Water Potential in Indonesia (Bilingual)

in #indonesia7 years ago

INDONESIA is an archipelagic country with a wider ocean region of the mainland. Therefore Indonesia is also known as a maritime country. Indonesia's marine area is about 70 percent of the total land area. With a coastline of about 81,000 kilometers.

Because it is surrounded by sea, rainfall in this country is also abundant. Indonesia is a country that is affluent to water problems. For this, it is to be grateful, so this country became a fertile country and is known as a producer of various spices of the world since the colonial era.

Because it has enough water, Indonesia is also far from drought, famine and other diseases caused by the lack of water. With abundant water, which flows through thousands of rivers, Indonesia becomes an independent country in water management.

No doubt there are some areas in Indonesia that fall into the category of water crisis areas. But compared to the vast area of Indonesia, this drought-stricken area is only a small part of the total territory of Indonesia.

In contrast to other countries in the world are starting to use the used water for later consumption, because their water reserves are increasingly thinning. In Indonesia, this rich and prosperous country, its people are free to enjoy the water that can be obtained only by digging the ground a few meters away.

The rivers are also always flowing abundant water to then diurkan into farmers' fields and farms.

Indonesia is a country rich in water. May we be more wise in using it.

*INDONESIA*

POTENSI AIR DI INDONESIA

INDONESIA merupakan negara kepulauan dengan wilayah lautan yang lebih luas dari wilayah daratan. Karenanya Indonesia juga dikenal sebagai negara maritim. Luas wilayah laut Indonesia sekitar 70 persen dari total luas daratan. Dengan garis pantai sekitar 81.000 kilometer.

Karena dikelilingi laut, curah hujan di negeri ini juga melimpah. Indonesia merupakan negara yang berkecukupan terhadap masalah air. Untuk hal ini, patut disyukuri, sehingga negeri ini menjadi negeri yang subur dan dikenal sebagai penghasil berbagai rempah-rempah dunia sejak jaman kolonial.

Karena memiliki air yang cukup, Indonesia juga jauh dari bencana kekeringan, kelaparan dan penyakit lain yang disebabkan oleh ketiadaan air. Dengan air yang melimpah pula, yang mengalir melalui ribuan sungai, Indonesia menjadi negara yang mandiri dalam pengelolaan air. 

Tidak dipungkiri ada beberapa wilayah di Indonesia yang masuk dalam kategori daerah krisis air. Namun dibanding dengan luas wilayah Indonesia yang begitu besar, kawasan yang kerap dilanda kekeringan ini hanya menjadi bagian kecil dari total wilayah Indonesia.

source

Berbeda dengan negara-negara lain di dunia ini yang mulai harus mengolah air bekas pakai untuk kemudian dikonsumsi, karena cadangan air mereka yang kian menipis. Di Indonesia, negara yang kaya dan makmur ini, rakyatnya bebas menikmati air yang bisa didapat hanya dengan menggali tanah beberapa meter saja.

Sungai-sungai juga selalu mengaliri air yang melimpah untuk kemudian di salurkan ke sawah-sawah dan kebun milik petani. 

Indonesia negeri yang kaya akan air. Semoga kita semakin bijak dalam menggunakannya.

SALAM STEEMIT INDONESIA

Sort:  

Indonesia memang airnya melimpah.. Sampai- sampai tiap tahun banya kota - kota di indonesia banyak yang ke banjiran.. 😁

Salam kenal ya. Saya pendatang baru. Kalau sempat mampir ya ke blog saya dan meninggalkan jejak. Kritik dan saran dari anda sangat saya harapkan.

Terima kasih

Indonesia is a crazy beautiful place and I'd love to be able to visit there someday. You've put a lot of work into this write-up and I thank you for all the valuable info.

Fantastic job. :)

It is a very beautiful country (I have been there several times), but unfortunately destroying its wonderful nature (the rain forests, the coral reefs) 'crazily' fast. Most people are only aware of what they had, when it has gone already - until then they don't care, exterminate animal and plant species (and even human natives) and pollute environment with plastic bags.
I know: we in Europe haven't done it better ... maybe here we care (a little bit) more (but by far not enough) about environment, because so much of it is already destroyed.

Salam kenal ya. Saya pendatang baru. Kalau sempat mampir ya ke blog saya dan meninggalkan jejak. Kritik dan saran dari anda sangat saya harapkan.

Terima kasih

Indonesia kaya, air dimana-mana, seperti syair gesang "air mengalir sampai jauh" sejauh bentangan alam indonesia. Karenanya kita harus bangga menjadi pribumi indonesia.

Salam kenal ya. Saya pendatang baru. Kalau sempat mampir ya ke blog saya dan meninggalkan jejak. Kritik dan saran dari anda sangat saya harapkan.

Terima kasih

Di tempat kami sudah banjir bang..
Hehe
Tapi Alhamdulillah belum masuk rumah juga, baru setumit.
'info aja walau gag di tanyain"
Hehe

Salam kenal ya. Saya pendatang baru. Kalau sempat mampir ya ke blog saya dan meninggalkan jejak. Kritik dan saran dari anda sangat saya harapkan.

Terima kasih

InsyaAllah.
Yangvpenting tetap semangat :)

Indonesia negara akan air setiap tahun. Namun kadang-kadang pengelolaan yang air yang tidak tepat akan menyebabkan banjir pada musim hujan dan kering pada musim kemarau.

very beautiful INDONESIA country
thanks for sharing

Salam kenal ya. Saya pendatang baru. Kalau sempat mampir ya ke blog saya dan meninggalkan jejak. Kritik dan saran dari anda sangat saya harapkan.

Terima kasih

Tau aja bang @aiqabrago, kalau sekarang lagi musim banjir, kebetulan juga bang di tempat saya tinggal di aceh utara tepatnya di panton juga baru reda hujan bang, dari mulai magrib sampai jam 1 baru reda, semoga aja air tidak melimpah seperti yang abang @aiqabrago ceritakan, 😀😀

Salam kenal ya. Saya pendatang baru. Kalau sempat mampir ya ke blog saya dan meninggalkan jejak. Kritik dan saran dari anda sangat saya harapkan.

Terima kasih

follow me and follow back
I am a active parson.......

Salam kenal ya. Saya pendatang baru. Kalau sempat mampir ya ke blog saya dan meninggalkan jejak. Kritik dan saran dari anda sangat saya harapkan.

Terima kasih

indonesia memang dikenal dengan negara kepulauan, dan memiliki laut yang sangat luas. 👍🏻 @aiqabrago

Sumber daya alam indonesia memang sangat melimpah..namun sda masih sangat rendah..

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 60265.23
ETH 2324.47
USDT 1.00
SBD 2.55