syeihk fansuri 11;8

in #indonesia6 years ago

Hi kawan-kawan steemit yang saya cintai selalu, berjumpa lagi dengan saya pada kesempatam kali ini saya akan sedikit membahas tentang Syeikh fansuri ke hegel, yang saya baca dan kemudian saya mencoba untuk memahami lalu saya tulis menjadi sebuah tulisan, saya masih membaca buku yang sama sebuah karya dari Bapak Kamaruzzaman Bustamam-Ahmad P.h,d yang berjudul acehnologi, di bab yang lalu saya sedikit menyebut tentang syeihk fansuri dan sekarang di Bab yang ke 8 ini saya akan sedikit melanjutkannya.
makalah hamzah fansuri.jpg
Syeih fansuri adalah seorang pemikir tentang sebuah studi yang berkaitan dengan spritual, beliau sangat terkenal di wilayah asia tenggara dikala itu, dan begitu pula hegel adalah seorang pemikir tentang spiritual meski begitu pemikiran mereka dua begitu berbeda kalau hegel berpikir lebih ke tentang filsafat, sedangkan syeihk fansuri lebih memikirkan tentang tasauf, meski kedua orang ini tidak pernah bertemu namun kedua pemikir ini sangat berkontribusi dalam peradabannya di masing-masing wilayah.
Meski begitu pemikiran dari syeih fansuri tidak begitu banyak diterima oleh masyarakat, karena syeih fansuri lebih memperkenalkan tentang wahdat al-wujud, sedangkan hegel lebih diterima pemikirannya karena sangat mudah untuk di pahami dengan akal sehat saja.
Awalnya studi tentang syeih fansuri dan hegel dijumpai ketika membaca sebuah kajian tentang mistisme syeihk hamzah fansuri dan charles taylor tentang hegel.dalam kajian ini bukan untuk memebedakan pemikiran hamzah dan hegel melainkan untuk mencari inti pemikiran dari keduanya.
Meski gagasan syeihk fansuri tidak berpengaruh seperti pemikiran hegel, namun bukan berarti pemikiran hamzah tidak banyak, melainkan sebaliknya sangat banyak wilayah yang berpengaruh terhadap pemikiran hamzah, nmun pengaruh hegel juga tidak dapat di pungkiri bahwa pemikiran intelektualnya sangat berpengaruh hampir di seluruh eropa.
Dalam kajian ini mukin ini hanya sebuah pembukaan atau pengantar tentang memahami pemikiran dari syeih fansuri dan hegel, tentu saja sangat banyak yang masih harus diteliti lagi untuk bisa lebih mengetahui tentang pemikiran-pemikiran mereka berdua. Mukin dalam tulisan saya kali ini hanya ini yang sedikit dapat saya bahas tentunya masih banyak lagi terkait tentang syeihk fansuri dan hegel yang belum lengkap saya tulis, dan saya juga minta maaf kalau ada kesalahan dalam memahami yang saya baca dan saya tulis ini, terimaksih juga telah membaca tulisan saya, wassalam.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 64573.45
ETH 3441.06
USDT 1.00
SBD 2.51