Mengembalikan Akun Saya Yang Di Hack dan di Flag

in #indonesia6 years ago (edited)

Salam Steemit

Terbebas Dari Belenggu Flag

Pengalaman yang tidak bisa saya lupakan dengan steemit, bagaimana tidak dengan susah payah “berjuang” mengumpulkan nilai payout dari postingan agar bisa menambah steem, steem power serta steem dollar yang berujung pada menigkatnya reputasi akun saya @arifuddinaba. Tiba-tiba akun saya di retas/hack sehingga sebagian nilai dari postingan saya hilang dan reputasi yang sudah menanjak 42 menjadi 0. Untung saja masih bisa dikembalikan dengan bantuan teman-teman steemian yang prihatin dengan kasus yang menimpa akun saya. Kurator Indonesia @levycore, sahabat saya @binjeeclick yang selalu saya hubungi. @saifuddin73 @ridwant @jamilfian @nasrud @alfinnaja @yogaunimal @ismuel. Mereka tidak segan-segan menjelaskan dan membantu saya dalam menghadapi masalah yang menimpa akun saya.

1.jpg

Awal mula akun saya di retas

Tidak tahu persis bagaimana kejadian awalnya sehingga akun steemit saya @arifuddinaba diblokir, diflag sehingga reputasi 42 menjadi 0. Hanya yang saya ingat salah satu akun sahabat lama saya yang juga steemian @jhoni membalas komentar akun saya pada postingannya dengan menyebut / mention akun saya sehingga saya baru tau bahwa komentar tersebut bukan komentar saya.

2.jpg

Merasa tidak melakukan komentar tersebut, saya mencoba menghubungi teman-teman steemian lainnya. Saat itulah saya baru sadar bahwa akun saya @arifuddinaba telah di hack/diretas oleh peretas/hackers. Entah apa kelebihan akun saya, dengan reputasi 42, steem nol koma (0.00) dan steem dollar 1.200. Apakah nama akun saya yang menarik atau photo dp saya yang ganteng. He..he..he.. sehingga dia (hacker) memilih akun saya. Apapun alasannya saya memprediksikan bahwa saya pernah melakukan kesalahan pada akun saya. Entah itu melakukan login-login dengan master key atau pernah klick salah satu link yang berbahaya sehingga akun saya bisa di retas. Mendapat masukan dari @binjeeclick agar mengedit komentar saya di akun tersebut dan saya melakukannya.

3.png

Tidak sampai disitu saja, pada tanggal 17 April 2017 saya tulis satu postingan. Postingan tersebut mendapat upvote dari @levycore @ridwant @sadramunawar dan steemian lainnya. Tiba – tiba masuk @bullionstackers dengan melakukan unvote dia juga mengajak @levycore untuk melakukan hal yang sama. Lebih parah lagi hampir semua postingan saya di downvote oleh @bullionstackers dan @dragonpower.

4.jpg

Reputasi 42 anjlok menjadi 0

Hampir setiap hari saya terus berdiskusi dengan teman-teman steemian mencari jalan keluar agar akun saya terbebas dari belenggu downvote atau flag dari team @steemcleaners karena akun saya sudah dianggap sebagai hacker atau apapun namanya.
Mendapat komentar pada salah satu postingan saya yang tidak di downvote/flag oleh @guiltyparties disarankan untuk mengedit komentar serta merobah kata sandi (password) utama akun saya. Tanpa pikir panjang saya melakukan apa yang diperintahkan oleh @guiltyparties.

5.jpg

Setelah mengedit dan merobah password utama akun saya. Sungguh sangat terkejut sekali, terasa tidak percaya apa yang saya dapatkan. Bagaimana tidak reputasi 42 menjadi 0, Perasaan marah, kecewa, menyesal bercampur. Dengan perjuangan panjang mulai join steemit pada Juli 2017 tiba-tiba anjlok menjadi 0.

6.jpg

7.jpg

Mengembalikan Akun Saya

Pada tanggal 21 April 2018 saya berdiskusi dengan @levycore yang ditemani oleh @abduhawab @saifuddin73 serta teman-teman steemian lainnya untuk mencari jalan keluar agar akun saya bisa nomal kembali. Kemudian @levycore menyarankan untuk bergabung dengan discord Steemcleaners, setelah saya join langsung saya masuk ke menu appeals untuk melakukan chating dengan admin steemcleaners yaitu @pjau.

