MAKAM TGK. MERAK DI JALAN BIREUEN - TEKENGON

in #indonesia6 years ago

1.JPG

Potret Kondisi Makam Tgk

Salah satu makam tua yang terdapat di Jln. Bireuen - Takengon, KM.2 Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen, menarik perhatian saya untuk mengambil potretnya. Masih dengan perasaan penasaran dengan fakta sejarah yang terkandung dalam Makam ini, saya ingin mempublikasikannya untuk mendapatkan pengetahuan dari semua sahabat steemian yang mungkin tahu tentang sejarah makam ini.
Screenshot_21.png

Potret Ukiran Nisan Makam Tgk. Meurak

Screenshot_22.png

Potret Ukiran Nisan Makam Tgk. Meurak

Keberadaan makam ini di pinggiran jalan nasional sempat membuat hati saya bertanya, bagaimana nasib makam ini jika suatu saat nanti terjadi pelebaran jalan, akankah Makam ini dihilangkan begitu saja ? jika hal ini terjadi maka sungguh sangat disayangkan, karena dari segi arsitektur batu nisannya dapat saya simpulkan bahwa Tgk. Merak adalah orang yang berpengaruh di Aceh, dan sudah pasti sejarah tentangnya juga sangat menarik dan bermanfaat untuk diketahui.

Screenshot_20.png

Photo Dokumentasi Tim @aboen79

Tidak banyak sumber informasi yang bisa saya tanyakan mengenai sejarah asal muasal siapa tgk. merak ini, karenanya saya hanya bisa mempublikasikan fotonya dengan berharap ada yang memberikan informasi tentang fakta sejarah ini. Saya hanya mendapatkan informasi tentang siapa yang dimakamkan di tempat ini, Yaitu Tgk. Merak, selebihnya adalah tanda tanya, siapa tgk merak dan bagaimana kisahnya masih menjadi PR yang akan terus saya cari.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua, dan menjadi PR baru sebagai generasi muda untuk mengkaji informasi sejarah tentang Makam Tgk. Merak ini.

Sort:  

Seperti tidak terawat makamnya

Iyaa bang.. Karena kebanyakan belum ada yang tau sejarahnya mungkin bang.. jadi kurang dipedulikan..

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 57951.98
ETH 3051.79
USDT 1.00
SBD 2.26