Bahagia itu Sederhana

in indonesia •  6 months ago

Bahagia itu Sederhana. Pasti udah sering bahkan hapal banget, deh, dengan rangkaian tiga kata ini kan, Steemians? Yup. Satu lagi yang paling sering diucap sebagai pengingat untuk selalu beraksi positif adalah "Jangan lupa bahagia, ya!"

Hayo, sering banget kan mendengar atau bertemu dengan kedua kalimat di atas? Yes. Karena bahagia itu sebenarnya ga berat-berat amat, lho, untuk mencapainya. Seorang teman yang adalah juga guruku, bilang begini.

Sebenarnya bahagia itu ga perlu dicari, loh, Al, karena sebenarnya dia ada di dalam hati. Bahagia itu adalah rasa. Dan dia sebenarnya bersemayam di dalam diri, di dalam hati!

Oh, okey! Iya, percaya kok jika bahagia itu adanya di dalam hati. Tak perlu dicari, tapi justru dibangkitkan dari dalam diri, karena sesungguhnya dia, terkadang memang 'tertidur' karena dilupa.Bahagia itu sederhana.png

Sebenarnya bukan dilupa juga, sih. Karena pada kebanyakan kita, yang diamuk oleh belitan sulitnya kehidupan, boro-boro untuk mengingat bahwa bahagia itu ada di dalam diri, bahkan untuk bisa tesenyum saja, kita rasanya sudah lupa bagaimana caranya, boro-boro mau mencari bahagia. Padahal, senyum itu adalah pemicu aliran energi bahagia itu sendiri, loh! Ya kan?

Halah, Al. Boro-boro bahagia, bisa makan aja udah syukur. Bisa nyekolahin anak aja, udh seneng banget."

Lha, bukankah pernyataan di atas, sebenarnya sudah menunjukkan bahwa seharusnya dia bahagia? Karena sudah bisa makan dan bisa nyekolahin anak, berarti sudah bahagia, donk?

Atau...,

Halah, Al. Gimana mau bahagia, keperluanku banyak gini, jeh. Belum lagi terbelit oleh hutang yang kian melilit pinggang. Gimana mau bahagia, coba?

Hm...,
Iya, sih. Jika kita terus larut dalam keluh, jika kita terus tenggelam dalam ketidakyakinan bahwa kita akan mampu membereskan satu persatu persoalan, maka menemukan bahagia itu memang sulit. Tak semudah teori yang terucap, bahwa bahagia itu sederhana.

Padahal, kata temanku itu, dan juga para motivator dan guru meditasi, bahwa sebenarnya bahagia itu beneran sederhana, loh!

border pinky flowers.png

Bahagia itu Sederhana


Aku sendiri termasuk yang setuju dan yakin akan hal ini. Bahwa bahagia itu sederhana, dan memang berada di dalam diri. Hanya butuh niat dari dalam diri pula, untuk benar-benar membangkitkannya kembali, setelah 'tertidur' sekian lama.

Caranya, Al?

Dimulai dengan niat di dalam hati. Bahwa aku ingin membangkitkan bahagia, dan menularkannya ke seluruh anggota keluargaku, juga lingkungan sekitar. Pernah ga sih ngerasain? Saat kita sedang dalam keadaan pelik, stress berat. Lalu ada sebuah senyuman tulus, disertai sentuhan penyemangat dari orang terkasih (suami/istri, anak, ayah/ibu, kakak/adik, atau bahkan sahabat) yang mengalir tulus ke kita? Apa reaksi tubuh dan hati kita dalam menerima senyum tulus dan sentuhan penyemangat itu?

Ada rasa sejuk/senang yang spontan mengalir di dalam diri. Iya kan? Nah, see? The contagious of a smile. Senyum tulus itu menular. Energi positifnya dasyat! Cobain deh! Senyum, sesungguhnya adalah pemicu bahagia. Yang serta merta akan membangkitkan bahagia, asalkan..., kita sendiri tidak menghalangi jalaran energi bahagia ini untuk merembet dan berkembang meluas.

border bunga biru.png

Tapi, Al, senyuman itu tak mampu menyelesaikan persoalan, loh!


Memang tidak! Etapi, dengan adanya rasa sejuk/senang di hati, bukankah pikiran akan terasa lebih tenang dan mulai lebih jernih dalam berpikir? Sehingga akan lebih terbantu dalam mencari solusi dari persoalan-persoalan yang bebani diri?

Jangan lupa bahagia.png

Picture designed using Canva application, by Alaika Abdullah

Salam,
Al, Bandung, 1 Juni 2018

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!
Sort Order:  

Benar kak bahagia bisa datang dari hal sederhana, tinggal kitanya mau menikmati atau tidak, nice post kak al 😍

Bahagia itu sederhana, biarkan mata terpejam dan hirup udara perlahan. Ingat kata cinta dan resapi setiap kenangan. Selamat berbahagia.

·

Yes, ini juga panduan yang baik dalam merengkuh bahagia. Selamat berbahagia, adinda! :)

·
·

Iya kak. Meskipun bahagiaku masih dengan mimpi dan angan. Mungkin itulah teman terbaik untuk saat ini.

Bahagia itu rumit kalau pakai pendekatan birokrasi Indonesia. Mematut diri di bayangan orang lain...

Mendengar adzan magrib tiba oohhh rasanya bahagia haha
Tenyata bahagia memang benar sederhana
Terimakasih sudah sharing mbak @alaikaabdullah

·

Nah, ini lebih membahagiakan lagi yaaaa. :) Saya juga bahagia mendengarkan azan magrib, Mba. :)

Bahagia itu sederhana... Kamu simpan poto aku, dan rutin dipandangin terutama saat lagi sedih... :v

Sesederhana kalimat "syukur.

·

Betul! Hana pat lawan, betoi that nyan, adoe. :)

Congratulations! This post has been upvoted from the communal account, @minnowsupport, by alaikaabdullah from the Minnow Support Project. It's a witness project run by aggroed, ausbitbank, teamsteem, theprophet0, someguy123, neoxian, followbtcnews, and netuoso. The goal is to help Steemit grow by supporting Minnows. Please find us at the Peace, Abundance, and Liberty Network (PALnet) Discord Channel. It's a completely public and open space to all members of the Steemit community who voluntarily choose to be there.

If you would like to delegate to the Minnow Support Project you can do so by clicking on the following links: 50SP, 100SP, 250SP, 500SP, 1000SP, 5000SP.
Be sure to leave at least 50SP undelegated on your account.

Tersenyum itu memang bukan jalan untuk menyelesaikan masalah, tapi karena dia kita mampu menyelesaikan masalah. Great post kak. Terus menulis tentang kebahagiaan ya, Nindi suka bacanya hehe

Congratulations @alaikaabdullah! You have completed some achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

Award for the number of upvotes

Click on any badge to view your Board of Honor.

To support your work, I also upvoted your post!
For more information about SteemitBoard, click here

If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

Do you like SteemitBoard's project? Vote for its witness and get one more award!

Percaya banget dengan senyuman mba, saya pernah ngalamin sesedih apapun itu kalau kita sanggup tersenyum akan menambah kekuatan. Thanks for your sharing