"Submit Story" Pertama Kamu !

in #howto7 years ago (edited)

Salam Steemit

Ini akan jadi sejarah kamu di blockchain! Kamu akan posting untuk pertama kalinya. Terdengar agak sesuatu sih, tapi itu benar :D. Saya yakin semua Steemians punya akun media sosial bahkan lebih dari dua umumnya. Bila kamu ingin post ke akun Facebook atau Twitter, kamu langsung hafal dimana dan bagaimana untuk menulis dan post dan selesai.

Steemit merupakan salah satu platform media sosial, namun perbedaannya adalah laman yang akan kamu tulis berupa laman web atau html yang memiliki kode tersendiri pada format penulisan. Saya mendapat banyak pertanyaan dari newbies yang saya ajak bergabung dan telah lama di approve akunnya namun belum nge- blog hingga sekarang (maklum, sebagian besarnya ibu-ibu :D). Parahnya, dikarenakan merasa sedikit repot sehingga mereka urung untuk berbagi konten.

Pertanyaan seperti;

Bagaimana menulisnya?
Bagaimana upload photonya?
Bagaimana upload photo profilnya?

dan lain sebagainya. Baiklah saya akan jawab satu untuk semua. :D

Okay, untuk bisa "submit story" di Steemit;

Pertama, buka www.steemit.com dan Log in.

Yang kamu lakukan;

Kedua, akan terlihat laman seperti ini.

Lalu mulailah menulis konten blog kamu;

Contoh link gambar


Unggah Photo Profil

Sama seperti cara diatas, unggah dan copy link gambar dan paste pada setting gambar profil.



Selanjutnya, untuk bisa POST kamu harus memasukkan (maksimal) 5 tag pilihan dengan tag pertama sebagai pilihan utama dan kamu siap ke tahap POST

Perhatikan ini untuk kamu ketahui.

Ini merupakan pilihan hadiah yang akan kamu terima.
Power Up bila kamu ingin meningkatkan Steem Power kamu.
Default (50%/50%) untuk pembagian reward dalam dua bentuk Steem power dan SBD (Steem Dollar)
Decline Payout bila kamu menolak hadiah yang didapat dari postingan kamu.

  • Saran bagi yang ingin menguangkan reward pilihlah default 50/50. Steem power untuk nilai kurasi reward kamu ke depannya dan kamu tetap bisa mencairkan SBD kapan saja. Steem Power tetap bisa diuangkan sebelum terlebih dahulu di konversi ke Steem yang disebut Power Down. Steemit punya tiga jenis token yaitu Steem, Steem Power dan Steem Dollar. Untuk penjelasannya coba baca di sini )

Bila kamu sudah mengerti, maka klik POST dan selesai.

Selamat untuk post pertama kamu! :)

Ini adalah sejarah karena sekali kamu post di blockchain, itu akan berada disana selamanya!. Yang penting untuk diingat, buat yang baru bergabung untuk bisa mengerti Steemit jangan pernah malas untuk membaca. Seringlah mampir dan baca Laman FAQ

Semoga bermanfaat.
Salam.



Sort:  

Terima kasih @jumaidafajar telah berbagi ilmu untuk para pemula. Teringat pengalaman saya sendiri setelah mendaftar steemit yang diajarkan teman saya @novale. Satu minggu saya belum bisa memposting, padahal tag tidak boleh huruf besar, makanya postingan saya tidak bisa di post. Lalu saya bertanya lagi sama @novale kenapa postingan saya tidak bisa di post? Ohh ternyata saya menulis huruf besar di tag, walau pun itu satu huruf besar di awal kalimat.

Hanya orang suka menulis saja yang cocok gabung Steemit. Terutama yang suka menulis diari. Agak susah memberikan pemahaman bagi mereka yang gabung media sosial cuma bisa narsis dan selfie doang.

Kekuatan Steemit kan di postingan tulisan. Dan tulisannya harus berkualitas, bukan hanya sekedar posting. Jadi terlihat ribet memang bagi mereka yang mau serius.

Jadi mari sama sama kita mengedukasi/sosialiasi dengan benar fungsi dan manfaat Steemit bagi pengguna.

Ini menjadi referensi yang sangat membantu untuk para pemula yang akan membuat postingan pertama di Steemit. Saya sendiri pernah mengalami kesulitan saat baru mendaftar di Steemit dan membuat postingan pertama. Karena ketika itu saya beranggapan membuat postingan di Steemit sama seperti membuat postingan di media sosial lainnya. Terima kasih @jumaidafajar

Smg bermanfaat bagi yg lainnya. :)

Postingan yang bagus dan sangat bermanfàat bagi pemain pemula di steemit...apalagi pemain pemula seperti saya masih meraba-raba tentang steemit...saya perlu belajar banyak dari para senior-senior yang hebat...dan saya juga bermimpi untuk bisa sukses dan sehebat kalian para senior steemian...bantu saya untuk bisa mewujudkan mimpi saya.dan satu hal yang sangat menarik disteemit kita semua bisa melatih diri untuk bisa jadi penulis yang profesional....
Terimakasih @jumaidafajar atas informasinya...
Salam steemit.salam sukses.

Nice post
You are upvoted by me and I'm following you.
Please visit my blog and upvote and follow me.
I will do the same for your each vote.thanx

Terima kasih kak @jumaidafajar
Artikel di atas sangat bergizi, dan jelas-jelas sangat membantu newbie (pendatang baru) seperti saya.

Cara-cara di atas adalah pengetahuan dasar yang wajib diketahui oleh pengguna steemit. Ke depan, saya mau request sama kakak, tolong tulis artikel tentang tata cara penulisan artikel secara mendalam.

Terima kasih.

Semoga bermanfaat bagi para pemula ,Terima kasih telah berbagi @jumaidafajar :D

Terima kasih sudah berbagi informasi Bu. Sebagai pemula, saya lagi mencari-cari terkait Steemit. Minimal jadi panduan untuk saya dalam menulis...

Artikel Yang sangat Bagus
Terimakasih Sudah Bersedia Membagikan Sedikit Ilmu Kepada Kami @jumaidafajar.
Terus Berikan Kontribusi Yang Bagus Dan Baik Agar Kami Semua Bisa Memiliki Kekuatan Seperti Anda dan Kalian Para Senior.
Karena kami juga Memiliki Keinginan Setiap Kali Postingan Yang Kami Bagikan Tembus Dibayar $5 Sampai $10 Atau Bahkan Lebih Dari Itu !!
Mohon Untuk Follow Dan Upvote Setiap Postingan Saya, Saya Juga Akan Melakukan Hal Yang Sama Walaupun Kekuatan Vote Saya Tidak Sama Seperti Anda.

Iya betul, platform ini agak ribet utk ibu2 yg terbiasa pakai sosmed lain yg seringnya cuma utk curcol n pamer foto selfie. Dipaksa utk blajar nulis, tp bukan sebarang nulis. Thanks for sparing your time to write this.

You should bring other mommies too @horazwiwik. ☺

I am now looking for some potential 'victims' 😁

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.031
BTC 62261.29
ETH 2614.53
USDT 1.00
SBD 2.56