SEC-S10W4 – SEC-S10W6 – "You also learn from mistakes"

in Steem Venezuelalast year

challlenge.jpg

Pada hari ini, saya ingin menyapa teman-teman dengan percakapan menyangkut dengan pentingnya belajar dari kesalahan serta mengikuti sebuah tantangan yang menarik yang setema dengan pembahasan itu. Sudah lumrah terjadi didalam kehidup ini dan tak mungkin dapat dipungkiri bahwa semua orang pernah bahkan sering melakukan sebuah kesalahan. Akan tetapi, kita harus sadar bahwa tiap-tiap kesalahan itu justru akan menentukan arah serta tujuan yang menghasilkan sebuah perjalanan hidup kita.

Saya sangat yakin serta percaya yang bahwa sebuah kesalahan itu bukanlah sebuah alasan yang membuat kita putus asa bahkan menjadi penghalang yang membuat kita berhenti untuk meraih cita-cita mulia. Yang harus kita tau bahwa kesalahan itulah yang seharusnya dianggap sebagai guru yang berharga yang membawa kita untuk tiba di tujuan hidup ini. Dari berbagai kesalahan yang pernah kita perbuat, pasti banyak sekali pelajaran yang dapat diambil hikmahnya serta bisa kita gunakan untuk menjadi tumbuh dan berkembang di masa yang akan datang.

image.pngpixabay

Saya rasa sebuah kegagalan merupakan suatu bagian yang tidak bisa kita hindari dari segala arah perjalanan untuk mencapai sebuah kesuksesan. Mungkin jika tidak terjadinya sebuah kesalahan, maka kita akan mengalami sebuah tantangan hidup yang akan memperbaiki kekurangan dari diri kita, atau malah mendapatkan ilmu yang baru. Banyak kesalahan itu justru akan mengajarkan kepada kita akan keterbatasan yang kita miliki, sehingga kita akan tau cara mengasahnya dengan rajin agar kita dapat mencapai tujuan hidup.

Maka dari itu semua, ayoklah kita maju terus untuk mencapai cita-cita mulia kita, jangan pernah takut jika terjadinya sebuah kesalahan dan jangan lari dari sebuah kesalahan tersebut, kita harus memikirkan jalan keluar yang baik. Kita sangat perlu untuk belajar dari segela kesalahan yang sudah kita lakukan, dan jadikanlah sebuah kesalahan itu adalah sebuah jalan yang akan menunjukkan kita untuk meraih sebuah kesuksesan. Yang perlu di ingat bahwasanya harapan mulia kita tidak akan bisa didapatkan dengan cara mudah atau instan karena pasti banyak terdapat kesalahan, namun dari kesalahan tersebut kita harus semangat, rajin dan belajar, supaya kita dapat mewujudkan cita-cita mulia tersebut.

Saya pernah mengalami sebuah kesalahan bahkan hampir sering, salah satu pengalaman saya adalah ketika saya masih SMA dulu, saya orangnya tipe emosi. Ketika itu ruang lagi ribut dengan siswa perempuan, maka saya tidak sanggup mendengarkannya karena sudah pernah menegurnya beberapa kali, maka akhirnya saya lempar dan menari kursi hingga membuat salah seorang siswa jatuh. Ketika itu dia tidak bisa bangun dan saya merasa kasihan serta menyesal atas tindakan tersebut. Namun semenjak itu mereka tidak terlalu ribut lagi di ruang kelas, dan saya juga sudah bisa mengontrol emosi untuk tidak melakukan tindakan keras seperti itu lagi. Saya memang mengaku saya, dan saya meminta maaf kepada mereka, dan merekapun mengakui kesalahannya dan juga meminta maaf kepada saya.

image.png
@ramardo , saya dan @cymolan

Maka sangatlah perlu untuk mengubah pola pikir orang-orang yang menganggap bahwa sebuah kesalahan itu adalah sebuah kegagalan. Kita harus yakin dan percaya bahwa sebuah kesalahan bukanlah keputusan terakhir dalam hidup kita, melainkan itu adalah awalan daripada jalan untuk mencapai kesuksesan melalui pembelajaran yang jauh sangat amat berharga. Hindarilah sesuatu membuat kesalahan itu akan meredam semangat ataupun itu akan membuat kita merasa rendah diri. Yang perlu adalah kita harus menghadapi sebuah kesalahan menggunakan jiwa tegak serta hati lapang. Jangan sekali-kali kita menganggap bahwa kesalahan itu sebagai sebuah kegagalan, tetapi anggaplah bahwa kesalahan itu sebagai suatu motivasi agar bisa menjadi lebih baik kedepannya. Sangatlah perlu untuk menjadikan sebuah kesalahan merupakan sebuah alat supaya bisa membuat kita membangun dasar yang kuat dari sebuah perjalanan untuk meraih cita-cita mulia.

Salam hormat, salam persahabatan, semoga teman-teman semua menikmati tulisan singkatku kali. Jika terdapat kesalahan semoga anda bisa memberikan sebuah komentar postif yang membuat saya lebih baik kedepannya, saya masih merasa dangkal sekali ilmu yang saya miliki. Sebelum mengakhiri tulisan ini, izinkan saya mengundang sahabatku @cymolan pak @muzack1 @teukuipu87 serta @abialfatih untuk berpartisipasi dalam tantang ini, saya yakin mereka memiliki ilmu yang mendalam dengan tema ini.

Sekian.

12 Juli 2023
by @walictd

Sort:  

Terimakasih sudah mengundang saya... Tapi long neuk cok NA siat

Adehhh, biasa abi yg jok NA keu ureung menikah wkwkwkwk

NA NON AKTIF.... HEHHE

Adehhh, iya abi iya, ngerti. Cuma canda aja

 last year (edited)

Greetings friend @walictd

It is true when we say that a mistake is not a cause for despair, rather, it serves as an experience to confront similar episodes in the future. It is ideal not to fall into errors, however, when these do occur, it is best to absorb the experience and nourish ourselves from it.

Thanks for joining the contest.

CriteriaStatusRate
Status Club
#club100
2/2
Steem Exclusive
1/1
Plagiarism Free
1/1
BOT Free
1/1
Free of AI Content
1/1
Quality of content
1.5/2
Markdowns
2/2
Total
9.5/10
Support null 25%
Verification date:
July 12, 2023

Thank you very much for the support and verification, my friend @adeljose. Blessings always for you and your family.

wah.....pemaparan yang sangat luar biasa, belajarlah dari kesalahan dan kegagalan demi melakukan perubahan dalam hidup....

Terimakasih banyak @teukuipul87 telah menyempatkan waktu untuk membaca dan memberi komentar atas postingan saya.

Hello, dear, We developed a real-time chat portal for steemians you can log in via the steem memo key only. p2p chat and global chat available talk here with real steemians... What is steemitchat.live

Vote for Pakistani female witness @stmpak.wit

https://steemitchat.live/

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.14
JST 0.029
BTC 57589.28
ETH 3109.28
USDT 1.00
SBD 2.37