Bersikap sombong kepada orang yang sombong adalah sedekah.

in #indonesia7 years ago (edited)

Asalamun alaikum wr. Wb!!!
Sahabat steemians yang saya cintai dan saya muliakan semoga kalian selalu dalam keadaan sehat. Pada kesempatan kali ini saya sedikit ingin berbagi ilmu semoga bisa bermanfaat bagi saya pribadi dan umumnya kepada seluruh sahabat saya yang ada di steemians.


image


image


didalam kehidupan sehari-hari bermacam dan berbagai orang kita temui dan dijumpai. Kadang kala ada orang yang meresa diri rendah. Walaupun tidak merendahkan diri. Ada orang yang angkuh dengan kekayaannya. Juga ada orang yang sombong atas apa yang dimilikinya. Bagaimana cara untuk menghadapi orang tersebut dalam pandangan agama islam. Tentunya menurut keadaan seseorang kepada kita

sahabat steemians semua. Iman syafi'i pernah berkata kepada muridnya. Dan ini bisa menjadi pelajaran bagi kita semua. Bagaimana cara menghadapi orang tersebut apabila kita jumpai. Beliau berkata: BERSIKAP SOMBONG KEPADA ORANG YANG SOMBONG ADALAH SEDEKAH. Bagaimana pengertian ungkapan beliau tersebut. Apabila dibiarkan kesombongan yang terletak pada seseorang itu merupakan kesesatan baginya. Sombong akan hartanya. Sombong akan ilmunya bahkan sombong akan rupa dan kecantikannya.

sahabat steemians semua. Oleh karna itu saat diri kita merendahkan diri dihadapan orang yang sombong. Maka dia akan lancang setiap harinya baik kepada kita dan kepada orang lain. Maka berhati-hatilah untuk itu kawan semua. Karna kesombongan akan membakar segala amal-amal yang telah kita lakukan. Kesombongan akan membuatmu binasa.

cukup sekian dari saya semoga bisa bermanfaat bagi kawan-kawan semua. Salam kangeun dari saya buat seluruh sahabat semua.

tidak henti-hentinya hormat dan salam kangen saya kepada bg @aiqabrago dan @levycore dan seluruh sahabat ksi dan steemians semua.

follow @abupasi.alachy

Sort:  

Sangat bermanfaat untuk dunia dan akhirat postingan anda @abupasi.alachy. Semoga kita terhidar dari sikap sombong. Karena kalo menurut saya sikap sombong adalah dimiliki oleh orang yang larut dalam kebodohan. Maaf mungkin kata - kata saya sedikit kasar.

Semoga bisa bermanfaat bg.
Salam kangen dari saya.

Satu pendapan saya dengan anda.. Sombong hannyalah api yang membakarkan diri kita sendiri

Ahahhaha..jeut ciit.

Bak drnh kiban.. Hahhaha
Raya ikap euh

Postingan yang sangat bermakna..
Salam dari @cheeksob

Selamat datang. Salam juga dari saya.

Terimakasih ..
Waalaikumsalam

Ngen abu droe teuh, peu ta yak mayang
sep bereh laju
pisang padum ka ji kira jino abu?

Bati kan...malam baroe lon tanyeng ka murah bacut pisang. Sbb ka banjir nah..padit boh mu perle man..nak lon peugah bak toke @barvon

Pisang ayam abu nyo perle, meu 3 ton keu persiapan maulid

Luar biasa ustad @abupasi.alachy
Terima kasih sudah berbagi... 😁 😁

Khak..sama2..😉😉😁pisang na perle manteng.

Hana, uroe raya entek lon pesan keu keripep.. 😁 😁 😁

That trep goe...kakeuh lon meujop ngen ureng laen keudeuh beuh..😀😀😀

Kan na @barvon,, hoe ka barvon..

Barvon teugeuh geu ade pineng..

Bagaimana jika orang yang kita anggap sombong tersebut menganggap diri kita juga sombong?
Sehiingga saling sombong-menyombongkan. Dan dia juga tahu jika dia berbuat sombong kepada orang yang menurut dia sombong adalah sedekah. Apakah kedua orang ini dihitung sebagai sedekah?

Sombong tidak sombongnya seseorang tergantung pada niat diri sendiri. Apabila dia yang memulai perkataannya dengan sombong sehinnga kita membantah pula dengan kesombongan. Maka sebanyak 2 x itu dinamakan dengan sedekah..terimakasih.

Itu dia pertanyaan saya, bagaima jika dua orang ini bertemu dan sama2 saling menyombongkan karena keduanya sama2 beranggapan bahwa lawannyalah yang memulai bersifat sombong. Apaka sedekah bagi dua2nya?

Semuanya menurut niat masing2..jika keduanya sombong maka tidak berlaku sedekah bagi mereka. Tapi disaat orang yang merendahkan diri sombong dihadapan orang sombong disaat itulah fahala terletak.

Menjadi komentator pertama juga sedekah

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 57337.14
ETH 2342.62
USDT 1.00
SBD 2.35