Indonesia photo Chalenge #4 Jajanan tradisional "Cilok Rindu..."

in #indonesia6 years ago (edited)

"Assalamualaikum....."
Selamat siang.....
Selamat menjalankan ibadah puasa...

Sebelumnya aku ucapkan terimakasih pada bang @doyanphotography dan bang @levycore yang sudah mengadakan kontes photography jajanan tradisional...yang sempat buat ku tidak bisa tidur, mendengar jajanan tradisional ingatanku langsung melayang ke cilok dan anakku.

Adakah yang tidak tahu Cilok????
Aci di colok kata orang pandeglang mah hehe...
Di singkat jadi cilok.

Cilok Rindu
FB_IMG_1526720694179_1.jpg

Maaf bang @doyanphotography dan bang @levycore aku mau bercerita sedikit tentang cilok rindu. Kenapa bisa di sebut cilok rindu.

Dari SD, madrasah jajanan paporitku cilok.
Banyak sekali yang berjualan cilok tapi aku berlangganan sama seorang bapak2 karena rasanya beda dari yang lain. Hingga aku punya anakpun beliau masih berjualan cilok padahal tubuhnya sudah renta sekali, aku tidak pernah melewatkan membelinya dan biasanya beliau mangkal di depan rumahku sampai aku membelinya , karna kebiasaan itu anak anaku juga jadi suka Cilok terutama anak lelaki ku.

Waktu itu usianya 4 thn namanya "Ghaisan wisnu" dia bermain dengan anak kakaku yang usianya sama 4 th mereka bermain di depan kamarku yang letaknya dekat dengan jalan.
Samar samar ku dengar mereka berbincang dengan seorang bapak bapak tua.
"Pa tunggu sebentar ya dd mau beli, tapi nanti tunggu mama keluar, mamanya lagi di dalam kamar, ujar anaku
"
Kalo dede mau ga pa pa ambil aja dulu, nanti besok atau lusa kalo ketemu mama dede pasti di bayarin. Ungkap bapak bapak itu bijak.*
"Kata mamah gak boleh minta ga boleh pinjem pa, nanti mama marah.
"gege mama nya panggil aja, kata galuh mengusulkan.
"Jangan luh kasian mama cape...mama lagi istirahat, kalo lagi bobo di bangunin nanti mama dede sakit.

Subhanalloh...ungkapan polosnya benar benar buatku tak mampu menahan air mataku....
Aku langsung keluar dan peluk tubuh mungilnya, "mah dede pen beli cilok boleh ga?Ya alloh boleh sayang,...kenapa ga ambil receh di atas meja, kan kata mama harus bilang dulu ungkaapnya polos.

Dan saat di hsincu kemaren aku benar benar tidak mampu menahan rinduku , 7 bln tidak ada kabar berita tidak bisa kmunikasi karena ssuatu hal, dan hari itu aku membuat cilok, tapi ga sanggup aku makan aku hanya memandanginya dan membuat mataku berair dan smakin lama semakin menjadi, cece bos ku kaget ada apa? Ada apa,? Ungkapnya sambil memeluku...dia usap usap rambutku dia seka terus menerus airmataku yang tak bisa berhenti,aku tak sanggup ngomong apapun aku hanya bilang, aku ingin pulang....aku ingin pulang....beberapa saat kemudian alhamdulilah cece berhasil membuatku tenang...setelah itu baru ku ceritakan yang sebenarnya. Sejak itulah cece bilang kalo itu namanya siang cilok/cilok rindu. Karena aku selalu nangis/rindu anaku setiap kali membuat cilok, dan kebetulan mereka suka sekali dengan cilok katanya kenyal kenyal enak cece promosi ke kerabatnya kalo ada makanan enak dari indo namanya cilok rindu, dan sejak itu mereka selalu menyebutnya cilok rindu.

FB_IMG_1526720694179_2.jpg

Resep cilok rindu

Bahan :

1/4 terigu
1/4 tepung tapioka
4 siung Bawang putih
5 batang daun polong
1sdt garam
Sdikit masako

"Cara membuat:

Cincang halus bawang putih.sisihkan
Polong iris cincang kasar.sisihkan

Campur tepung terigu dan tepung tapioka aduk memakai air panas jika sudah tak panas tambahkan bawang putih, garam, masako, dan daun polong kemudian ulen, kemudian adon bentuk bulat kecil, sisihkan.
Rebus air setelah mendidih masukan adonan cilok yang sudah di bentuk tadi..masak 15 menit. Angkat. Sisihkan

"Bumbu kacang"

Kacang tanah yang sudah di goreng.
Bawang merah, gula merah, cabe, garam, masako,jeruk limou.

Cara membuat :

Tumbuk cabe dan bawang merah kemudian tambahkan, kacang tanah,garam, gula merah dan sedikit masako tumbuk halus kemudian tumis hingga harum kasih sdikit air , angkat, tambahkan sdikit perasan jeruk limou.

Catatan: jika tidak suka bumbu kacang, bisa memakai gula merah rebus dengan sdikit air dan kasih sdikit jahe dan sjumput garam.

Orang sini tidak suka bumbu kacang biasanya aku memakai gula merah dan jahe.

Terimakasih....
Selamat mencoba

Salan Ramadhan

collage_1525587015713.png

Xinwu district 21 mei 2018

Sort:  

Naaa ini baru makanan enak, sayang lagi drop, jadi ga boleh makan yang begituan . Next kalau libur bikin ya buuu 😁😁

Siapp mas budy 😊😊

Maafken kami yang suka makan buuu 😁😁😁, tanggal 17 buuu libur di daanpark ada acara

Tagal 17 insyaalloh kalo jadi mau ke taicung mas

Yaaaah sayang sekali buuu

Reuni sama sodara mas ada tth adek dan sama sdra2 dkat lainnya, insyaalloh kalo jadi

Ikutlah lomba hias tumpeng di piramid. Pasti menang.

Kapan bund? Acara husus bmi kah?

Bikin kepingin aja mbak @ainee

Nyobain cilok pake gula merah mba

Cilok oh ciloooook. Kirain cinta lokasi ha ha ha.
Entahlah kok nggak ada istilah bosan untuk makanan ini. @ainee wo Ai cilok

Haha cinta lokasi juga bund....mudah2n cinta membawa berkah 😊😊

Saya mau coba resep ini mba.

Iya silahkan mba @ettydialova

Cilok yg tak lekang oleh waktu.. Dari jaman dulu sampe jaman now cilok mnjadi salah satu makanan favorit saya mba @ainee
Hehee 😊😊😀😀

salam sukses selalu

Hihi soalnya cilok makan sederhana yang menghibur lidah bang @imam03

Organ kali ahh menghibur hahaha 😀😀😀,,

Makanan yg Cara buatnya ga ribet, bhn²y mudah didapat dan mempunyai nilai jual tinggi.

Pokok'y hidup cilok hehe @ainee

😁😁😁

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 63191.19
ETH 2615.47
USDT 1.00
SBD 2.73