Bermain, Berdiskusi, Memeluk

in #indonesia6 years ago (edited)

SEBAGAI seorang ayah, tentu saya berharap anak saya menjadi lebih baik dibanding saya. Saya yakin, para stemians juga berharap begitu. Bahkan, bandit pun ingin anaknya soleh-solehah. 

Namun, patut kita renungi bersama, seberapa sering kita berdiskusi dengan anak kita? Seberapa lama kita mendengarkan ceritanya? Seberapa lama kita menemaninya bermain? Atau, pernahkah kita memeluknya?

Pertanyaan yang begitu bisa menjadi lebih panjang lagi. Tergantung masing-masing kita mendefinisikan soal kedekatan dengan anak. Lazimnya, seorang ayah tentu fokus mencari rupiah. Pengorbanan dan kerja keras itu tentu berakhir pada satu tujuan untuk membahagiakan anak dan istri. Kalau kata lagu lawas-demi kau dan si buah hati-tampaknya relevan tentang ini.

Namun, karena keranjingan bekerja, bahkan melupakan waktu untuk anak, ini yang menjadi masalah di kemudian hari. Bisa jadi, tak akan masalah pula. Saya sering melihat FTV Indonesia bercerita soal ini. Ketika ayah sibuk di luar, yang merawat anak ibu semata, lalu anaknya bandel, dan sang ayah menyalahkan si ibu. Ah, rasanya ini tak begitu sepenuhnya salah seorang istri. Dia cukup letih.

Kembali lagi, peran ayah terkadang sangat minim berbagi dengan anak, mengajaknya diskusi dan lain sebagainya. Menurut saya, ada baiknya mengajak anak diskusi saban hari. Waktunya bisa disesuaikan, apakah sebelum tidur, setelah dia mengaji atau belajar atau carilah waktu sesibuk apa pun buat berdiskusi. Hingga dia menjadi anak yang terbuka, terbiasa berdiskusi dan mengeluarkan gagasannya.

Ibaratnya, seperti teman sendiri. Tapi tak mengurangi rasa hormatnya pada ayah. Momen kedekatan ayah dengan anak sesungguhnya sangat ringkas saja. Apalagi anak perempuan, ketika dia meranjak dewasa, maka tak kan mungkin memeluknya. Untuk anak pria momennya bisa agak lebih panjang. 

Karena itu, ada baiknya berupaya sedekat mungkin dengan anak. Sehingga, kita bisa jadi teman curhat, lawan debat, dan lain sebagainya. Pada akhirnya, jika dia menghadapi masalah kita segera bisa mendeteksinya. Untuk inilah kedekatan itu penting. 

Ketika dia nanti telah menikah, tentu momen itu sirna sudah. Maka, kita kan berharap seandainya waktu bisa dibalik. Ah, maka, sekaranglah waktunya kita berdiskusi dengan anak. Bermain, Berdiskusi, Memeluk. Sepertinya itu akan menjadi indah. Salam.

Image source: 1, 2, 3

Sort:  

Saya yakin semua ayah akan seperti itu, termasuk juga ayah saya :D. Terimakasih @aiqabrago

Tiga hal yang tidak dapat di pisahkan , agar seorang ayah berada pada posisi hakikat seorangnya ayah..
Salam sukses bg..

Menjaga kedekatan terhadap anak memahami psikologi anak dan memberi dorongan serta motivasi, pembelajaran dan semangat. Terhadapnya. Tulisannya bagus kak @aiqabragk salam kenal dariku @azroel please fool me back, visit my blog and upvote resteem.

paparan yang sangat bermakna bg @aiqabrago. semoga ketika saya punya anak nanti. saya bisa menjadi orang tua yg selalu punya waktu buat anak2 saya

I agree with you. A father must be a hero and everything to his family and his children. Good.

Semoga banyak ayah di muka bumi ini memiliki pemikiram yang sama dengan Mas Aiqa. Peran ayah memang mencari nafkah tetapi ayah lah yang bertanggung jawab besar dalam pendidikan anak anaknya. Banyak ayah yang hilang kesempatan untuk bermain, berdiskusi bahkan memeluk sang karena mereka tanpa sadar membangun dinding besar.

Pengorbanan dan kasih sayang seorang Ayah itu sangat luar biasa, Bekerja demi anak agar sukses dan bahagia, Meskipun dia harus bercucuran keringat,Tapi demi sibuah hati dia rela berkorban jiwa dan raga. Terima kasih Ayah atas semua yang telah engkau perjuangkan untukku.ALFATIHAH

Setuju banget dengan uraian ini, Mas @aiqabrago ...
Seorang ayah memang seharusnya bisa mengambil banyak peran bagi sang anak: sahabat, teman bermain, tempat curhat dan berdebat, sekaligus sebagai figur pelindung bagi sang anak...
Dengan begini kedekatan dan perkembangan anak bisa terus terjaga...
Salam hangat...
Trimakasih sdh berbagi... 🤗😍

saya merasakan hal yang sama bg @aiqabrago. terkadang saya menyadari bahwa waktu saya bersama sang putri saya sangat minim, apalagi saya adalah seorang single daddy. sangat sulit untuk bisa membagi waktu bersama nya. pun demikian di sela-sela kesibukan, saya selalu menyisakan waktu untuk dia. meskipun saya tau itu tdaklah cukup.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 67120.19
ETH 3459.44
USDT 1.00
SBD 2.72