8.jpg

Setelah mendapat perintah edit semua komentar, saya baru sadar bahwa sudah 6 hari akun saya melakukan komentar-komentar terhadap postingan akun lain dengan jumlah komentar yang harus saya edit sebanyak lebih kurang 60-70 komentar. “Untung saja baru 6 hari kalau sudah sampai 7 hari sudah tidak bisa diedit lagi dan akun @arifuddinaba selamanya tidak bisa dipulihkan lagi kata @levycore.”

9.jpg

10.jpg

Satu persatu saya melakukan editing komentar dari postingan orang lain. Serasa bagaikan dipelonco saat itu. Tapi tetap harus saya lakukan untuk mengembalikan akun saya.

11.jpg

12.jpg

Sesekali @saifuddin73 menghitung sudah berapa banyak yang sudah teredit dan yang masih harus saya edit. Bahkan dia menawarkan jasanya untuk membantau saya mengedit semua komentar yang tersisa

13.jpg

Mulai pukul 10.00 sampai pukul 00.30 dini hari semua komentar selesai saya edit. Itu baru selesai tahap pertama. Selanjutnya saya kembali ke Discord Steemcleaners untuk melaporkan bahwa pekerjaan saya sudah selesai.

14.jpg

Beberapa saat kemudian setelah mendapat balasan chatting dengan @pjau nilai reputasi akun saya kembali normal menjadi (42).

15.jpg

Dikembalikan nilai reputasi tidak dengan serta merta dikembalikan nilai payout postingan dan melepaskan flag pada sebagian postingan dan komentar di akun saya. Selanjutnya saya memberitahukan @bullionstackers dengan balasan komentar

16.jpg

Alhamdulillah akhirnya akun saya @arifuddinaba kembali normal setelah di retas/hack, di Flag karena dianggap telah melakukan pishing. Terimakasih kepada @levycore, @binjeeclick, @saifuddin73 @abduhawab dan steemiat lainnya yang peduli terhadap kasus yang menimpa saya.

Kepada @guiltyparties @steemcleaners @bullionstackers @dragonpower @pjau @anyx @pfunk @logic @arcange yang telah mengingatkan saya dan mengembalikan dan memulihkan akun saya @arifuddinaba. Ini menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi saya dan steemian lainnya.
Tidak ada perjuangan yang mulus Setidaknya kendala aral melintang sudah pasti ada. Tinggal bagaimana kita menghadapi masalah tersebut. Apakah dengan frontal atau dengan bijaksana dan kesabaran.

Saran buat steemian

Setelah apa yang menimpa akun saya, saya ingin berpesan kepada semua steemin.
• Jangan pernah memberikan password akun steemit anda kepada siapapun
• Jangan login dengan pasword utama, usahakan login dengan porting key atau yang lain
• Jangan pernah buka link yang tidak anda ketahui, dan
• Simpan pasword anda secara offline (pesan @levycore)

Ini saya @arifuddinaba yang sebenarnya

IMG_20761.jpg

IMG20180422132508.jpg

IMG20180422132600.jpg

Salam
@arifuddinaba

Sort:  

Akhirnya reputasi kembali lagi ya bang @arifuddinaba

Ya. Makasih atas bantuannya..

Welcome back! Tetap semangat.....

Nyo ka semangat lom..

Mantap guree dan selamat, pelajaran berharga termasuk keu lon

Makasih.. Semoga jeut keu Hikmah dari kejadiannyo. Kehati2an sangat penting.

Selamat bang @arifuddinaba, akhirnya reputasi kembali. Good job 👍

Terimakasih. Usaha dan kerja keras membuahkan hasil. Berkah dari bentuan teman-teman semua.

Sadra baru tau bang, 😀
Karena abng terllau ganteng itu hahaha

By the way, selamat bang, karena sudah di kembalikan nyawa steemitnya 😀

Tulah @sadramunawar kita kelimpungan masak gak mau tau...he..he.. Tp alhamdulillah sdh normal kembali

Selamat bergabung kembali, semoga kita lebih hati2 dlm berjalan di steemit.

Semoga saja..

Loading...

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 66293.76
ETH 3282.25
USDT 1.00
SBD 2.70