Ayo Budayakan Kembali "Mengaji Setelah Maghrib"

in #indonesia7 years ago (edited)

Salam indonesian steemit community

Postingan ini untuk mengingatkan kita semua tentang budaya yang hampir hilang di dalam kehidupan kita, khususnya ummat islam.


IMG20170601193430.jpg


Budaya yang saya maksud adalah kebiasaan mengaji setelah magrib.

Saya teringat akan masa kecil saya yang di didik keras oleh orang tua saya, salah satunya kewajiban mengaji setelah maghrib, jika saya belum mengaji maka saya tidak boleh melakukan hal hal lainnya.

Hampir setiap rumah pun kita akan mendengar anak anak mengaji, karena orang tua kita ingin menanamkan pengetahuan agama untuk anak anaknya

Tapi dalam konteks kekinian sungguh jarang kita dapati hal seperti itu lagi, kebanyakan jika kita lewat di depan rumah masyarakat kita akan mendengar suara dari televisi yang menyuguhkan sinetron sinetron yang tidak bermanfaat dan melalaikan kita bahkan menyesatkan.

Budaya mengaji sudah tergantikan dengan budaya nonton tv, sungguh ironis ketika kita mengingatnya.

Berdasarkan pengalaman saya sebagai seorang guru, saya pernah mendapatkan siswa tingkat SMA yang tidak bisa membaca AL - Qur'an, pertanyaannya bagaimana nasib agama kita di masa depan, ketika mereka sudah besar nanti.


IMG20170601193416.jpg


Para orang tua sekarang lebih mementingkan pelajaran Sekolah yang bersifat duniawi ketimbang pengetahuan agama untuk bekal kita di akhirat nanti

Tak jarang para orang tua hanya mencukupkan pelajaran agama yang di dapat si anak di sekolah, padahal pelajaran agama hanya 2 jam dalam seminggu.

Mereka tidak lagi mengantar anak anak mereka ke tempat pengajian, mereka cenderung mengarahkan anak anak mereka untuk les pelajaran umum, belum lagi anak anak disibukkan untuk mengerjakan PR yang di berikan oleh guru di sekolah

Sehingga sangat sedikit waktu yang tersisa bagi anak anak untuk belajar ilmu agama.

Dalam tulisan singkat ini saya ingin mengajak kita semua, khususnya para orang tua untuk instrospeksi terhadap pendidikan agama bagi anak anak kita, supaya mereka memiliki dasar agama yang kuat dan tidak mudah terprovokasi oleh aliran aliran sesat yang berkembang pesat.


IMG20170601193410.jpg


Ayo kembalikan budaya mengaji setelah maghrib dan utamakanlah pendidikan agama bagi anak anak anda.

Semoga bermanfaat, dan saya memohon maaf jika ada kesalahan dalam tulisan ini.


Follow me @alol


Sort:  

Many thanks

postingan yang bagus mengingat kan kita bahwa agama lebih penting @alol

I travelled through Indonesia 20 years ago and loved it!!!

I am really glad to hear it, thank you buddy.
Best regards from me in aceh.

Tulisan yang sangat bagus, saya suka foto pertama ketika si anak mengantuk, jadi teringat ketika kulit pisang terbang tepat sasaran ke muka saya hasil lemparan tengku di bale, karena saya mengantuk, good joob rakan

Kebetulan moment pah bg, terimakasih.

Mantap budayakan kembali,
Mari kita mulai dari diri kita sendiri kawan @alol

Saling mengingatkan kebaikan itu baik.. Tulisan yang bagus..

Alhamdulillah

Sungguh miris melihat generasi muda sekarang dan dukungan dari keluarga juga minim

Tugas kita semua untuk memperbaikinya

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.16
JST 0.033
BTC 63968.11
ETH 2756.38
USDT 1.00
SBD 2.66