Bangga Berbahasa Indonesia

in #indonesia6 years ago (edited)

url.jpg

Source

Seperti yang aku tulis sebelumnya, bahwa bahasa adalah sebuah identitas. Maka oleh sebab itu, sebagai Orang Indonesia hendaknya kita bangga berbahasa Indonesia, bahasa pemersatu kita yang terdiri dari banyak suku. Mengapa harus malu mengutamakan Bahasa Indonesia? Setiap bahasa itu memiliki nilai yang sama, kok. Enggak ada itu bahasa A lebih keren dari pada bahasa B. 

Saya lihat beberapa teman ingin tulisannya "go international", itu sangat bagus. Tapi beberapa menggunakan cara yang salah dikarenakan memaksakan menomorsatukan Bahasa Inggris daripada Bahasa Indonesia. Aku katakan memaksakan disini sebab jatuhnya menggunakan atau memilih kata Bahasa Inggris yang kurang tepat. “Loh, tapi kan belajar ya boleh lah”. Oh jelas boleh. Tapi diposisikan sebagai bahasa kedua, bahasa pembantu, atau translation. Bukan sebagai bahasa utama yang kemudian diartikan ke dalam Bahasa Indonesia di bawahnya. Sebab jika kita meletakkan Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua, pembaca akan maklum jika masih terdapat kesalahan. Ya namanya juga proses belajar.

Saya menyarankan bagi teman-teman yang menggunakan Google dalam men-translate tulisannya, sebaiknya Bahasa Inggris diletakkan di bawah saja lalu fokus ke dalam konten yang ingin kalian sampaikan. Sebab bahasa bukan soal keren-kerenan, tapi bahasa adalah tentang menyampaikan sesuatu. Tulisan kalian akan menjadi bagus jika pesannya sampai kepada pembaca, bukan soal menggunakan bahasa apa. Maka dengan ini aku mengajak teman-teman semua untuk mulai bangga menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa utama di dalam setiap tulisan kita.

Ya sudah, demikian saja untuk kali ini. Dan kali ini juga tidak ada bilingual sebab tulisan ini sangat dikhususkan bagi teman-teman saya sebangsa dan setanah air. Saya sebagai sarjana pendidikan Bahasa Inggris pun dengan sangat bangga menggunakan Bahasa Indonesia baru kemudian Bahasa Inggris. Sebab Bahasa Indonesia adalah identitas saya sebagai Bangsa Indonesia. Terima kasih dan terima kritik.

Kami poetra-poetri Indonesia,
mendjoendjoeng bahasa persatoean,
bahasa Indonesia.

Sort:  

Waw. Saya kagum dengan tulisan kali ini bg @ariefdermawan. Tulisan ini sangat membuka pola fikir kita sebagai pemuda dan pemudi Indonesia untuk bangga akan bahasa sendiri . Untuk lebih menomor satukan bahasa Negara sendiri. Dengan tulisan ini juga mengingatkan saya kembali ke pelajaran yg menumbuhkan jiwa nasionalisme pada masa sekolah. Haha. Sumpah pemuda tepatnya. Luar biasa bg... Semoga kedepan mengantarkan tulisan yang semakin luar biasa yg dapat membuka pola fikir dan memberikan motivasi . Sukses selalu bg.

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 60833.36
ETH 3370.32
USDT 1.00
SBD 2.49