Riba dan cara mengatasinya

in #indonesia7 years ago (edited)

Hai semua sahabat..

Apa kabar anda semua dimanapun berada?? Tentu harapan saya baik-baik aje.. Amin.

IMG_20171118_213548_HHT.jpg

Pernahkah anda merasa kesulitan dalam hidip ini? Mungkin saya rasa semua orang pernah merasakan kesusahan dan butuh bantuan orang lain. Misalnya ni kita perlu uang, terus bagaimana meminta pinjam sama orang lain agar orang lain pun mendapat keuntungan tanpa terjadi riba.

Kita kan sering mendengar bahkan ada rentenir yang meminjam kan uang dengan berharap kita membayar lebih. Tentu ada dong... Bahkan sekarang menjamur di aceh. Dan hal inilah yang terjadi riba.

Riba terjadi apabila yang membantu kita mengharapkan balasan yang lebih meski dalam bentuk apapun.

Misalnya kita pinjam uang sama orang untuk modal jual ikan terus yang beri uang tersebut berkata: saya minta ikan tiap hari sekilo sampai kamu melunasi uang tersebut.

Memang kitapun tidak keberatan dengan permintaan ini. Tetapi dalam islam ini sudah terjadi riba.

Terus bagaimana cara mengatasi hal ini agar yang beri semangat dan yang menerima senang.

Jumat kemarin saya mendengar ceramah di mesjid dan ternyata untuk mencegah riba yaitu dengan cara bernazar atau meukaoi. Seperti : kalau anda memberi saya pinjam uang 1000 saya bernazar akan mengembalikannya 1200 /lebih.

Jadi begitulah dalam islam agar tidak terjadi riba dalam kehidupan sehari-hari.


Terimakasih telah mengunjungungi blog saya @altafalazzam


Sort:  

terimakasih telah memposting artikel yang bermanfaat ini

Pelajaran yang bagus di seperdua malam. Terimakasih sudah berbagi Bang @altafalazzam

Sama-sama bg..

Coin Marketplace

STEEM 0.15
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 54034.48
ETH 2262.26
USDT 1.00
SBD 2.31