orang aceh naik haji dijaman dulu 11;34

in #indonesia6 years ago

Hi kawan-kawan steemit semua berjumpa lagi dengan saya, pada kesempatan kali ini saya akan kembali sedikit menyimpulkan bagaimana, Jak u Arab atau cara orang aceh naik haji. Yang saya baca dari buku aceh nologi volume4, sebuah karya dari bapak kamaruzzaman bustmam-ahmad p.h,d
Di dalam buku aceh nologi yang saya baca ini dari bab lanjutan yaitu bab 34 yang membahas tentang cara orang aceh naik haji, dikalangan masyarakat aceh naik haji merupakan hal yang paling utama di dalam masyarakat aceh meski jauh hal ini yang paling diminati oleh orang aceh mengingat aceh merupakan wilayah yang lebih dominan dengan umat muslim ,selain itu naik haji merupan rukun islam yang kelima bagi umat islam, dan adapun kebiasaaan orang aceh bagi mereka yang sudah pernah naik haji dikenal dengan istilah teungku haji cut hajjah. Bahkan orang aceh dijaman dulu naik haji dengan banyak mengeluarkan uang dan tenaga mereka bagaimana tidak mereka harus menempuh perjalan berminggu dengan menggunakan kapal laut.dan uang yang ditabung pun membutuhkan waktu yang sangat lama, mereka harus menabung emas ataupun memelihara ternak untuk dijual. Bahkan kehebatan orang aceh dijaman dulu mampu mewakafkan tanah di arab dan hasilnya sampai sekarang masih bisa dinikmati oleh bangsa aceh yang menunaikan haji. Bahkan kekuatan islam yang dimiliki oleh aceh mampu membuat belanda kalah dan mengakui kegilaaan yang dimiliki oleh orang aceh.
haji.jpg
Dimasa yang sekarang ini sangat mudah untuk menunaikan ibadah haji karena transportasi nya yang sudah sangat cepat, sudah seharusnya kita mensyukuri itu semua, mukin hanya ini yang dapat saya simpulkan kalau ada kesalahn saya minta maaf wassalam.

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.13
JST 0.027
BTC 59538.61
ETH 2658.79
USDT 1.00
SBD 2.45