Manusiakan Manusia, Bisa?

in #indonesia6 years ago


Sumber

"Si Tou Timou Tumou Tou”

Begitulah falsafah hidup orang Manado, artinya manusia hidup untuk menghidupkan orang lain.

Falsafah ini selalu saya dengar dari bang @zulfanmonika dan kak @tisnando

Awalnya, saya tak terlalu ngeh bagaimanakah sebuah kehidupan yang begitu saling terkait antara satu dengan lainnya. Kita memang makhluk sosial. Tak bisa dipisahkan antara individu satu dengan individu lainnya.

Di saat ayah kritis di hari jumat lalu, tak terbayang kepanikan yang melanda saya. Melihat bagaimana lambatnya rs tempat awal saya membawa ayah yg tak lagi sadar. Siapa yang tak geram. Siapa yang tak ingin orang tua kita ditangani sesegera mungkin?

Di RS rujukan, lain lagi ceritanya. Pasien yang sudah tak sadar sedari sore dengan kondisi cukup kritis "terpaksa" dibiarkan begitu saja dalam ruang IGD yg kebetulan malam itu tak ubahnya "pasar". Masalahnya, pasien harus dioperasi namun ruang operasi full sampai jam 4 pagi.

Sudahlah, tak usah tanya bagaimana malam berlalu. Orang patah hati karena ditinggal pacar yg udah jalan 5 tahun kalah. Sakit hatinya bisa mengalahkan roman picisan manapun dalam novel.

Namun, inilah hidup! Seperti falsafah orang Manado,hiduplah untuk menghidupkan orang lain.

Egois tak akan menyelesaikan masalah. Dokter, perawat dan tenaga administrasi juga manusia. Prosedur tetap harus mereka jalani. Kita juga manusia, sebagai pasien yang berharap pada paramedic. Akan tetapi, sejak kapan emosi meledak2 akan menyelesaikan masalah?

Jika saya memaksa, mungkin semuanya akan berantakan. Yang harusnya lebih dulu kritis dan lebih dulu masuk ruang operasi malah tergeser karena egoisan saya, apa jadinya?

Jika saya memaksa lalu sang paramedic kesulitan membantu terlebih lagi kondisi igd begitu ramai. Alih alih orang tua akan selamat, adanya hanya membuat pasien lainnya celaka.

Entahlah, mungkin, inilah maksud dari
"Si Tou Timou Tumou Tou”

Manusia hidup untuk menghidupkan orang lain.

&&&

Catatan hari ke 7 tidur ngemper di depan pintu ICU

Sort:  

kee bikin versi bahsa inggreih napa? palak kali aku ngga bisa angkat tulisan kee ke kontes PIF!! kek mana keadaan bapak sekarang yud? Semoga segera pulih yaa, beu rayeuk saba.. ureung saba luah lampoih

amieen..
Hiks.. aku g bisa bahasa inggris kak.. makanya ku tules indo..

Kee pake GT..tapi edit lagi

Ok kak.. ini nulis di RS.. insya Allah kedepannya aku translate kak

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.034
BTC 64058.80
ETH 3150.15
USDT 1.00
SBD 3.99