Halaman Rumah Ku Mulai Tampak Indah Dengan Bunga-Bunga Mulai Mekar

in Indonesia3 years ago

IMG_20210225_093536.jpg

Salam silaturahmi dan persahabatan buat semua sahabat Steemit di seluruh dunia. Salam kompak buat semua tim Steemit yang terus menerus berjuang untuk meraih kesuksesan.
Sahabat Steemit semuanya. Saya merasa sangatlah bahagia. Karena semua tanaman bunga halaman rumah mulai kembali mekar atau berbunga. Sehingga suasana halaman rumah menjadi mewah karena banyaknya bunga yang sedang mekar.

IMG_20210225_093520.jpg

IMG_20210225_093432.jpg

Salah satu tanaman bunga yang menarik perhatian adalah bunga tahi ayam atau dalam bahasa Aceh bungong meh. Kenapa dikatakan bungong meh?. Karena warnanya yang kuning mirip dengan warnanya emas murni. Sehingga di dalam bahasa daerah Aceh bunga tersebut di beri nama bungong meh. Mungkin dalam bahasa Indonesia itu dengan nama bunga taik ayam. Disebabkan karena bau yang di keluarkan oleh bunga tersebut sangat menyengat dan kurang sedap atau tidak harum.

IMG_20210225_093509.jpg

IMG_20210225_093446.jpg

Sebagian halaman rumah saya di tanami bunga taik ayam. Karena bunga hias ini banyak sekali manfaat yang bisa saya peroleh. Bukan hanya menghiasi halaman saja. Tetapi bisa saya manfaatkan sebagai obat tradisional. Contohnya: Saat anak saya masuk angin. Saya menggambil beberapa pucuknya dan saya tambahkan minyak tanah atau minyak kelapa. Lalu saya ramas-ramas dan mengosongkan pada perut anak saya.
Ini saya lihat saat masih kecil yang dilakukan oleh nenek saya. Kebiasaan ini sudah menjadi turun temurun dalam kehidupan keluarga saya.

IMG_20210225_093358.jpg

IMG_20210225_093359.jpg

Bunga taik ayam atau bungong meh (bahasa Aceh) mudah untuk menanamnya dan banyak terdapat pada lingkungan tempat saya tinggal. Ibarat kata peribahasa Indonesia Sekali berkayuh, dua tiga pulau terlampaui. Maksudnya: Saya menanam bunga hias taik ayam atau bungong meh mendapatkan keuntungan ganda. Yang pertama sebagai hiasan halaman rumah dan yang kedua sebagai obat tradisional untuk masuk angin atau gembung untuk tindakan pertolongan pertama di rumah.
Makanya saya suka sekali menanam tanaman hias seperti bunga hias taik ayam atau bungong meh (bahasa Aceh).

IMG_20210225_093432.jpg

IMG_20210225_093348.jpg

Setiap malam hari dan juga pagi hari, walau pun dalam waktu yang sangat singkat saya tetap melihat pertumbuhan dan perkembangan tanaman bunga hias yang ada di sekeliling rumah.
Saya jadikan juga sebagai pengobatan mata dan pikiran yang sedang jenuh atau heng.
Sehingga pikiran yang jenuh dan suntuk menjadi lebih baik lagi.
Saya mohon maaf bila ada tulisan atau goresan yang kurang berkenan di hati sahabat semua!.

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 60682.45
ETH 2903.00
USDT 1.00
SBD 3.54