Api Tauhid, sebuah novel yang layak untuk di baca

in #indonesia6 years ago

image

"Duduk sore sambil menyelesaikan bacaan. Membaca novel ini, ingin sekali rasanya ke Turki. Menelusuri jejak-jejak
perjuangan Syaikh Badiuzzaman said nursi. Novel sejarah yang dipadukan
dengan kisah roman suci mahasiswa Arab saudi asal Indonesia serta
perjalanan 6 pemuda ke tempat-tempat bersejarah di Turki. Luar biasa karya
Kang Abik ini."

Begitu bunyi status facebook saya dua tahun yang lalu. Sebuah kenangan yang di tampilkan oleh pihak Facebook hari ini membuat pikiran saya mereview kembali apa isi di dalam buku tersebut. Saya ingat sekali buku Api Tauhid karya Kang Abik (Habiburrahman El-Shirazy) seorang novelis nomor satu di Indonesia ini saya lahap hanya tiga hari.

Sebenarnya banyak buku karya Kang Abik telah saya khatamkan. Seperti Ayat - Ayat Cinta, Pudarnya Pesona Cleopatra, Di atas Sajadah Cinta, Ketika Cinta Bertasbih 1 & 2, Dalam Mihrab Cinta, dan Bulan Madu di Yerussalem. Bahkan beberapa di antaranya, saya sempat menonton di bioskop ketika karya Kang Abik ini di filmkan. Tetapi menonton tidak akan sama dengan membaca, karena ada beberapa bagian yang di potong, saya bersyukur karena telah duluan membacanya.

Tiga tahun yang lalu, saya termasuk penggila novel bernuansa sejarah, roman, biografi. Minat saya membaca menurun ketika masuk awal tahun 2016, satupun novel waktu itu tidak pernah saya baca lagi.

Ketika masa-masa ngidam baca buku novel, saya bisa lahap satu buku dalam waktu 3 hari. Seperti buku karya Mas Ahmad Fuadi Negeri 5 Menara, Ranah 3 Warna dan Rantau 1 Muara. Ketiga Novel ini saya lahap habis selama 10 hari. Novel ini bercerita tentang kehidupan 6 santri dari 6 daerah yang berbeda menuntut ilmu di Pondok Madani (PM) Ponorogo Jawa Timur yang jauh dari rumah dan berhasil mewujudkan mimpi menggapai jendela dunia. Anda ingat Alif dari Maninjau? Atau Baso dari Gowa? Dan 4 teman mereka lainnya. Mereka menyebut diri mereka sebagai Sahibul Menara. Man Jadda Wajada.

image
Source

Begitu juga dengan Novel karya Tere Liye, hanya tiga yang sempat saya baca seperti Hujan, Pulang dan Rindu. Ini membutuhkan waktu sampai 20 hari, karena bukunya lumayan tebal.

image
Source

Kembali ke buku Api Tauhid karya Kang Abik, buku ini memang agak berbeda dari karya-karya Kang Abik lainnya, tapi semangat dan pesan dalam buku ini bisa membuat pembaca terhayun, seakan-akan berada disana.

Dalam novel ini, tidak hanya satu cerita yang disuguhkan, tapi dua: kisah percintaan Fahmi, dan sosok teladan dari Syaikh Said Nursi.

Said Nursi Badiuzzaman adalah seorang tokoh ulama besar asal Turki. Seorang jenius yang hapal sekitar 80 kitab di usia belasan tahun. Karena kemampuannya itu, sang guru, Muhammed Emin Efendi memberinya julukan ‘Badiuzzaman’ (Keajaiban Zaman). Sebuah novel sejarah yang mengisahkan perjuangan Said Nursi, dengan berbagai peristiwa di balik runtuhnya khilafah terakhir Turki Utsmani, yang mengubah wajah sejarah dan peta politik dunia hingga kini.

Lalu, bagaimana kisah antara Fahmi, Aysel dan Emel? Semuanya ada dalam buku ini. Penasaran? Ayo gunakan ESBIDI dan ESTEEM kamu untuk yang bermanfaat.

Buku ini layak untuk teman-teman rekomendasikan untuk di baca, terutama bagi penggemar novel roman dan sejarah.
Sekian, terimakasih.

