Surat Dari Masa Depan!

in #indonesia6 years ago (edited)

image
Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional (CC BY-NC-ND 4.0))

Intro : Gump dan Diri Sendiri


"Katakan, Forrest, sebenarnya kamu ingin jadi apa?"

"Aku? Bukankah aku seharusnya menjadi diriku?"

Forrest Gump [Paramount Pictures, 1994]

Fair Use || Source and licence read here.

Ah, ya! Kutipan percakapan di atas berasal dari filem Forrest Gump yang menempatkan Tom Hanks sebagai pemeran utama. Sebuah drama yang sangat sukses dan pasti menjadi salah satu karya sinema yang tidak bisa dilupakan oleh penikmat filem yang pernah melihatnya. Tetapi di sini kita tidak akan membicarakan tentang betapa bagusnya skrip cerita filem tersebut atau betapa briliannya akting Mr. Hanks.

Ada Surat Untukmu!


Mari bahas filem You've Got Mail. Ya, You've Got Mail, filem rilisan Warner Bros. tahun 1998, apakah dikau pernah menontonnya? Peminat drama romantis pasti akan menemukan ini sebagai filem 'sederhana' yang lumayan menghibur. Bagi yang belum pernah menonton, berikut saya sarikan plotnya:

Nona Kathleen Kelly (diperankan oleh Meg Ryan) adalah pewaris toko buku The Shop Around The Corner dari ibunya di Kota New York. Toko buku tersebut sudah sekian lama ada di kota itu sehingga sudah menyerupai sebuah ikon kota. Suatu hari, sebuah waralaba buku raksasa yang sedang berkembang, Fox Books, di bawah pimpinan Joe Fox (diperankan oleh Tom Hanks) sedang dalam upaya melakukan ekspansi usaha. Kathleen merasa terancam, dia bisa saja kehilangan warisannya tersebut. Meskipun dia mendapat sokongan dari teman-temannya untuk mempertahankan 'ikon Kota', tetapi keadaan memang tidak berpihak padanya.

Pada saat yang hampir bersamaan, Kathleen menghadapi akhir dari hubungannya dengan seorang penulis surat kabar berpaham kiri, berkenalan dengan seseorang di internet melalui fitur electronic mail (email) yang dibangun oleh America OnLine (AoL). Berbekal username "shopinggirl", dia menjalin komunikasi dengan user "NY152" yang dikenalnya melalui sebuah chat room. Tidak susah ditebak, bahwa user NY152 adalah Joe Fox.

Kenapa filem ini menarik bagi saya? Hal yang paling utama bahwa filem ini seperti menjadi pembawa informasi awal tentang datangnya generasi teknologi baru telekomunikasi. Sisi romantisme di dalam filem mungkin meninggalkan kesan yang mendalam bagi saya ketika kali pertama melihat filem ini bertahun-tahun lalu, tetapi saat ini saya lebih tertarik kepada bagaimana skrip dibuat dengan memasukkan unsur teknologi terbaru saat itu. "Sebuah fajar bagi pola komunikasi baru yang akan memangkas banyak waktu dan menghapus sekat-sekat akan segera hadir di dalam kenyataan kita", kira-kira begitu yang dapat disimpulkan.

Saya Dan Teknologi Komunikasi : Sebuah Catatan Ingatan


Saya terpapar kepada teknologi komputasi sejak akhir pertigaan ke dua dekade 90an, ketika saya mengambil paket kursus Microsoft Office dasar (MS. Words, MS. Excel, MS. Power Point). Tetapi ketertarikanku kepada teknologi sudah memiliki sejarah yang lebih lama dari itu. Saya suka melihat segment-segment teknologi di TVRI seperti acara saduran yang didub ke dalam bahasa Indonesia bertajuk Beyond Tomorrow dan yang sejenisnya. Seingatku, Beyond Tomorrow yang tayang sekitar akhir 80an atau awal 90an itu menginformasikan pencapaian terbaru sains dan apa yang bisa dicapai di masa depan. Itu semacam acara ramalan yang saintifik. Saya tidak ingat lagi satu pun dari 'ramalan-ramalan ilmiah' tersebut atau apakah ada di antaranya yang sudah wujud atau tidak, tetapi itu tidak penting, intinya adalah bahwa dunia bergerak.

Persinggungan pertamaku dengan teknologi komunikasi berbasis internet terjadi pada awal 2000an lewat aplikasi mIRC (Microsoft Internet Relay Chat), di mana saya merasa sudah tidak menemukan lagi sekat geografis sebagai hambatan untuk berkomunikasi secara real time dengan orang-orang di tempat-tempat yang jauh. Semakin menarik ketika aplikasi mIRC itu dilengkapi dengan kemampuan mengirim file. Selanjutnya seingatku, teknologi komunikasi berkembang pesat dan cepat; berbagai aplikasi bermunculan (Yahoo Messenger, Google Talk, dst); perangkat-perangkat genggam juga mulai mendukung penggunaan aplikasi-aplikasi komunikasi berbasis web; dunia merangkai kata-kata baru : "media sosial", "dunia maya", "netizen" dan sebagainya. Hari ini, hampir bisa disebutkan dengan keyakinan yang mantap bahwa 'dunia maya' adalah lebih sibuk dan bising daripada 'dunia non-maya'.

