insan kamil 11;6

in #indonesia6 years ago

Hi kawan-kawan steemit yang tidak bosan nya membaca tulisan saya, berjumpa lagi dengan saya yang sedikit akan membahas tentang Insan Kamil yang saya baca dari buku acehnologi volume 1 Bab ke-6, saya akan sedikit menulis apa yang saya pahami dari apa yang saya baca ini,dan semoga bisa menjadi ilmu bagi kita.
Perdebatan yang terjadi di kalangan para ulama membuat penulis dari buku acehnologi Bapak Kamaruzzaman Bustamam-Ahmad P.H.D tertarik untuk sedikit mengkaji tentang Insan kamil, beliau mulai tertarik ketika beliau belajar tentang pemikiran islam di program pasca sarjana uin ar-raniry. Ada tiga topik besar yang jadi pembahasan yaitu proses kebersatuan manusia dengan Allah, yang disampaikan oleh syeikh hamzah fansuri dan pemikiran dari syeikh nurdin ar-raniry, selanjutnya apa yang dimadsud nur muhammad, dan adapun topik di atas sudah dikupas dan yang belum di kupas adalah Insan kamil (manusia sempurna) yang menjadi kajian penulis.
112168_insan-kamil.jpg
Insan kamil sendiri sangat penting dibahas dalam buku acehnologi mengingat belum ada yang mengkajinya, insan kamil menjadi titik awal mengapa manusia di ciptakan di dunia ini, dan para sufi menelaah secara sistematis tentang insan kamil ini, para ulama sufi menyebutkan bahwa penciptaan manusia berawal dari penciptaan nur muhammad pertama kali, karena nur muhammad lah manusia di ciptakan, dengan kata lain jika tidak ada nya nur muhammad sungguh manusia tidak di ciptakan.
Dari kajian diatas kita sendiri dapat melihat bahwa mukjizat paling besar yang ada didunia ini adalah al-qur’an yaitu wahyu yang diturun kan kepada baginda rasulullah s.a.w yang menjadi pedoman semua umat manusia, dan mukjizat yang ada dalam al-qur’an sangat banyak sehingga membuat al-qur’an begitu banyak ilmu di dalamnya dan semakin dibaca semakin banyak rahasia yang dibisa terungkap di dalam al-qur’an.
Sangat banyak surah dalam al-qur’an yang memiliki makna yang sangat luas dan jika ayat itu dipahami dan ditelaah, sangat besar fungsinya bagi kehidupan manusia dan banyak juga ayat yang terdapat tentang mengingatkan manusia supaya tidak terlalu lalai dengan isi dunia, dan semua yang disebut dalam al-qur’an benar adanya terjadi.
Dalam pembahasan ini (insan kamil) telah muncul beberapa hal yang sudah seharusnya dippertahankan oleh manusia yaitu, iman, ilmu dan islam, ketiga konsep ini adalah salah satu jalan untuk menuju kejalan yang akan kita tempuh kedepannya, sudah seharusnya kita menjaga semua itu. Mukin ini sedikit pembahasan tentang insan kamil dari pemahaman yang saya baca dari buku acehnologi volume 1 semoga semua ini menjadi ilmu bagi kita semua, dan terima kasih juga telah membaca tulisan saya kalau ada kesalahan yang terdapat dalam penulisannya saya minta maaf sebesar-besarnya. wasaalam

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 65128.68
ETH 3442.23
USDT 1.00
SBD 2.52