Notifikasi Steemit Menggunakan Telegram Messenger

in #howto7 years ago

Saat ini banyak pendatang baru di steemit, termasuk saya. Tampilan situs steemit yang bersih membuat kita mudah dalam menggunakan steemit. Namun bagi saya kurangnya tab notifikasi membuat kita sedikit kesulitan untuk melihat siapa yang memberi komentar ataupun yang menyebutkan nama kita di dalam postingan ataupun komentar.

Jika anda menggunakan aplikasi esteem mungkin anda akan mendapatkan notifikasi, namun notifikasi dari esteem sama dengan notifikasi bawaan dari browser sehingga jika tanpa sengaja anda menghapus notifikasi tersebut maka anda tidak akan bisa melihat notifikasi itu lagi.

Disini saya akan membahas fitur 'bot' yang diciptakan oleh @clayop untuk memonitor akun dari steemit melalui aplikasi Telegram. Di tutorial ini saya menggunakan smartphone android.

Menambahkan Bot

Sebelum menambahkan bot hal yang pertama anda lakukan adalah menginstall aplikasi Telegram Messenger.
Aplikasi ini bisa digunakan diberbagai platform seperti android, ios, windows phone, web-version, macOS dan juga untuk PC.
Klik link dibawah untuk menginstall.
Telegram Messenger Android

Telegram Messenger ios

Telegram Messenger Windows Phone

Setelah anda memasang dan mendaftar, langkah selanjutnya adalah memasang bot dengan cara klik link dibawah ini:

noteefi_bot

Dengan men-klik link di atas anda langsung di alihkan ke dalam aplikasi telegram messenger.

image

Klik 'start' maka anda sudah memulai bot tersebut.

Setting Monitor Akun

Untuk melihat perintah apa saja yang tersedia maka ketiklah /help
Lalu akan keluar beberapa perintah yang bisa anda gunakan.

image

Untuk memonitor suatu akun maka ketik /monitor_account
Lalu akan ada balasan meminta anda untuk memasukkan nama akun yang ingin dimonitor.
Disini saya memasukkan akun saya sendiri. Maksimal akun yang bisa anda monitor adalah lima akun.

image

Sampai pada tahap ini anda akan mendapatkan notifikasi di setiap postingan, komentar atau setiap kali akun anda di-mention di postingan ataupun di komentar.

Yang saya sukai dari bot ini adalah setiap komentar atau akun anda disebutkan maka anda bisa langsung membuka steemit dari browser bawaan telegram messenger.

Pada gambar dibawah saya mendapat pesan dari telegram bahwa ada yang berkomentar di postingan saya.

image

Anda bisa langsung membaca komentar tersebut. Disini juga disediakan link yang bisa langsung dibuka melalui telegram messenger.

image

Dengan adanya browser bawaan dari telegram messenger maka memudahkan kita untuk langsung membalas komentar atau melihat postingan yang menyebutkan nama akun kita.

image

Subscribe Category

Subscribe category disini maksudnya adalah anda bisa memantau setiap postingan yang menggunakan tag tertentu.

Ketiklah perintah /subscribe_category
Lalu anda akan diminta tag apa tang ingin anda subscribe.

image

Disini saya memasukkan indonesia sebagai tag yang ingin saya subscribe, jadi setiap user yang memposting menggunakan tag indonesia maka saya akan mendapatkan pesan beserta linknya.

image

Masih terdapat empat kata perintah seperti:
/monitoring_list : untuk melihat siapa saja yang kita monitor.
/cancel_monitoring : untuk menghapus akun yang kita monitor.
/subscription_list : untuk melihat daftar tag yang kita subscribe.
/cancel_subscription : untuk menghapus tag yang kita subscribe

Sekian dulu tutorial kali ini, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan jangan sungkan untuk berkomentar.


Terima kasih kepada seluruh anggota Komunitas Steemit Indonesia. Semoga kita bisa terus berkarya dan bisa saling berbagi.

@kakilasak @kemal13 @alfarisi @rizaldamti @afriaulia @levycore
@jodipamungkas @syehlah @barvon @aizulkamal @fajarsdq @nayya24
@muhammadzairil @mirzacho @makhzar @amirullah @boyelleq @toniesteem
@amryksr @rahmathidayat097 @nadjard @teukufajar @harferri @hadimemories
@mahathiruddin @muammar @miftahuddin @izar @ihsan @bewe
@rizajb @dendyaditiya @amri @acehisme @novale @fikri
@muzammil @kandekupi @wahyurahadiann @ariskusnandar @mmunzir @x-files
@teukurifky @noval @damy @agusdiansyah @makmuragani @heriadi
@fadhielshaqieer @birrulibmc @rizalpetro @ichsan83 @rinaldi @wahyujr
@julfan @ahmadmubarak @ricflow @win1 @furqanadillah @derry @quincy87 @alol
@aiqabrago


image

Salam Steemit Indonesia

image

Follow and Resteem
Thank you
@usammiismi

Sort:  

Thank you for sharing about telegram, you are sharing complete and very easy to understand. Just like you say : "Up to this point you will get notifications in every post, comment or every time your account is mentioned in the post or in the comments.

What I like about this bot is any comment or account you mentioned then you can directly open the steemit from the default browser telegram messenger.

In the picture below I got a message from telegram that someone commented on my post.

Good job..
Dear friend @usammiismi 😊
Upvote and Resteem your post. 👍

Thank you very much for your time to read and leave the comment.
I really apreciate it.

You are welcome

Nice post
I will follow you, i hope you follow me too :)

Postingan yang luar biasa @usammiismi, saya sangat menyukai hal seperti ini. Oya... Saya sudah mencoba tips seperti di uraikan diatas. Namun, saya ingin tahu.. Apakah bot ini bisa terhubung ke aplikasi eSteem, soalnya saya terhubung ke web browser. Terimakasih informasinya, saya tunggu tips selanjutnya

Saya kurang tau apakah bisa terhubung atau tidak, karena kebanyakan link yang saya dapat pun lgsg terhubung ke browser

Senang bisa mengikuti setiap konten anda sahabatku

Terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca postingan saya. 😊

terimakasih atas informasi nya @usammiismi

gagal preview no mans sky bg @usammiismi saya mohon maaf :(
di karenakan RAM tidak mencukupi,rame saya hanya 6 GB :(

Gapapa bang.
Makasih dah mau mencari info.
Berarti perlu cairkan bitcoin lagi. 😁 @jodipamungkas

mau fokus ke ASUS ROG ni hehe :D

Mantap. 👍

Thank you so much for the tutorial, really helpful!

You're wellcome

Terima kasih infonya, notifikasi browser sering tidak muncul.

bagus informasinya, boleh dicoba ni..

info yg sangat berguna bg,terima kasih

Nice tips , sangat membantu

Senang bisa membantu 😊

postingan yang sangat bagus kawan, ini sangat membantu dan dibutukkan oleh semua steemian yang sedang mencari-cari informasi mengenai esteem

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.034
BTC 63877.55
ETH 3143.56
USDT 1.00
SBD 3.97