ketahui, bahwa ada yang lebih halus dan luput dari penglihatan mata kita semua, yang lebih setia menjaga dan melindungi kita dari segala marabahaya. Yaitu Allah SWT. ~

To be continue

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 64403.69
ETH 3463.55
USDT 1.00
SBD 2.50