Apa Itu Steemit, Kenapa Begitu Booming? Catatan Steemian Pemula

in #indonesia7 years ago (edited)

Kopi.jpg

Oleh: @amriadits*
Sahabat steemian semua. Kali ini saya mau menjawab sebuah pertanyaan yang ditanyakan ke saya di facebook. Pertanyaan ini berawal pada saat saya #promo-steemit di facebook. Namun saya tidak yakin ditanyakan hanya kerena status saya yang sinkat, tapi karena steemit sudah heboh dimana-mana, terutama di Nanggroe Aceh.

Beberapa koran dan media lokal Aceh telah banyak memberitakan soal steemit. Karena itulah dasar pertanyaan itu datang. Cuma kebetulan saya menulis status soal steemit, kemudian ia menanyakan ke saya langsung. Oke, tanpa banyak basa-basi langsung saja saya jelaskan apa itu steemit berdasarkan yang saya tau sebagai pemula.

Tanya Jawab.JPG
Inilah pertanyaannya (pu steemit | apa itu steemit?)

Steemit merupakan media sosial seperti blogger, kompasiana, kaskus dan reddit. Dalam wikipedia disebutkan sebagai situs jejaring sosial dan blogging. Steemit didirikan oleh Ned Scott dan Dan Larimer, pencipta BitShare. Steemit bermarkas di New York dengan kantor pusat di Virginia.

Lantas kenapa steemit begitu heboh padahal steemit baru muncul pada tanggal 4 Juli 2016. Hal ini disebabkan steemit berjalan atas esteem yang artinya menghargai. Jadi postingan yang anda buat akan dihargai oleh orang lain dengan cara memberikan suara (upvote) kepada anda.

Semakin banyak orang yang memberikan suara kepada anda, maka semakin banyak anda di bayar. Pembayaran dilakukan dengan mata uang digital atau yang dikenal dengan sebutan kriptografi. Hadiah yang diberikan steemit kepada anda dalam dua kategori, pertama Steem Dollar dan Steem Power. Steem Dollar (SBD) bisa anda tukar dengan mata uang digital lainnya seperti bitcoin dan bahkan ke rupiah.

Namun sebelum anda mendaftar steemit, anda juga perlu mempertimbangkan beberapa hal. Pertama, jika niat anda ingin memburu dollar seperti Youtuber dan Blogger maka hal ini adalah warning anda. Dimana setiap post di steemit hanya dibayar selama satu minggu (7 hari dari post yang anda publikasikan).

Hal ini sangat berbeda dengan Youtuber dan Blogger yang mengandal iklan adsense, yang membayarnya tanpa batas masa konten. Semakin banyak view di Youtuber atau Blogger maka semakin banyak pula iklan tanyang atau yang mengklik iklan. Ini tidak berlaku di steemit.

Kedua, setiap steemit pemula itu butuh proses. Dimana reputasi awal anda saat mendaftar pertama di steemit sebesar 25. Orang-orang biasa lebih banyak memberikan suara/vote kepada mereka yang reputasinya 55 keatas dan tentunya yang banyak Steem Power.

Maka dari itu jika anda ingin memburu dollar di steemit maka anda harus memikirkan yang ini. Steemit itu bagaikan kopi di pagi hari, ada pahit-pahit manisnya.

Ketiga, jika anda ingin menggunakan steemit seperti bermain facebook, twitter dan lain-lain. Hal ini tentu tidak ada beban pada anda. Karena niat anda ingin berbagi pengalaman, ingin berbagi gagasan, ide-ide dan mempromosi keahlian anda. Karena pada dasarnya steemit tidak jauh beda dengan media sosial pada umumnya. Dimana di steemit juga tersedia Like (di steemit Upvote), Komentar (Reply) dan Share (Resteem).

Menurut sebagian besar para steemian, mereka mengabarkan bahwa flatform ini sebagai media masa depan yang bisa menuntaskan kemiskinan. Karena itulah steemit banyak pendatang baru dari berbagai latar belakang. Untuk mendaftarnya juga sangat gampang anda hanya perlu menunggu 2/3 hari kerja untuk proses persetujuan atau Approve di Google Adsense.

Demikian jawaban semoga penanya tidak puas, sehingga mencari jawaban yang lain. Saya hanya steemian baru bergabung, namun saya sedikit sok top soal steemit. Karena itu saya sangat merekomendasikan anda untuk membaca artikel yang lain. Kalau ada pertanyaan yang lain bisa di tanyakan di dalam komentar, kalau saya tau akan saya jawab dan kalau gak tau saya akan cari tau. hehehe

Terima kasih telah membaca blog saya, Salam steemian. Jangan lupa Follow dan Resteem tulisan ini atau bagikan ke berbagai media sosial biar banyak yang tau tentang flatform yang luar biasa ini.

*)Penulis merupakan Steemian Pemula

Sort:  

Mantap .keep on steemit

Makasih bang udah sempatin kunjungi blog saya. .. hehehehe

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 63837.42
ETH 2539.78
USDT 1.00
SBD 2.65