Lalu Apa?


Dengan kecanggihan yang kita nikmati saat ini, apakah semua pencapaian teknologi komunikasi berakhir di sini? Saya pribadi tidak percaya itu. Selama masih ada 'penghayal', dunia akan terus berputar, kecuali kiamat datang pada suatu hari, esok atau lusa. Mungkin saya tidak akan menyaksikannya terjadi di dalam kehidupanku, tetapi saya percaya teknologi hologram sebagaimana diperlihatkan di dalam filem Kingsman: The Secret Service (20th Century Fox, 2014) dan sequelnya Kingsman : The Golden Circle (20th Century Fox, 2017), dan banyak lagi filem fiksi ilmiah bikinan Hollywood, suatu saat akan menjadi nyata dan tersedia untuk dipakai publik, bahkan mungkin lebih cepat datangnya dari yang bisa kita perkirakan.

"Lalu apa hubungannya dengan Gump dan kemustian untuk menjadi diri sendiri?" Tanyamu, merujuk pada pembuka tulisan ini. Oh, tidak ada yang terlalu serius dengan itu, selain jadilah dirimu sendiri. 😀

Terimakasih


Sekian dan terimakasih telah singgah.

1528981265-picsay.jpg
Sumber gambar klik di sini.


Tulisan ini belum "mati", jadi, jangan sungkan mengomentari (membantah, mengkritik, menambah info, mempertanyakan, dan sebagainya). Dan saya TIDAK ANTI KOMENTAR PANJANG, ukuran bagi saya bukan hal utama, namun isinya lah yang penting. Tetapi jika itu layak dijadikan artikel, saran saya buat saja itu sebagai artikel Anda dan lekatkan tautannya di bilah komentar dan / atau mention saya di artikel tersebut (perhatikan untuk menulis nick dengan benar), ini tentu membawa manfaat lain kepada Anda pada gilirannya. Segala masukan akan menjadi pelajaran berharga bagi saya dan saya harap mampu menambah isi kepada cangkir saya.

The City of NeoXian
Slot Kosong.

situs web | Server Discord

From Indonesia With L💜VE


@aneukpineung78 | Telegram Saya

Sort:  

Teknologi visual hologram sangat mungkin untuk terwujud. Saat ini kita baru menikmati versi sederhana dalam bentuk video call. Sedangkan hologram, bila kita tarik benang merah merupakan teknologi lanjutan dari video call.
Hanya butuh media perantara untuk mewujudkan hologram. Sifatnya hampir mirip paduan antara perangkat video call dan proyektor (infocus).
Ntah ini cuma hayalan saya @aneukpineung78, tapi saya yang lahir pada tahun 1978 sudah menyaksikan pelbagai perubahan teknologi secara signifikan.

Ya bang. Inovasi terus datang dalam bidang sains.

Baiklah, saya call Nobita dewasa dulu. Apa dia masih berkirim surat. :-D

Meskipun sekarang sudah canggih, bisa komunikasi realtime via hape dengan menggunakan berbagai fiturr, tetap saja kantor pos masih menjalankan bisnis surat-suratan. Hehe. Kayanya Nobita surat-suratannya via Kantor Pos di Prefektur yg dekat ke Hokaido. Hehe.

Buahahahahahahahakkkk...kayaknya sih iyaa,, sizuka kan suka sama yang romantis jadul...
gimana kabar Jayko? masih berhubungan sama Uda? :-D

Dia gagal mulu memdaftar ke Steemit padahal sudah berkali-kali dibantu sama mas @anomt. 😊😮😧

Congratulations! This post has been upvoted from the communal account, @minnowsupport, by aneukpineung78 from the Minnow Support Project. It's a witness project run by aggroed, ausbitbank, teamsteem, theprophet0, someguy123, neoxian, followbtcnews, and netuoso. The goal is to help Steemit grow by supporting Minnows. Please find us at the Peace, Abundance, and Liberty Network (PALnet) Discord Channel. It's a completely public and open space to all members of the Steemit community who voluntarily choose to be there.

If you would like to delegate to the Minnow Support Project you can do so by clicking on the following links: 50SP, 100SP, 250SP, 500SP, 1000SP, 5000SP.
Be sure to leave at least 50SP undelegated on your account.

Coin Marketplace

STEEM 0.36
TRX 0.12
JST 0.040
BTC 70446.49
ETH 3571.68
USDT 1.00
SBD 4.73