Tape plus ketupat di hari raya

in #indonesia6 years ago

image

Tape plus ketupat sepiring lengkap dengan sendok tinggal di lahap. Kacang asin, loyang, dan kue bolu yang tinggal setengah beserta jajarannya. Saya dan keluarga yang belum sempat bekodak selfie ria mengucapkan :
Selamat menyambut hari raya idul fitri 1439 Hijriah
MINAL AIDIN WALFAIZIN, Mohon maaf lahir dan batin. Steemiawaan, steemiaawatii.. Neu-peumu'ah Beu abeh-abeh!

Sejak 25 puasa kemarin, saya sudah mewanti-wanti istri untuk di buatkan tape plus ketupat. Saya sangat suka panganan yang hanya mudah di dapat di hari lebaran ini. Di karenakan kesibukan istri yang bekerja di rumah sakit. ia hanya memesan tape di kampung pulau kayu. Pesanan? Boleh juga asalkan terpenuhi hajat untuk menikmati tape di hari lebaran.

Panganan lebaran yang satu ini (tape), sebenarnya tidak begitu rumit untuk membuatnya. Tapi, cukup butuh waktu berhari-hari. terbuat dari beras ketan yg difermentasi dengan ragi, dibungkus dengan daun pisang. sehingga menimbulkan cita rasa yg enak di lidah. tape ketan terbuat dari bahan bahan alami dalam proses pembuatannya dan tidak sedikitpun memakai bahan pewarna kimia atau pengawet makanan. sehingga tidak perlu khawatir untuk memakannya. tape ketan bisa tahan sampai 1 minggu lebih semakin lama usia tape ketan maka akan mengeluarkan air dari hasil fermentasi, air fermentasi tape ketan aman untuk diminum karena rasanya manis. Nah, air tape fermentasi ini yang lebih membuat lidah berfantasi.

Untuk pembuatan ketupat saya percayakan tangan ibu saya di gampong lampoh u. Keahlian beliau membuat ketupat tidak di ragukan lagi. Dari mulai menganyam daun kelapa muda sampai berbentuk persegi empat senjang, hingga proses penggorengan terakhir. Semua pas takaran asin dan legit nya. Jadi tak ada masalah dengan ketupat.

Jum'at tanggal 15 juni 2018 pagi kemarin, takbir hari raya menggema seisi kota blangpidie. Sahut-sahutan takbir, tahlil, tahmid menggema menghiasi pagi yang dingin. Pagi yang dingin tidak serta memenjarakan saya untuk tidur lagi sehabis solat subuh. Saya turun ke dapur, dan mendapati tape terletak di atas meja satu cambung besar.

Seusai solat eid di masjid jamik blangpidie, saya bergegas pulang ke rumah. Tak sabaran ingin mencicipi tape campur ketupat yang sudah saya idam-idamkan dari kemarin. Namun istri mencegat supaya tidak memakan dulu. saket prut nteuk ayah, pajoh bu ilee.

image

Ini kali pertamanya saya lebaran di kampung halaman bersama istri anak dan keluarga. Pada lebaran hari raya sebelumnya saya hanya mampu menikmati lebaran lewat medsos melihat foto-foto kerabat dari kapal ibn. battuta. Selebihnya, hanya mampu berkirim kabar, foto serta video call dengan anak dan istri serta keluarga.

menikmati indahnya lebaran hari raya di kampung halaman adalah salah satu kerinduan saya. Akhirnya tiada kata yang indah untuk di ucapkan hari ini. Selain saling bermaaf-maafan.

Sekali lagi, selamat hari raya idul fitri 1439 Hijriah. Lakhee meu'ah lahee batheen.

Wassalam @altha15

Sort:  

Selamat Idul Fitri Capt.. mohon maaf lahir bathin, kalau lebaran, apapun makanannya minumnya tetap sirop cap patong :D

Maaf lahir bateen cuk kak beh. Han meugesee siroop cop patoong, nyoe hana pulang peng..

Congratulations! This post has been upvoted from the communal account, @minnowsupport, by ricky firdiansyah from the Minnow Support Project. It's a witness project run by aggroed, ausbitbank, teamsteem, theprophet0, someguy123, neoxian, followbtcnews, and netuoso. The goal is to help Steemit grow by supporting Minnows. Please find us at the Peace, Abundance, and Liberty Network (PALnet) Discord Channel. It's a completely public and open space to all members of the Steemit community who voluntarily choose to be there.

If you would like to delegate to the Minnow Support Project you can do so by clicking on the following links: 50SP, 100SP, 250SP, 500SP, 1000SP, 5000SP.
Be sure to leave at least 50SP undelegated on your account.

ohh.. sedap kali tu.

Tape makanan kesukaan saya.

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.034
BTC 63960.62
ETH 3142.95
USDT 1.00
SBD 3.95