frikatifisasi ilmu 11;12

in #indonesia6 years ago

Hi kawan-kawan steemit berjumpa lagi dengan saya, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas tentang Paradigma Frikatifisasi Ilmu yang saya baca dari buku acehnologi volume satu, sebuah karya dari Bapak Kamaruzzaman Bustamam-Ahmad P.H,D, pengertian frikatifisasi sendiri adalah spirit untuk mencari untuk untuk berbagai arah mata angin, frikatifisasi ilmu juga berarti berupaya bergerak sesuai dengan kekuatan reproduksi ilmu pengetahuan.

Adapun maksud paradigma intgrasi-interkoneksi antara hubungan disiplin keilmuan keagamaan dan keilmuan non-keagamaan. Paradigma interkoneksi menjelaskan untuk memahami komplktifitas fenomena kehidupan yang di hadapi yang dijalani manusia, setiap bangunan keilmuan apapun, baik keilmuan agama, sosial dan humaniora maupun kealaman tidak dapat berdiri sendiri.
Adapun langkah-langkah untuk mencari frikatifisasi ilmu dari hikmah tiga serangkai tersebut memelalui model RDEDII adalah pertama melakukan riset yang mendalam dari aspek metafisika hingga fisika dari karya karya orang lain. Kedua mendeskripsikan isi pemikiran mereka kemudian dituangkan dalam rumpun ilmu-ilmu yang orientasi pada hasil akhir bentuk manusia, peradaban, alam semesta yang dikehendaki dalam visi uin ar-raniry.
Ketiga melakukan eksplantasi terhadap dialog spirit peradaban yang menjadi fondasi keberhasilan bangsa-bangsa maju. Pola ini yang kerap dilakukan oleh masyarakat barat. Keempat membangun keilmuan yang konprehensif untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik. Kelima mampu membangun tradisi ilmu yang mampu untuk mewujudkan paradigma yang menghacurkan semua yang dibutuhkan.
Mungkin inilah sedikit yang membahas tentang paradigma yang sedikit saya bahas yang saya pahami dari yang saya baca jika ada kesalahan saya minta maaa, mukin kurang nya ilmu yang saya miliki, terimakasih juga telah membaca tulisan saya wasalam.

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 60309.00
ETH 2342.16
USDT 1.00
SBD 2.55