Meusensoe

in #indonesia7 years ago

Pada kesempatan ini saya ingin bercerita sedikit tentang perjalanan saya hari ini. Perjalanan saya hari ini adalah ke salah satu kebun sawit. Sesampai saya disina terdengar suatu suara yang sangat nyaring yang membuat perbincangan saya tidak bisa terdengar. Saya mulai mendekat kesuara tersebut tenyata suara itu berasal dari suara beberapa bapak bapak sedang meusensoe. Meusensoe merupakan suatu pekerjaan membelah atau memotong kayu dengan suatu teknik tertentu dengan mengunakan mesin yang biasa disebut dengan sensoe. Foto dibawah ini adalah foto pohon langsat yang hampir mati sedang di sensoe.

WhatsApp Image 2018-01-14 at 14.45.26.jpeg
Foto Camera iphone 5 @ajmir

Tidak lah mudah melakukan pekerjaan ini , untuk melakukan pekerjaan ini butuh tenaga yang cukup kuat, bagaimana tidak memengan sensoe yang memiliki berat lebih kurang 5 kg ini sangat lah membutuhkan fisik yang kuat. Ketikan mata sensoe mulai membelah setiap kayu perlu pegangan yang kuat untuk memeggang senso agar jalanya mata rantai sensoe yang lurus agar menghasilkan belahan kayu yang bagus.

WhatsApp Image 2018-01-14 at 14.48.26.jpeg
Foto Camera iphone 5 @ajmir

Dalam meusensoe ini juga di perlukan pengetahuan arah rebahnya suatu pohon ketika saat akan di potong . pengetahuan ini sangat diperlukan untuk menjahui hal hal yang dapat mencederakan yang meusensoe saat pemotongan kayu atau pohon. Pekerjaan meusensoe sudah menjadi suatu perkerjaan rutinitas para ahlinya dalam mencari nafkah sehari hari.

Sort:  

Senso suara nya bikin tuli ya kan bg

Betul banget. Suaranya seperti orang meraung raung😄. Up vote bang

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.16
JST 0.029
BTC 61248.96
ETH 2375.80
USDT 1.00
SBD 2.55