Koetaradja, 3 Mei 2018

Sedikit referensi :[1](- https://www.google.co.id/amp/s/referensibukubagus.wordpress.com/2015/02/24/sinopsis-dan-resensi-buku-api-tauhid-karya-habiburrahman-el-shirazy/amp/), [2](- https://nurbaitihikaru.wordpress.com/)

Sort:  

Dari tiga buku di atas mana yg paling anda sukai ??

Nyan pasti neu kalen photo manteng, tapi hana neu baca wkwkkww

Hhaaa ..
Sep panyang neu teu muleh, abeh wate sijeum tabaca .. ("-")

Hahaha. Prediksi lon beutoi xixixi

Hhhaaa ..
Anda memang luar biasa ("-")

Haha. Menye kana sagonyan. Tik ju bak discord beh. Hahhaa

Indah memang menjadi seorang pencari cinta, melalui berbagai buku yang menjadi jendela dunia, menarik mendengarkan sedikit tentang profil syeikh Said Nursi, saya bangga dengan anda

That jeut neuh bg bak neupujoe haha. Male lon2 😂😂😂.

Terkait ulama besar Syaikh Badiuzzaman said nursi beliau memang seorang ulama hebat bg, banyak yg tidak tahu tentang beliau. Padahal masa itu, beliau salah satu org yg paling berpengaruh di Turki.

Saya belum berkesempatan membaca satu pun dari buku-buku itu. Jsdi ngga punya pendapat. Tapi reputasi mereka memang telah jauh melampaui kesempatan saya. Dan ini referensi yg menarik.

Novel Api Tauhid ini, saya sangat yakin sekali klo di coba baca pasti bikin kangen. Ini ttg biografi beliau,.cerita cinta hanya sedikit saja untuk mempermanis, selebihnya sejarah beliau. Dari semua buku yg saya tulis di atas, saya lebih merekomendasikan novel Api Tauhid ini.

Ya itu pastinya menarik. Saya pikir perjalanan hidup orang-orang inspiratif memang layak disimak.

Exactly bro..!!!

Congratulations! This post has been upvoted from the communal account, @minnowsupport, by achieymasrur from the Minnow Support Project. It's a witness project run by aggroed, ausbitbank, teamsteem, theprophet0, someguy123, neoxian, followbtcnews, and netuoso. The goal is to help Steemit grow by supporting Minnows. Please find us at the Peace, Abundance, and Liberty Network (PALnet) Discord Channel. It's a completely public and open space to all members of the Steemit community who voluntarily choose to be there.

If you would like to delegate to the Minnow Support Project you can do so by clicking on the following links: 50SP, 100SP, 250SP, 500SP, 1000SP, 5000SP.
Be sure to leave at least 50SP undelegated on your account.

Menarik,,

Sabe menarik bunda nyo

Saya sudah baca novelnya. Karya-karya Kang Abik memang favorit saya. Setiap ke toko buku pasti yang saya cari karya terbaru Kang Abik....hehehehe

Wah mantap sekali mas. Klo ada novel terbaru dr kang Abik, boleh di rekomendasi kan untuk saya.

Siap...hehehehe

Dari 3 buku diatas semua sudah pernah saya baca, memang yang paling menarik adalah api tauhid kang abik. Menurut saya di novel terbaik kang abik. Pantaslah Jika mendapat penghargaan dari pemerintah turki.
Selamat ya bang terpilih sbg project kurasi garudakita hari ini
Salam kenal dari ksi-tw

Setuju.
Api Tauhid memang karya Kang Abik yg paling menarik. Tidak hanya cinta, kita bisa mengetahui sejarah seorang ulama besar masa itu. Bahkan saya sebelumnya tidak mengetahui ttg ulama ini.

Terima kasih.
Semoga kedepan mba masuk juga yh.
Salam kenal kembali dari kami di Indonesia-aceh 🙏

Selamat ya, entry ini terpilih oleh garudakita kemaren. Haha. Baru tahu. Terus menulis artikel-artikell yang menarik, @achieymasrur ...

Hhee terima kasih bung @aneukpineung78. Ini lagi ditingkatkan. Semoga kita bisa masuk dalam waktu bersamaan. Keep spirit..

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 59184.02
ETH 2530.26
USDT 1.00
SBD 2.46